Asal usul anjing pug

Dariamanakah asal anjing pug? lalu bagaimana awal mula ia ditemukan?

Anjing Pug sebenarnya adalah anjing yang berasal dari Tiongkok, mereka termasuk salah satu ras anjing tertua di dunia. Pada masa dinasti Han, anjing pug hanya boleh dimiliki oleh kalangan kerajaan. Kerut-kerut pada wajah pug dianggap mirip dengan tulisan Tiongkok yang berarti “pangeran.” Kata ”pug” sendiri berasal dari Bahasa Latin yang artinya “kepalan tangan,” karena wajahnya memang mirip dengan kepalan tangan manusia.

Anjing pug mulai dikenal dunia luar ketika Tiongkok membuka perdagangan dengan Eropa pada abad 1500. Seorang pedagang asal Belanda membeli anjing pug dan membawanya pulang. Di Belanda, anjing pug dikenal dengan nama anjing Mopshond.

Terkenal di negeri kincir angin, anjing pug kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Di Perancis, pug disebut Carlin. Tokoh-tokoh terkenal Perancis yang memiliki anjing pug antara lain adalah Marie Antoinette dan Josephine Bonaparte.

Anjing Pug mulai masuk ke benua Amerika setelah Perang Sipil dan langsung menjadi anjing yang disukai. American Kennel Club memasukkannya ke dalam daftar jenis anjing pada tahun 1885. Pada tahun 1931 terbentuk Pug Dog Club of America.