Aplikasi/software apa yang bagus untuk meningkatkan kemampuan programming?

pemrograman

(Heraa) #1

Saat ini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar coding, namun aplikasi mana yang bagus untuk dapat meningkatkan kemampuan programming?


(Rizky Fachrizzar Revaldy) #2

Menurut saya pribadi, sangat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar coding secara harfiah, namun disini saya akan berbicara tentang aplikasi yang menurut saya paling membantu saya dalam pengembangan kemampuan programming walaupun sama sekali tidak berhubungan dengan dunia pemrograman yaitu aplikasi Discord

Apa itu Discord?
Discord adalah aplikasi VoIP ( Voice over IP) atau aplikasi telefon berbasis internet gratis yang bisa digunakan pada Windows, Android, iOS, Linux, atau bahkan dalam bentuk web browser. Discord dibuat oleh Jason Citron pada bulan Mei 2015. Awal mula Jason Citron memutuskan untuk membuat Discord adalah untuk akses voice-chat atau chat berbasis suara untuk keperluan gaming, khususnya Online Gaming, dikarenakan pada masanya bahkan hingga sekarang fitur VoIP dalam game masih tidak sempurna sehingga banyak kendala seperti suara yang dihasilkan kurang bagus dan delay. Selain itu, Discord dibuat dengan target yaitu “menggantikan Skype dan TeamSpeak” yang memilki pemakaian resource lebih besar sehingga tidak cocok jika digunakan untuk voice-chat disandingi dengan program lain yang berat. Oleh karena itu Discord dibuat dengan penekanan pada penggunaan resource yang lebih user-friendly.

Mengapa Discord?
Saya memilih menyebut Discord disini karena menurut saya untuk belajar programming secara harfiah bisa dilakukan dengan banyak sekali aplikasi yang bertebaran di internet. Namun, menurut saya, belajar pemrograman itu bukanlah sesuatu yang harus selalu dilakukan sendirian. Apalagi, nantinya kita akan selalu dituntut untuk melakukan proyek sebagai suatu tim. Dengan adanya Discord, kita bisa mempraktekan hal tersebut sejak dini, apalagi dengan adanya update discord pada Oktober lalu yang menambah fitur Video-chat dan ScreenSharing yang memudahkan kita untuk belajar pemrograman bersama dan dengan menggunakan ScreenSharing kita bisa melakukan mentoring atau pengajaran dalam pemrograman. Selain itu karena Discord dibuat dengan pandangan sebagai aplikasi voice chat untuk gaming maka program discord sendiri menjadi sangat ringan dan user-friendly,sehingga cocok jika kita melakukan voice atau video chat sembari membuka Netbeans atau compiler lain yang hitungannya cukup berat.

Bagaimana peran Discord sebagai tools untuk meningkatkan kemampuan pemrograman?

  1. Sebagai akses penghubung antar tim / mahasiswa
  2. Sebagai media pembagi ilmu sesama programmer
  3. Mempermudah dan menambah efisiensi pekerjaan baik dalam pemrograman maupun ilmu lainnya
  4. Tempat berdiskusi dan berbagi yang terkesan tidak kaku sehingga mudah digunakan oleh siapapun.

Sumber:

  1. https://discordapp.com/
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Discord_(software)

(Hummam Aly Baziyad) #3

JetBrains merupakan perusahaan yang bergerak di pengembangan perangkat lunak, khususnya aplikasi perangkat lunak IDE. Produk IDE yang diproduksi oleh JetBrains digunakan oleh lebih dari 64.000 perusahaan top dunia seperti VALVE, Expedia, Toyota, HP, Twitter, Siemens, Xerox, Apple, dll. Selain digunakan oleh perusahaan, IDE mereka juga digunakan oleh lebih dari 1.000.000 developer diseluruh dunia dengan 45.000 pengguna baru setiap bulannya.

Dibangun pada tahun 2000 dengan hanya mengenalkan IntelliJ Renamer, sebuah aplikasi untuk me-refactor kode Java, kini JetBrains telah memproduksi beragam IDE dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya. IDE yang telah diproduksi oleh JetBrains antara lain IntelliJ IDEA untuk Java, PhpStorm untuk PHP, PyCharm untuk Python, RubyMine untuk Ruby, WebStorm untuk JavaScript, AppCode untuk Objective C, CLion untuk C/C++, dan ReSharper untuk .NET.Kualitas IDE yang diproduksi oleh JetBrains diakui sebagai IDE yang sangat berkualitas. Bahkan raksasa teknologi dunia Google mempercayakan pembuatan Android Studio, IDE untuk membuat aplikasi Android dikembangkan dengan IntelliJ IDEA.

Ada beberapa feature dari IDEA ini yang sangat membantu developer java dalam membuat program karena mempermudah dan mempercepat proses coding. Dengan tampilan GUI yang sangat modern, IDEA memberikan code inspection dimana memberikan pesan live error ketika ada code yang tidak sesuai dengan pattern Java. Jika kalian membutuhkan code completion , maka tidak salah menggunakan IDEA karena banyak code completion yang disediakan, mulai dari method completion sampai class completion.

