Arash Ferdowsi : Co-founder dan Chief Technology Officer (CTO) Dropbox

Bisnis teknologi menjadi salah satu industry yang sedang berkembang di Amerika. Tengok saja sejumlah nama besar, seperti Microsoft, Apple, Google, Facebook, Linkedin, Twitter, Shutterstock dan lainnya. Salah satu perusahaan yang mencapai prestasi gemilang di bisnis teknologi adalah dropbox. Perusahaan startup dropbox didirikan oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi.

History Produk Dropbox
Berawal dari hal sepele, Drew Houston memiliki masalah karena dia lupa membawa sebuah hardware untuk menyimpak sebuah data atau biasa disebut dengan flashdisk. Hal ini sebenarnya tidaklah hal yang aneh atau masih dianggap wajar, akan tetapi Drew Houston memiliki sebuah ide dan solusi dari permasalahan yang sepele ini. Pada bulan April 2007 Drew berangkat ke San Fransisco untuk bertemu temannya Arash Ferdowsi, untuk berbincang tentang ide bisnisnya. Singkat cerita kedua pendiri dropbox mengikuti incubator Y generation untuk mendapatkan pendanaan awal dan mengembangkan produk Dropbox ini.

Riwayat Hidup
Nama : Arash Ferdowsi ( Persia : آرش فردوسی )
Tanggal Lahir : 7 Oktober 1985 ( 31 Tahun )
Kewarganegaraan : United States
Pendidikan : DO setelah 3 tahun kuliah di MIT

Ferdowsi adalah seorang Iran-Amerika entrepreneur, dia adalah co-founder dan chief technology officer (CTO) dari Dropbox, Ferdowsi ini bersama temannya mendirikan perusahaan tesebut. Karir kuliahnya sempat terhenti setelah 3 tahun kuliah lamanya di MIT karena Ferdowsi sendiri dulu keluar dari kampusnya di Massachusetts Institute of Technology dikarenakan ingin meneruskan bisnisnya dengan Houston sebagai teman dari Ferdowsi sendiri. Kedua orang ini mempromosikan dan juga mengelola Dropbox.
Perkiraan dari kekayaan yang dimiliki oleh Ferdowsi ini mencapai US$ 400 juta (Rp 4,1 triliun) dari menurut banyak sumber dan juga user dari Dropbox sendiri sudah mencapai 45 juta user di seluruh dunia.

Riwayat Karir
Arash Ferdowsi dan temannya Drew Houston mulai meluncurkan produk Dropbox pada bulan Juni 2007.
Pada bulan September 2007 Ferdowsi memutuskan untuk pindah perusahaan ke San Francisco dan dibersarkan modal bentura dari Sequoia Capital, Accel Partners, Y Combinator dan beberapa investor individu lainnya yang berada di San Farcisco.

Prestasi Arash Ferdowsi

  • Inc Magazine : “30 Under 30” top daftar pengusaha tahun 2011
  • Fortune Magazine : ke “40 Under 40” daftar 2011.
  • Penghargaan TechCrunch diberikan kepada Ferdowsi dengan perhargaan atas “Founder of The Year”

Quotes Arash Ferdowsi

  • As much as we can, we want to prevent people from having to think about how to keep and share their stuff.
  • We continue to focus on actually solving problems that real people have and not being distracted by what power users want.
  • I’ve always been really internally focused. I tend to focus on hiring - ensuring that every person we hire is both a really good fit and really good - and also that everything we put out to our users is very high-quality

Arash Ferdowsi adalah partner dari Drew Houston, mereka berdua bersama-sama menciptakan Dropbox, sebuah aplikasi yang menyediakan layanan berbasis data yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data dengan pengguna lainnya melalui akses internet. Arash ferdowsi adalah seorang anak dari imigran iran.Ia lahir dan dibesarkan di kansas Setelah lulus SMA ia melanjutkan kuliah di MIT sampai ia di DO di tahun terakhirnya karena memilih untuk fokus mengembangkan dropbox bersama teman sekelasnya, drew houston.

