Ayat Al Quran yang Pertama Kali Diturunkan

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan

Pendidikan sangat penting dalam Islam. Bahkan, ayat Al Quran pertama yang diturunkan di dunia ini diawali dengan perintah “Bacalah.” Kata itu juga yang diucapkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW saat menyampaikan wahyu Allah SWT.

Padahal saat itu, Rasulullah tidak bisa membaca. Namun Jibril tetap mengulangi perintahnya sampai 3 kali sebelum membacakannya untuk Rasulullah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya membaca dan mencari ilmu dalam Islam.

Sumber:

Setiap entitas, baik makhluk hidup maupun benda mati, tak ubahnya sebuah buku. Karena itu, perintah tidak turun dengan redaksi :
“Lihatlah dan perhatikanlah!”,
tetapi dengan redaksi : “Bacalah!”.

Itu karena buku memang untuk dibaca. Alam raya ini laksana perpustakaan Ilahi. Itulah mengapa, ketika setiap entitas selain manusia ditugaskan untuk “menulis”, manusia secara khusus ditugaskan pula, di samping menulis, untuk “membaca”.

perintah “Bacalah!” adalah simbol tauhid, keterpaduan, dan penyempurnaan. Ia juga merupakan simbol penyaksian dan penilaian, di samping ekspresi lisan terhadap pengetahuan batin. Ia mengandung banyak petunjuk bagi kita dengan melihat keberadaannya sebagai perintah pertama untuk kita.