SUMBER :


(Nur Fajri Hayyuni Maulidya) #4

CODE WARRIORS HAKITZU BATTLES

Apa yang terlintas dipikiranmu tentang apilikasi yang paling menyenangkan? Sudah bisa tertebak. 7 diantara 10 orang bilang game adalah aplikasi yang paling menyenangkan bagi mereka. Bagaimana tidak, game memang dirancang untuk memberikan penyegaran otak setelah otak merasa penat. Namun sangat rugi kalau kita hanya memanfaatkan sebuah game untuk hiburan. Nah untuk kita yang ingin bermain tapi masih bisa mendapat pengetahuan, telah ada game yang bernama “Code Warriors Hakitzu Battles”. Game ini bisa dimainkan untuk semua usia dan pemainnya dapat bermain dan belajar tentang code javascript. Untuk bermain, kita harus mengajarkan robot mereka bagaimana berhasil menyelesaikan serangkaian misi, semua dengan cara JavaScript. Hakitzu diciptakan untuk tujuan pengajaran kode. Semua yang perlu diketahui untuk membuat robot kita bergerak, menyerang, dan menghancurkan, hal itu tersedia sebagai alat pembelajaran dalam game ini.

image


APA CODE WARRIORS HAKITZU BATTLES DAN BAGAIMAN CARA BERMAINNYA

Frank Meehan, Pendiri dan CEO Kuato Studios , sudah dikenal di sekitar Silicon Valley dan sekitarnya sebagai bagian dari Horizons Ventures dan untuk melayani di dewan perusahaan teknologi, termasuk SRI, perusahaan yang bertanggung jawab atas Siri , asisten virtual Apple dibeli dan dimasukkan ke iOS. Tapi Kuato Studios adalah usaha terbaru Frank. Dia telah membangun sebuah tim yang megah di seputar Hakitzu, sebuah game epik yang menyenangkan yang juga terjadi untuk mengajarkan pemain bagaimana mengkode JavaScript dasar.


(Frank Meehan)

Hakitzu Code of the Warrior adalah aplikasi baru, yang dirilis oleh Kuato Studios , yang menggabungkan strategi dengan duel robot yang mengagumkan. Pada awal rilis di Apple iTunes App store pada hari Selasa, 26 Maret 2013. Hakitzu adalah game pertarungan robot turn-turn yang unik untuk model iPad2 dan yang lebih baru. Grafik Hakitzu yang menakjubkan dan musik yang intens dan efek suara dengan cepat menarik anak-anak dan orang dewasa ke dalam permainan.

Apa keterampilan baru yang akan dipelajari saat bermain dengan aplikasi ini?. Mudah sekali kita akan mulai mengambil kemampuan pengkodean JavaScript dalam beberapa menit pertama permainan game. Pemain mulai dengan menambahkan baju besi dan senjata yang mengagumkan ke Codewalker (nama robotnya) yang telah diproduksi sebelumnya. pemain bisa menambahkan pelindung bahu, power core, laser, dan flipping peluncur roket. Jangan lupa memberi robot cat baru yang manis di Toko Chop, tidak ada kode untuk ditulis. Namun, perubahan akan masuk ke Profil Codewalker.
image

setelah mempersiapkan Codewalker, kita akan memulai pertempuran di arena. ada 4 arena yang dapat dimaikan. Buka bagian //creategame dan terhubung dengan lawan online. Sangat disarankan untuk memilih bermain bermain bersama teman. Generator pemain acak menghasilkan permainan yang sangat tidak responsif.

image

Kemudian saat memasuki arena pertempuran. Hakitzu mengajarkan bahasa JavaScript melalui pemrograman dan mengendalikan robot dari masa depan. Dimana dua robot saling berhadapan satu sama lain di grid dalam arena pertempuran. Untuk membuat manuver robot robot bertarung, pemain harus menulis kode yang semakin canggih sehingga memungkinkannya melakukan fungsi seperti gerakan, penargetan, dan penembakan. Pemain mengambil giliran, coding instruksi untuk membuat robot melakukan tindakan, dan kemudian lawan komputer mengambil giliran.

image

Saat giliran kita, kita akan mulai coding. Tutorial menjelaskan cara melihat kode contoh gerakan dan menjelaskan “hacker keyboard”. Untuk memindahkan Codewalker, ketik perintah JavaScript ke baris pertama menggunakan hacker keyboa. Misalnya, kita mungkin ingin memindahkan robot ke depan dua ruang. kita akan mengetikkan perintah Move (“forward”, 2); dan tekan enter. Lihat, kamu baru saja menulis kode.

kita memiliki total 120 poin tindakan per robot, per giliran. Setiap gerakan memerlukan sejumlah tindakan tertentu. Jika kita pergi, kita harus menghapus baris kode sampai kita berada di bawah batas. Jadi, jika kita telah menggunakan 240 titik tindakan dalam perintah gerakan, perintah serangan, akan memerlukan 120 titik tindakan, lalu ketuk tombol “Jalankan”.

