Aset berwujud maupun tidak berwujud khas yang rentan terhadap serangan

Apa saja Aset berwujud maupun tidak berwujud khas yang rentan terhadap serangan sistem informasi menurut Sans Institute ?

Aset Tidak Berwujud (INTANGLBLE)
Aset tidak berwujud khas yang rentan terhadap serangan sistem informasi adalah sebagai berikut (Pavri):
· data keuangan
· Data penelitian R & D
· Niat baik
· Informasi penjualan
· penelitian pemasaran
· Cetak biru dan spesifikasi teknis
· Rahasia dagang dan pengetahuan
· perangkat lunak komputer
Ada dua pendekatan khas untuk menentukan penilaian aset tidak berwujud (Pavri):
· Pendekatan Biaya
berusaha untuk mengukur nilai pasar wajar aset, dengan depresiasi juga diperhitungkan. Ini juga dikenal sebagai biaya penggantian. Penyusutan karena penggunaan fisik, keusangan fungsional, dan keusangan ekonomi harus dipertimbangkan.
Pendekatan biaya tidak secara langsung
mempertimbangkan jumlah manfaat ekonomi yang dapat terjadi tercapai atau periode waktu di mana mereka dapat melanjutkan. Pendekatan biaya adalah biasanya digunakan untuk menghargai rahasia dagang dan pengetahuan.
Pendekatan Pendapatan
Berfokus pada kemampuan menghasilkan pendapatan dari hak milik intelektual. Nilai diukur dengan nilai bersih saat ini

Aset berwujud (TANGLBLE)
Berikut ini adalah beberapa metode umum untuk memperoleh perkiraan aset berwujud:
(A) Minta pengendali situs atau manajer TI untuk informasi biaya mengenai yang ada peralatan, perangkat lunak, dan perangkat keras.
(B) Melakukan penelitian di Internet untuk sistem yang tepat atau sebanding. Tentukan usia aset berwujud saat ini, dan menghitung nilai dengan memasukkan penyusutan.
© Carilah proyek modal sebelumnya yang mengandung informasi biaya asli. Sekali sekali lagi, buatlah penyesuaian yang diperlukan berdasarkan depresiasi.
(D) Ketika menentukan biaya penggantian keseluruhan karena kegagalan total, pastikan untuk termasuk biaya yang terkait dengan hal-hal berikut:
· biaya instalasi
· Biaya pemecahan masalah
· Tambahkan 10% kontingensi
· Hilangnya layanan bisnis ke pelanggan luar
· Hilangnya layanan bisnis kepada karyawan internal

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat Juni 2002 Publikasi, pinggiran manfaat bagi karyawan rata-rata 27,2% untuk industri swasta, dan untuk pemerintah karyawan rata-rata 29,5% (Departemen Tenaga Kerja AS). Karena ini cukup besar jumlah biaya karyawan pada suatu perusahaan, itu harus dimasukkan dalam perhitungan untuk analisis risiko. Dengan kata lain, seorang karyawan dari perusahaan swasta dibayar $ 30 per jam telah benar-benar merugikan perusahaannya total $ 41.21 / jam (dengan gaji pokok + tunjangan).