Arash ferdowsi sudah memulai belajar progamming dari kecil. Ayahnya sudah mengenalkan kepadanya bahasa pemrograman Qbasic sejak dia menginjak bangku sd di kansas city. Ketika smp ia mengikuti kelas di suatu komunitas di kampus untuk belajar bahasa C++. Dia memiliki passion di bidang komputer dan progamming dan menyadari bahwa MIT adalah tempat terbaik di dunia untuk menjadi seorang ahli komputer. “Tidak ada keraguan di dalam pikiran saya, bahwa tempat saya di sana” Ucapnya.

Arash mempunyai passion membuat sesuatu berkerja melewati ribuan komputer melewati sebuah sistem. Pada tahun keduanya kuliah di MIT, ia melamar untuk magang di facebook. Pada awalnya saat ditawari oleh Drew houston tentang project ini, Arash mengatakan “ ini tidak akan bekerja dengan baik”. Tapi kurang dari lima jam ia memutuskan untuk melanjutkannya. Dia mengatakan bahwa MIT adalah tempat yang bagus untuk ini. “jika kamu belajar dengan baik di kelas, kamu bisa mencoba sesuatu dan jika gagal kamu bisa mencobanya lagi. Dia sangat berterima kasih kepada MIT yang membuatnya menjadi lebih percaya diri.

Di Dropbox Arash mengatakan bahwa dia fokus dalam 2 hal, yang keduanya tentang kualitas. Dia bertemu sendiri dengan semua orang yang diperkerjakan, untuk menjaga kualitas. Arash mengatakan sisa waktunya digunakan untuk memastikan produk key-nya rilis dengan baik, mudah serta nyaman digunakan oleh penggunanya.

Salah satu quotes Arash ferdowsi :

“We want to let you use a Mac, or Windows PC, or iPad ,or Andorid, without having to think about any of the technical details. ”

Referensi :

https://www.eecs.mit.edu/people/alumni/alumni-eecs-connector-2013/dropbox-founders-drew-houston-05-and-arash-ferdowsi

ARASH FERDOWSI

Background Arash Ferdowsi
Arash Ferdowsi adalah seorang entrepreneur teknologi berdarah iran-amerika dan co-founder dari Dropbox sebuah aplikasi penyimpanan berbasis cloud yang sekarang sedang popular dan terus berkembang. Arash Ferdowsi mulai belajar programming sejak kecil. Ayahnya memperkenalkan dia dengan Q basic pada saat dia duduk di sekolah dasar di kota Kansas. Ketika dia duduk di sekolah menengah, dia mengkikuti kursus di sebuah universitas mengenai Bahasa C++ . Dia sangat menyukai dunia komputer dan programming dan menyadari kalau MIT adalah tempat terbaik di dunia bila ia ingin menjadi seorang ilmuwan bidang computer. Dia berkomentar mengenai keputasannya, “Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa saya harus masuk ke sana.”

Perjalanan Arash selama di MIT
Salah satu mata kuliah favorite Arash di MIT adalah 6.046, Pengenalan terhadap Algoritma. Dia berkata “Aku sangat suka algoritma – Aku terobsesi terhadap performa dan akan melakukan apa yang aku bisa lakukan untuk memangkas sepermilisekon dari runtime kode. 6.046 membantuku untuk meningkatkan intuisiku dalam hal performa suatu algoritma dan memberiku pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana mendesain suatu algoritma yang sebenarnya. Ini sangat penting, karena fokus utamaku ketika awal terbentuknya dropbox adalah untuk menemukan bagaimana cara untuk membuat infrastruktur backendnya bisa diperluas secara horizontal."