Saat kita melakukan pemindahan, kita akan dibawa ke arena di mana kita akan melihat koding beraksi. Codewalker kita akan mengeksekusi gerakan yang baru Anda masuki. Sebuah HUD akan ditampilkan di samping robot dan gerakan saat ini akan disorot saat terjadi. Kita akan dapat menentukan berapa banyak kotak untuk bergerak dan kapan harus mengetikkan kode serangan. Begitu kita memasukkan semua gerakan, Anda akan melihat tindakan tersebut dilakukan dari sudut pandang “debug cam”. Saat robot kita selesai, giliran kita sudah berakhir dan kita harus menunggu lawan kita bisa menunggu lawanmu di arena. Jika pemain lain terlalu lama, kitaa bisa keluar dari aplikasi dan bermain game lain. Bila sudah giliran kita lagi, kita akan menerima notifikasi.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencapai inti kekuatan lawan dan menghancurkannya. Saat kita menang dalam permainan semakin kita mendapat kode poin lebih dan senjata yang lebih baik. Dengan 25 pertandingan pemain tunggal serta permainan tim, Aplikasi ini juga memungkinkan kita bersaing dengan teman kita dan membandingkan kemampuan coding kita.

Perintah bahasa javascript digunakan untuk mengendalikan robot saat duel. Semudah kedengarannya, di dunia yang serba cepat dan terdepan, komputer meminta kita belajar beberapa perintah pengkodean dasar. Selain itu, jika kita memutuskan bahwa tidak ingin menjadi seorang proggramer, permainannya masih sangat asyik dan bebas untuk diunduh dan dimainkan.


TUJUAN PEMBUATAN APLIKASI

Tujuan pembuatan apikasi ini Ingin memberi semangat belajar dengan menggunakan teknik permainan untuk membuat masyarakat tertarik dengan aplikasi non-permainan seperti belajar komputer. "Kami fokus untuk membuat coding menyenangkan. Kami ingin berinovasi dalam mengajarkan anak-anak kami. Intinya adalah mengajak belajar, tapi ditargetkan pada siapa saja yang ingin memprogram. Tidak ada yang melakukan hal seperti ini sebelumnya. Pada akhirnya, kita akan mempelajari variabel, fungsi, inti konstruksi kode, dan sintaks untuk JavaScript. Itu hanya awal pertama." kata Frank Meehan, chief executive San Francisco yang berbasis di London, dalam sebuah wawancara dengan GamesBeat.

Untuk membuat program ini, Kuato melakukan penelitian di sekolah-sekolah di seluruh AS dan Inggris. Para periset menemukan bahwa siswa mengatakan bahwa mereka sangat menginginkan alat pembelajaran yang kaya grafis, interaktif, dan menantang. Hakitzu telah diuji di sekolah dengan hasil yang terbukti. (Ini kesaksian dari Eric Sheninger, kepala sekolah New Milford High School di New Jersey).

Kuato mulai membuat serangkaian permainan. Ini belum menyelesaikan judul yang ditunjukkannya tahun 2012, yang menampilkan planet di mana anak-anak dapat menjelajahi dan mendalami dengan menulis program. Game itu akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, berlisensi dari firma riset SRI International, yang menyesuaikan tingkat kesulitan berdasarkan keahlian pemrograman pemain.


INOVASI PEMBELAJARAN

Haktizu sangat bagus untuk seseorang yang ingin belajar kode, tapi tidak yakin harus mulai dari mana. Ini adalah permainan turn-based dari pertarungan robotik di mana para pemain mempelajari dasar-dasar pengkodean saat berjuang melawan robot dalam misi tunggal dan multipemain. Tidak ada pengetahuan pengkodean sebelumnya yang dibutuhkan seiring kemajuan pemain dari Pemula, ke Coder, hingga Hacker. Semakin banyak poin yang dimenangkan, pada gilirannya akan membuka senjata yang semakin rumit untuk pertempuran di arena.

Kuato 3 Hakitzu tersedia di iPads (versi 2 sampai 4) dan iPad Mini. Setiap empat minggu, Kuato berencana untuk merilis update untuk game berdasarkan umpan balik. Ini adalah pendekatan yang berbeda dari alat bantu pengkodean lainnya seperti Code Academy atau DreamBox Learning. Versi terbaru dari Hakitzu akan segera diluncurkan dan fitur baru akan membuatnya menjadi permainan yang lebih baik lagi untuk mempelajari dasar-dasar JavaScript. Versi baru juga tersedia di Android. Selain itu, akan menawarkan panduan komprehensif untuk permainan dan rencana pelajaran.

