Aspek-aspek apa saja yang diharapkan dari adanya Plan Quality Management?

Plan Quality Management mendefinisikan tigkat kualitas yang ditentukan oleh pelanggan dan menggambarkan bagaimana proyek akan berkualitas.

Aspek-aspek apa saja yang diharapkan dari adanya Plan Quality Management ?

Quality Plan Management bertujuan untuk mengidentifikasi dan menetapkan standar mutu yang relevan bagi projek dan merumuskan strategi pencapaiannya untuk memastikan proyek dan pekerjaan yang dihasilkan dapat memehuhi standar mutu yang dapat diterima.

Dengan adanya Plan Quality Management, diharapkan dapat memenuhi aspek-aspek berikut, yaitu :

  1. Sebagai proses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek yang sedang dikerjakan:

    • memahami kebutuhan owner
    • memahami peraturan yang berlaku untuk setiap bagian pekerjaan
    • mengumpulkan data teknis yang diperlukan untuk desain dan pelaksanaan konstruksi
  2. Sebagai proses menganalisa dan menetapkan standar kualitas yang ingin dicapai proyek:

    • penyusunan dan penetapan Spesifikasi Umum dan Teknis
    • penetapan peraturan-peraturan yang dipakai dan harus ditaati dalam pelaksanaan pekerjaan
  3. Sebagai proses merencanakan strategi pencapaian kualitas:

    • Pemilihan jenis/tipe/merk material (Spesifikasi Material)
    • Perencanaan metode pelaksanaan (urutan kerja dan strategi kerja)
    • Analisa kebutuhan material, alat dan sumber daya manusia yang diperlukan, baik dari jumlah/volume, penjadwalan waktu, jenis, kualifikasi dan kemampuan yang dibutuhkan
    • Antisipasi permasalahan yang mungkin timbul dan strategi penanganannya
    • Sinkronisasi, evaluasi dan validasi keselarasan antara standar kualitas (metoda, volume, kemampuan) dengan biaya dan waktu penyelesaian pekerjaan

Quality Plan Mmanagement yang merupakan bagian dari Project Plan Management harus berjalan secara seimbang secara optimal dengan mempertimbangkan 3 aspek penting yaitu cost, time dan scope. Karena Quality Plan yang baik harus selalu selaras dengan perencanaannya dan memenuhi batasan biaya dan waktu yang ditetapkan pada suatu projek.

(sumber : Quality Planning | Quality Plan | Software Quality Management | What is a Quality Plan )