Keinginan Arash selalu terpaut terhadap bagaimana membuat sesuatu dapat bekerja melalui ribuan computer dan sistem terdistribusi yang membuat setiap aspek dari desainnya dapat diperluas/diperbesar secara horizontal. Pada tahun kedua di MIT, dia mendaftar magang di Facebook. Dia menilai, “Berdasarkan Fakta kalau Facebook berkembang dengan cepat, berarti mereka melakukan hal-hal inovatif untuk mencapai skala seperti itu. Itu sangat menarik bagi saya.”

Arash dan Drew Houston
Pada Juni 2007, salah satu teman di MIT Andrew Houston mengajak Ferdowsi untuk membuka perusahaan bersamanya. Keduanya sama-sama berambisi untuk mewujudkannya. Meskipun Houston baru saja lulus dari MIT, Ferdowsi keluar dari MIT di tahun terakhirnya untuk benar-benar fokus dalam project ini. Keduanya bekerja tanpa lelah selama 3 bulan di sebuah kantor sempit di Cambridge, bangun di siang hari dan bekerja lagi hingga menjelang matahari terbit.

Meskipun Arash tidak memiliki pengalaman di dunia startup, Drew mengetahui kalau Talenta Arash mampu mendukungnya dan mereka memimilik intuisi yang mirip terhadap teknologi. Dalam memimpin Dropbox, Drew dan Arash memiliki insting yang sama tentang bagaimana membuat suatu produk, memperlakukan timnya dengan baik, dan mengedepankan nilai-nilai yang dapat mendorong perusahaan. Namun, mereka juga memiliki perbedaan fokus dan pandangan yang dapat menyeimbangkan satu sama lain. Drew berkata bahwa sifat pragmatisme Arash membantu menjaga sikap optimismenya(Drew) dalam hal pespektif. “Jadi kami seperti sebuah yin-yang.”

Di Dropbox, Arash Ferdowsi berfokus pada dua hal, dimana keduanya mengenai kualitas produk. Dia memastikan seluruh orang yang mereka pekerjakan – memiliki tolak ukur yang membuat mereka dapat menjaga budaya uniknya. Budaya yang ia jelaskan ini membuat semua orang semangat dan berdedikasi untuk mencapai tujuan Dropbox – untuk membuat user senang. Arash mencurahkan sisa waktunya untuk memastikan bahwa produk yang mereka keluarkan bekerja dengan baik dan nyaman digunakan.

Quote dari Arash :

  • “I think the best things happen to each of us when we find the most brilliant people and surround ourselves with them. I think it’s certainly true in startups and tech where everyone is really smart. Your competitive advantage is being around the absolute best. It just makes such a big difference.”
  • “We continue to focus on actually solving problems that real people have and not being distracted by what power users want.”
  • “As much as we can, we want to prevent people from having to think about how to keep and share their stuff.”

Referensi :

https://www.eecs.mit.edu/people/alumni/alumni-eecs-connector-2013/dropbox-founders-drew-houston-05-and-arash-ferdowsi

image

Arash Ferdowsi, lahir 7 Oktober 1985 adalah seorang pengusaha iran-amerika, Dia adalah salah satu pendiri dropbox .

Pendidikan

Arash adalah lulusan 2004 Blue valley Nortwest High School di overland park, Kansas. Ferdowsi menghadiri Massachusetts Institute of technology dimana dia keluar pada tahun terakhirnya untuk fokus pada bisnisnya.

KARIR

Ferdowsi meluncurkan Dropbox pada bulan Juni 2007 dengan rekan bisnisnya, Drew houston, di Massachusetts Institute of technology. Pada bulan September 2007, Ferdowsi memindahkan perusahaannya ke San Francisco dan meningkatkan modal ventura dari Sequoia capital, Accel Partners, Y combinatory dan beberapa investor individual.