Konsep pembelajaran di aplikasi ini melalui permainan dengan memiliki tutorial lengkap yang bisa kita mainkan untuk belajar kode. Keyboard virtual memudahkan anak menulis kode mereka karena disesuaikan untuk kunci yang umum digunakan dalam pemrograman. Jika Anda mengetikkan kesalahan pada kode Anda, permainan akan memberi tahu Anda dan menyoroti masalahnya. Permainan Ini memiliki empat arena. “Tidak ada yang melakukan hal seperti ini sebelumnya,” kata Meehan. "Pada akhirnya, Anda akan belajar variabel, fungsi, inti konstruksi kode, dan sintaks untuk JavaScript. Itu hanya versi pertama. "


MANFAAT DAN KELEBIHAN APLIKASI

Pada bulan Januari 2014 Kuato Studios menjanjikan pengodean 100 jam untuk sekolah di seluruh Inggris. Tujuannya adalah untuk mengajarkan siswa sekolah dasar dasar-dasar pengkodean dengan cara yang menyenangkan dan menarik melalui penggunaan permainan robot mereka, Warriors Code: Hakitzu Battles. Tidak hanya anak-anak yang bisa mempelajari dasar-dasar Javascript namun juga mendapat kesempatan untuk bertemu dengan pengembang kehidupan nyata, karena tim Kuato telah mengunjungi sekolah mereka dan mendiskusikan industri ini.

Guru-guru di Inggris telah melihat banyak manfaat dari pelajaran pengkodean menggunakan Warriors Code: Hakitzu Battles. Anak-anak lebih banyak belajar, terjebak dalam masalah sulit untuk mengatasinya dan mendapat dorongan untuk kepercayaan diri mereka. Seorang guru bahkan mendiskusikan bagaimana, melalui penggunaan permainan, anak-anak memecahkan satu masalah menjadi beberapa cerita yang lebih kecil dan oleh karena itu dapat melihat gambaran yang lebih besar, keterampilan yang dibutuhkan sepanjang kehidupan orang dewasa setiap hari!

Karena dalam bermain kita harus mengajarkan robot dengan kode bagaimana berhasil menyelesaikan serangkaian misi, semua dengan cara JavaScript. Para pemain belajar bagaimana memasukkan kode yang semakin kompleks untuk membantu avatar mereka berjalan melintasi arena dan serangan. Pada saat yang sama pemain belajar bagaimana menulis dan mengdebug program mereka. Karena saat kita mengetikkan gerakan robot di jendela kode, akan melihat arena sebagai grid top-down. Saat robot bergerak, Anda akan melihat setiap kode yang Anda ketik di bagian atas display (HUD). serta melihat bagaimana menggunakan kode yang paling efisien dan bermanfaat. Dari pemikiran algoritmik hingga berurutan dan seleksi, Code Warriors memberi instruktur mekanisme untuk memberi manfaat lebih kepada kita.

“Perancang video game telah menciptakan lingkungan belajar yang sangat memotivasi selama bertahun-tahun,” David Miller, Direktur Pembelajaran di Kuato Studios mengatakan. "Kualitas yang sama yang membuat permainan yang dirancang dengan baik memotivasi juga menjadikannya lingkungan belajar yang ideal. Permainan mendorong pemain menuju tujuan, pemain harus membuat pilihan, mengambil tindakan, dan merasakan efek dari tindakan ini saat mereka bermain. Kita cenderung melakukan eksperimen dan mencoba solusi yang berbeda sampai kita menemukan benar, atau terbaik, untuk mencapai tujuan kita " Miller menambahkan.

Dengan sebuah game akan mempermudah kita untuk mengingat suatu kode yang kita tulis, dari pada hanya membaca buku, atau melihat tutorial video. Dengan permainan ini kita berada pada lingkungan permainan dirancang seputar bagaimana kita belajar untuk aktif, partisipatif, dan kritis.

Memang permainan ini berisi robot dan pertarungan yang sangat jauh dari kebiasaan seorang wanita. Namun pembuat permainan ini sudah melakukan riset dan pengujian dengan ketat di berbagai tempat, mulai dari sekolah hingga klub, dan mendengarkan apa yang kami dengar dari semua sisi. Miller menunjukkan bahwa pengujian mereka menentukan wanita sama-sama terlibat dalam permainan yang menampilkan robot dan strategi. Bahkan bertempuran lebih baik dari laki-laki. Jadi sungguh, permainan ini selain bisa dimainkan oleh semua usia juga dapat dimainkan oleh semua gender

Sangat seru bisa belajar bahasa JavaScript sambil memerintahkan robot kita sendiri. Sangat mudah untuk mempelajari kode yang tepat untuk setiap gerakan. Permainan ini menawarkan contoh kode untuk setiap perintah. Yang harus Anda lakukan adalah mengubah kata atau nomor, seperti “kiri” atau “6.” Meskipun ada sedikit tindakan dalam permainan karena sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk mengetikkan kode, itu adalah pengalaman unik yang tidak masalah. Belajar kode di lingkungan yang menyenangkan dan menghibur dengan biaya gratis adalah nilai bagus. Memerangi robot raksasa di arena pasca-apokaliptik di atas itu adalah nilai yang besar. Jika permainan benar-benar bekerja dengan baik, itu akan menjadi kemenangan besar bagi semua orang yang terlibat. Seperti berdiri, ini adalah permainan yang mengagumkan yang tidak biasa dimainkan.


KEKURANGAN APLIKASI

Pada review masyarakat tentang kelemhan aplikasi ini, salah satunya dari (Lory Gil pada Mei 2013) yaitu “aplikasi ini terlalu banyak bug, yang sangat menggangu saat bermain. juga terkadang Dalam satu permainan saat memasukkan kode dan menjalankan perintah, aksinya tidak sesuai dengan kode yang dimasukkan. Sebagai contoh, mengetikkan perintah untuk bergerak maju dua kotak dan robot bergerak tiga kotak. Robot saya pada dasarnya mengambil rute sendiri dan tidak peduli apa yang saya katakan kepadanya untuk dilakukan. Saran untuk pengembang game ini akan melihat betapa kita menyukai konsep dan dapat bekerja lebih keras lagi untuk membuatnya menjadi permainan yang mulus dan dapat dimainkan. Jika tidak ada yang lain, saya ingin bisa bermain solo sehingga saya bisa berlatih coding saya.”


SUMBER

http://www.idownloadblog.com/2013/05/03/hakitzu-ios-review/ (diakses pada tanggal 23 November 2017)
https://www.digitaltrends.com/cool-tech/code-warriors-kids-learn-javascript/ (diakses pada tanggal 23 November 2017)
https://www.wired.com/2013/03/hakitzu-gaming-learning/ (diakses pada tanggal 23 November 2017)
https://venturebeat.com/2017/11/22/microsoft-releases-new-windows-10-preview-with-edge-shell-and-input-improvements/ (diakses pada tanggal 23 November 2017)
https://kuatostudios.tumblr.com/post/68971503650/askkuato-for-computer-science-education-week (diakses pada tanggal 23 November 2017)


(Natasya Eldha) #5

Aplikasi ini dirancang agar semua orang dapat belajar programming di mobile. Tentunya ini sangat mudah kepada setiap orang atau programmer dalam mengutak – atik koding.
Biasanya setiap kita ingin ngoding, kita harus membuka PC atau laptop kita. Tentunya ini akan membatasi ruang gerak kita untuk belajar pemrograman.


Bagaimana cara kita menganggap bahwa aplikasi sololearn cocok untuk belajar pemrograman?

  1. Pertama (Multi Platform):
    Aplikasi ini dapat berjalan di platform mobile, yaitu: Android, Windows Phone, dan iOS. Meskipun begitu tetap saja bisa di akses melalui browser.

  2. Kedua (Support Multi Bahasa):
    Banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di SoloLearn yaitu:
    -C++
    -C#
    -Java
    -Phyton 3
    -HTML
    -Javascript
    -PHP
    -CSS
    -Swift
    -SQL.
    Tentunya ini sangat membantu kita untuk belajar banyak bahasa pemrograman.

  3. Ketiga (Pembelajaran Terstruktur):
    Pembelajaran lebih terstruktur, karena dimulai secara bertahap dari yang paling dasar. Kemudian dilakukan untuk level – level selanjutnya.

  4. Keempat (Materi - Koding):
    Pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan materi terlebih dahulu, kemudian akan dibuat latihan berupa ngoding di mobile.

  5. Kelima (Forum):
    Kita juga akan berkumpul dalam sebuah forum yang bisa saling bertanya seputar materi programming. Kita bisa bertanya terhadap masalah programming yang tidak bisa kita pecahkan, kemudian juga dapat membantu teman – teman yang bertanya di forum tersebut.

  6. Keenam (Poin):
    Setiap kita menyelesaikan 1 babak, maka point kita bertambah. Semakin banyak kita melakukan latihan di aplikasi ini, maka poin kita semakin tinggi. Maka kita akan tahu peringkat kita di tingkat dunia. Karena SoloLearn memang sudah terkenal di dunia programming.

  7. Ketujuh (Bahasa Inggris):
    Skill Bahasa Inggris kita semakin meningkat karena bahasa yang dipakai di aplikasi ini adalah aplikasi bahasa inggris. Mau tidak mau kita harus mengerti dulu apa yang dimaksud.

    Setelah kita berhasil menyelesaikan kursus dalam sebuah bahasa pemrograman, maka kita berhak mendapat mendapatkan sertifikatnya. Yang bisa menjadi bukti bahwa kita telah mengerti dan menguasai bahasa pemrograman tersebut.