DREW HOUSTON DAN ARASH FERDOWSI
Pada bulan Juni 2007, Houston telah bekerja sama dengan sesama mahasiswa ilmu komputer MIT Arash Ferdowsi untuk memulai perusahaan tersebut. Ferdowsi putus sekolah pada semester terakhir untuk sepenuhnya berkomitmen terhadap proyek tersebut. Mereka bekerja tanpa lelah selama tiga bulan di sebuah kantor sempit di Cambridge, terbangun setiap hari di siang hari dan bekerja sampai fajar keesokan harinya.
“Saya pikir kami mulai seperti kebanyakan perusahaan teknologi memulai perusahaannya. Hanya beberapa orang dalam tim mereka yang sedang melkaukan coding di ruangan yang gelap,” kata Houston. "Kami terus menundukkan kepala dan membangun.

Pada bulan September, tim tersebut memindahkan Dropbox ke San Francisco. Perusahaan tersebut memperoleh dana sebesar 7,2 juta dolar dari Sequoia Capital, Accel Partners, Y Combinator, dan beberapa investor individual, yang menurut Houston merupakan hal penting bagi tim. Tapi tidak sampai video instruksional tentang bagaimana menggunakan Dropbox pergi ke Digg, ia menyadari potensi start up.

"Pada saat itu, Dropbox ditutup, setelah video menjadi viral, daftar tunggu kami naik dari 5.000 orang menjadi 75.000 dalam beberapa jam. Kami mendapat banyak liputan pers dan jelas bahwa kami sedang mengerjakan sesuatu yang diminati orang. " kata Houston.

Saat ini, Houston dan Ferdowsi memiliki 50 karyawan. Perusahaan melakukan sedikit iklan, namun menggunakan program rujukan yang memberi pengguna ruang bebas untuk mengirim pelanggan baru ke situs.
Pengguna mereka meliputi : individu, usaha kecil, penyelenggara acara, dan bahkan perusahaan besar seperti Red Bull.

Quotes:
I’ve always been really internally focused. I tend to focus on hiring - ensuring that every person we hire is both a really good fit and really good - and also that everything we put out to our users is very high-quality.
Arash Ferdowsi

sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Arash_Ferdowsi
https://www.inc.com/30under30/2011/profile-drew-houston-and-arash-ferdowsi-founders-dropbox.html

Arash Ferdowsi , CTO Dropbox

image

Pekerjaan : Chief Technology Officer Dropbox , Pengusaha Iran-Amerika

Tempat Dan Tanggal Lahir : Overland Park,Kansas United Stated , 7 Oktober 1985

Kewarganegaraan : Iran-Amerika

Pendidikan : Lulusan 2004 Blue Valley Northwest High School Di Overland Park Kansas

Total Kekayaan : US$ 400 Juta (Rp 4,1 Triliun)

Peringkat Menurut Forbes : 2016 America’s Richest Entrepreneurs Under 40 Net Worth

Riwayat Hidup Dan Karier

Ferdowsi lulus dari sma pada tahun 2004 di kansas. Putra imigran iran, ferdowsi tumbuh di overland park, kansas. Setelah lulus dari SMA-nya ia pergi ke MIT dan bertemu dengan Houston yang merupakan teman sekelasnya. Ferdowsi keluar dari Massachusetts Institute Of Technology pada 2007 setelah tiga tahun menuntut ilmu di sana. Dia berhenti kuliah untuk fokus mendirikan dropbox yang kini bernilai US$ 4 miliar. Perusahaan tersebut berkembang pesat dan telah digunakan ratusan juta orang. Ferdowsi berhasil menjadi miliarder di usia 27 tahun.

Ferdowsi meluncurkan dropbox pada bulan juni 2007 dengan rekan bisnisnya, drew houston, di massachusetts institute of technology. Pada bulan september 2007, Ferdowsi memindahkan perusahaannya ke San Francisco dan meningkatkan modal ventura dari sequoia capital, accel partners, y combinator, dan beberapa investor individual.

Pendiri dropbox Arash Ferdowsi meninggalkan jabatannya sebagai Chief Technology Officer perusahaan pada bulan oktober 2016 sebagai bagian dari peralihan dropbox menuju aplikasi bisnis. ferdowsi akan “terus memfokuskan aktivitas day-to-daynya untuk membantu skala dropbox sebagai perusahaan dan bisnis,” menurut sebuah posting blog yang dia publikasikan pada bulan oktober dengan drew houston, ceo perusahaan tersebut. Aditya Agarwal, yang adalah Vp teknik dropbox, menggantikannya.