  8. Kesembilan(Challege):
    Ada kalanya pihak SoloLearn membuat kompetisi berupa lomba membuat aplikasi dengan bahasa yang kita kuasai. Akan banyak hadiah dan kejutan kepada pemenang.


Keuntungan menggunakan sololearn :

  1. Merupakan Gabungan dari Berbagai Bahasa Pemrograman C++,C#,SWIFT,PHYTON,HTML,CSS,Javascript,PHP,SQL dan Java.
  2. Hampir semua bahasa pemrograman terdapat adu challenge
  3. Belajar pemrograman tinggal download via offline

Kerugian menggunakan sololearn :

  1. Terkadang tidak selalu offline untuk menambah daya gedor pengetahuan berupa pemahaman di tiap diskusi dan tingkatan level
  2. Bahasa inggris

SUMBER :
http://jurnal-android.blogspot.co.id/2016/12/15-Aplikasi-Wajib-Dimiliki-Belajar-Pemrograman-di-Android.html
https://yukisakinetwork.blogspot.co.id/2016/09/belajar-bahasa-pemrograman-di-android.html
http://www.tifkom.net/2016/06/cara-belajar-programming-di-mobile.html
(diakses pada tanggal 24 November 2017)


(Meriza Nadhira Atika Surya) #6

AIDE

190d67068e48ac48831d9a134f9e2acc_icon (1)

Apakah AIDE itu?

AIDE adalah sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi Android secara langsung pada perangkat Android kamu. Mengikuti pelajaran coding interaktif dan langkah demi langkah (step by step) menjadi pengembang aplikasi yang handal. Aplikasi desain secara visual, menulis kode dengan fitur editor yang kaya dengan listingan, memeriksa kesalahan secara real time, refactoring dan navigasi smart code, menjalankan aplikasi kamu dengan satu klik dan menggunakan debugger Java untuk menemukan bug.

Tidak kalah dengan dengan aplikasi IDE di komputer seperti android studio dan eclipse di AIDE juga banyak sekali fitur - fitur yang bisa kita manfaatin dalam pembuatan aplikasi android.

Kelebihan utama AIDE dibanding aplikasi IDE yang diperuntukan untuk komputer ialah, dengan aplikasi AIDE kita bisa ber-coding ria dimanapun kita berada.


FITUR - FITUR AIDE

Interactive lessons

image

Dengan fitur ini kita bisa belajar coding pembuatan aplikasi dari level pemula sampai tingka mahir.
Fitur - fitur kursusnya meliputi : (Untuk versi berbayar)

  • Belajar coding interaktif dengan instruksi langkah demi langkah yang sangat mudah dipahami.
  • Kursus pemrograman java
  • Kursus pemrograman game
  • kursus pemrograman android wear

image

Supports Eclipse Project
AIDE bisa digunakan untuk membuka langsung folder project eclipse

Supports Android Studio
AIDE juga supports dan bisa digunakan untuk membuak folder project dari android studio.

Edit-Compile-Run Cycle :

  • Membuat aplikasi contoh dengan sekali klik
  • Membuat aplikasi java/xml
  • Membuat aplikasi C/C++ NDK
  • Membuat aplikasi pure java console
  • RUN (compile proyek) dengan sekali klik.
  • Tidak mengharuskan akses root
  • fungsi pembaca LogCat yang terintegrasi

Realtime Error Checking
Otomatis mengecek jika ada error dalam penulisan kode program saat proses coding.


UI Design
Tampilan pratinjau untuk layout xml. Dengan fitur ini kita bisa melihat tampilan layout xml kita tanpa harus dicompile terlebih dahulu.

image

image!


Refactoring
Fitur refactoring mencakup:

  • Rename Bisa kita gunakan untuk merename nama package project secara otomatis (semua class otomatis menyesuaikan)
  • Inline Variable
  • Introduce Variable
  • Extract Method

Code

  • Pemformatan code Klik Menu -> Format -> Format Code untuk mem-format code supaya susunannya lebih rapi.
  • Peng-Organisaian import yaitu untuk merapikan baris-baris import dan menghapus jika ada baris import yang dobel.
  • Out-Comment Code Membuat suatu line (baris) kode menjadi tidak aktif. Saat proses compile baris yang dicomment akan diabaikan dengan kata lain tidak dianggap sebagai code perintah.
  • Membuat Setter, getter daan constructor dari suatu file

Editor

  • Editor lincah walaupun digunakan untuk mengedit file besar
  • Syntax Highliting
  • Fungsi Undo dan Redo yang tidak terbatas
  • Pinch Zoom

File Browser

Git Integration

image

image

SUMBER

http://tutorial-aide.blogspot.co.id/2015/07/mengenal-aide-java-android-ide.html (Diakses pada tanggal 26 November 2017)
https://jalantikus.com/apps/aide-ide-for-android-java-c/ (Diakses pada tanggal 26 November 2017)


(Rahadian fernandika) #7

PROGRAMING HUB
image

Cara yang tepat untuk belajar Programming. Dengan pakar Google kami telah membuat jalur yang sempurna untuk belajar Pemrograman. Anda tidak hanya akan mendapatkan keterampilan baru, tapi juga menikmatinya seperti permainan. Mudah saja, cepat dan menyenangkan!

Tujuan Aplikasi ini dibuat ?

Membuat pemrograman menyenangkan
Pemrograman sering dianggap sulit dan membosankan. Tapi tidak lagi, kami telah membuat Programming Hub menyenangkan dan interaktif sehingga orang belajar keterampilan baru dan menikmati prosesnya.

Mengapa memilih programing hub ?

Dapat diakses secara universal
Ada lebih dari 1,8 miliar orang yang belajar Programming dan sebagian besar melakukannya untuk mendapatkan akses ke kesempatan kerja yang lebih baik. Sayangnya, belajar keterampilan pemrograman mahal dan tidak dapat diakses oleh kebanyakan orang.

Kami membuat Programming Hub sehingga setiap orang bisa memiliki kesempatan. Kursus gratis ditambah dengan kursus premium yang sangat terjangkau membuat Pemrograman Hub berkelanjutan dan mudah diakses untuk semua orang.

Model pembelajaran yang efektif
Kami menganalisis pola retensi dan pembelajaran pengguna yang mempelajari pemrograman menggunakan ponsel. Hal ini membawa kita untuk datang ke sistem pembelajaran konkret yang dirancang khusus untuk pengajaran pemrograman dengan cara terbaik di smartphone.

Sumber :


(Fathina Atsila Firdausi) #8

Salah satu aplikasi yang dapat dijadikan belajar pemrograman adalah codeblocks. Code::Blocks adalah suatu program lingkungan pengembangan terpadu bebas, nirlaba,bersumber terbuka dan lintas platform. Program yang ditulis dalam C++ beserta Widgets untuk GUI-nya ini bisa digunakan bersama dengan berbagai macam kompilator, contohnya GCC dan Visual C++.

image

Peralatannya yang tersedia tergantung dari “plugin” yang ada dipasang. Sekarang ini, Code::Blocks lebih tersedia sebagai perangkat pengembangan dalam bahasa C dan C++, walaupun program ini juga bisa disesuaikan, dan mungkin akan membutuhkan pemasangan tambahan, untuk pengembangan beberapa perangkat lunak.

Mengapa Code::Blocks?

  • Multi platform
  • Open Source! GPLv3, tidak ada biaya.
  • Mendukung Kompilasi, Debugging, Cakupan Kode, Profil, penyelesaian kode secara otomatis.
  • Seperti Eclipse juga memiliki (GUI) untuk mengatur elemen menggunakan fungsi drag and drop dan juga mendukung analisis kode.

source : codeblocks.org


(Muhammad Wildan Aldiansyah) #9

Encode : Learn to Code

image

Apa itu Encode ?

Aplikasi belajar coding berbasis mobile yang dikembangkan oleh Upskew Pty. Ltd. Encode hanya menyediakan pembelajaran menggunakan bahasa pemrograman Web seperti JavaScript. Kemudian juga kalian akan belajar konsep dari HTML & CSS, yang merupakan dua bahasa coding penting dalam pengembangan website. Aplikasi ini disajikan dengan dengan UI/UX yang mengagumkan kalian juga bisa mengganti tampilan default nya menjadi night mode. Materi pembelajaran yang disajikan dari Encode ini ,kalian juga akan diberikan sebuah contoh coding yang interaktif yang dapat kalian selesaikan berdasarkan instruksi.

Mengapa Encode cocok untuk mengembangkan skill programming kita ?

  1. Gratis
    Aplikasi Encode ini memudahkan para pengguna yang ingin belajar tentang membuat atau mengembangkan sebuah website, dengan bahasa yang tersedia dari aplikasi Encode yaitu Javascript, HTML, dan CSS.

  2. Step-by-step
    Aplikasi Encode ini menyediakan pembelajaran secara step-by-step sehingga para pengguna bisa lebih mudah mengerti dan bisa belajar secara sistematis.

Bagaimana peran Encode dalam mengembangkan skill programming kita ?

Dengan pembelajaran secara step-by-step para pengguna awam yang ingin belajar tentang membuat website dapat belajar lebih mudah karena mereka hanya perlu mengikuti apa yang di pelajari dalam aplikasi tersebut, serta adanya fitur PRO dengan fitur tambahan seperti Challenge dan Mini-Topics yang bisa menambah wawasan tentang bahasa program dan adanya Challenge sebagai latihan dari apa yang sudah dipelajari

SUMBER :


(Griselda Anjeli Sirait) #10



Aplikasi/Software untuk meningkatkan kemampuan programming, saya merekomendasikan Google Classroom.