Perusahaan tersebut telah mengumpulkan 1,1 miliar dana modal ventura, dan dinilai oleh investor pada tahun 2014 sebesar 10 miliar. Beberapa reksa dana telah menurunkan nilai investasinya di dropbox, yang dilaporkan mencerminkan penurunan di antara pesaing publik dan kesenjangan yang panjang sejak perusahaan tersebut mengumpulkan dana. Forbes telah menurunkan estimasi terhadap nilai perusahaan menjadi $ 8 miliar. Ferdowsi memiliki sekitar 5% saham.

Hal Yang Menginspirasi

Arash Ferdowsi sudah menjadi miliarder saat usianya masih muda yaitu saat dia berusia 27 tahun. Saya sangat kagum juga ketika saya mengetahui bahwa Arash beragama islam.

Quotes
I’ve always been really internally focused. I tend to focus on hiring - ensuring that every person we hire is both a really good fit and really good - and also that everything we put out to our users is very high-quality.~Arash Ferdowsi

As much as we can, we want to prevent people from having to think about how to keep and share their stuff. ~Arash Ferdowsi

We continue to focus on actually solving problems that real people have and not being distracted by what power users want . ~Arash Ferdowsi

I get very nervous about not being around the office.~Arash Ferdowsi

Sumber

Https://En.Wikipedia.Org/Wiki/Arash_Ferdowsi
Https://Www.Forbes.Com/Profile/Arash-Ferdowsi/

Ferdowsi keluar dari Massachusetts Institute of Technology pada 2007 setelah tiga tahun sempat mengenyam pendidikan di kampus tersebut. Dia meninggalkan sekolah tapi sukses menemukan DropBox , startup kecil yang mampu tumbuh cepat menjadi layanan yang digunakan ratusan juta orang. Saat ini, Ferdowsi menjadi Chief Technology Officer dari perusahaannya dan menjadi multi jutawan pada usia 27.

Pendiri Dropbox Arash Ferdowsi meninggalkan jabatannya sebagai chief technology officer perusahaan pada bulan Oktober 2016 sebagai bagian dari peralihan Dropbox menuju aplikasi bisnis. Ferdowsi berusaha untuk terus memfokuskan aktivitas hari ke harinya untuk membantu Dropbox sebagai perusahaan dan berbisnis.

Perusahaan tersebut telah mengumpulkan $ 1,1 miliar dana modal ventura, dan dinilai oleh investor pada tahun 2014 sebesar $ 10 miliar. Beberapa reksa dana telah menurunkan nilai investasinya di Dropbox, yang dilaporkan mencerminkan penurunan di antara pesaing publik dan kesenjangan yang panjang sejak perusahaan tersebut mengumpulkan dana. FORBES telah menurunkan estimasi kami terhadap nilai perusahaan menjadi $ 8 miliar. Ferdowsi memiliki sekitar 5% saham.

Quotes :

  • “I’ve always been really internally focused. I tend to focus on hiring – ensuring that every person we hire is both a really good – and also that evrything we put out to our users is very high quality.” Arash Ferdowsi
  • “I get very nervous about not being around the office.” Arash Ferdowsi
  • “we continue to focus on actually solving problems that real people have and not being distracted by what power users want.” Arash Ferdowsi
  • “ We want to let you use a mac, or windows PC, or iPad, or Android, without having to think about any of the technical details.” Arash Ferdowsi
  • “As much as we can, we want to prevent people from having to think about how to keep an share their stuff.” Arash Ferdowsi
  • “If we don’t build a company as influential as google or Facebook, then we failed. I’m, like, perpetually stressed, honestly.” Arash Ferdowsi


Sumber:
https://www.forbes.com/profile/arash-ferdowsi/