Alasan secara pribadi, aplikasi ini yang pertama kali mengenalkan saya tentang dunia programming yang sederhana melalui teacher yaitu kakak tingkat, sebelum saya menginjakkan kaki di tanah Malang. Kemudian, aplikasi ini dapat digunakan melalui handphone maupun komputer/laptop, untuk melakukan ruang diskusi seperti tanya-jawab, pemberian materi, dan lain-lain.



GOOGLE CLASSROOM

Google Classrom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas.
Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google Apps for Education lalu, itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak sejak 12 Agustus 2014.

FITUR GOOGLE CLASSROOM

  1. BERDISKUSI
    Classroom sejak diluncurkan dapat menggunakan Class Stream untuk memfasilitasi pengguna berdebat, Q&A (Question&Ask) dan berdiskusi. User membuat sebuah kelas dan mengirim pertanyaan serta memungkinkan user berdiskusi dengan user lainnya di dalam kelas tersebut.
    1

  2. POSTING ULANG
    Classroom memiliki kemampuan untuk memposting ulang tugas yang telah digunakan, mungkin tugas minggu lalu atau bahkan tahun lalu. Dan user sebagai teacher dalam kelas dapat menyalin kemudian mengubahnya untuk dapat digunakan lagi.
    2

  3. INTEGRASI GOOGLE CALENDAR
    Dengan fitur ini, apabila dalam kelas/forum tersebut memiliki suatu projek/tugas yang sudah dijadwalkan dapat menggunakan fitur ini untuk tanggal jatuh tempo secara otomatis sehingga terus up to date.
    3


Forum yang sudah pernah saya jalani sebagai pemula untuk mengenal dunia programming, seperti ini:


PANDUAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROM

Terdapat pada link berikut ini :

https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiz9oiemN7XAhWFF5QKHbyODG4QFghcMAg&url=http%3A%2F%2Fwww.classroom.hsks.sch.id%2Fsrc%2Fpanduan_classroom_siswa.pdf&usg=AOvVaw1UeR8M--ovFRXJ4MZlRVCx


SUMBER :

https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom
https://chromplex.com/fitur-baru-google-classroom-untuk-guru-dan-murid/


(Agus Purnomo Ruminto) #11


VISUAL BASIC

Apa itu Visual Basic?

Visual Basic adalah bahasa pemrograman event-driven yang berasal dari BASIC. Event driven artinya program penunggu sampai adanya tanggapan dari pemakai berupa kejadian tertentu, misalnya tombol diklik atau menu dipilih. Ketika event terdeteksi, event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan. Ada tiga edisi yang dikeluarkan Microsoft, yaitu:

A. Standard Edition
Standard Edition sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin mempelajari Visual Basic 6.0. Standard Edition mempunyai fasilitas sebagai berikut:

  • Kemampuan aplikasi 32 bit yang berjalan di Microsoft Win 9x dan Win NT untuk pemula.

  • Terdiri dari control seperti grid, tab, dan Data Bound.

  • Memuat Learn Visual Basic Now dan Online Help.

  • Microsoft Developer Network CD berisi dokumentasi.


B. Professional Edition
Professional Edition umumnya digunakan oleh para professional yang sudah cukup mendalami Visual Basic 6.0. Tidak terlalu banyak perbedaan dengan Standard Edition, hanya ada beberapa tambahan, diantaranya:

  • ActiveX Control, termasuk Internet Control

  • IIS (Internet Information Server)

  • Dynamic HTML Page Designer


C. Enterprise Edition
Enterprise Edition lebih ditekankan untuk membuat aplikasi yang bersifat server based, tetapi program-program aplikasi standard dapat berjalan dengan baik jika menggunakan versi ini. Fasilitas tambahannya antara lain:

  • Application Performance Explorer

  • IIS (Internet Information Server)

  • Support for Microsoft Transaction Server 2.0

  • SQL Debugging

  • Visual Component Manager

  • Visual Database Tool


SUMBER

http://www.carawebs.info/2013/04/apa-itu-visual-basic-visual-basic-adalah.html

(Fakhri Wajih H) #12


Pocket Code adalah bahasa pemrograman visual dan seperangkat alat kreativitas untuk smartphone, tablet, dan browser mobile.

Melalui Pocket Code, kami mempromosikan kemampuan berpikir komputasi serta filosofi perangkat lunak sumber terbuka dan gratis dengan cara yang menyenangkan dan menarik dalam skala dunia.

Pocket Code dan perangkat lunak yang dikembangkan oleh tim Catrobat terinspirasi oleh sistem pemrograman Scratch yang dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab. Catrobat sendiri adalah proyek perangkat lunak bebas bebas dan open source (FOSS) independen.

Pocket Code memungkinkan untuk membuat dan menjalankan program Catrobat di smartphone Android dan iOS serta pada browser mobile HTML5 yang mampu. Program Catrobat yang ditulis pada satu platform dapat langsung dijalankan di semua platform lain dan juga dapat dibagi melalui situs berbagi Saku Pocket Code. Versi Android dari Pocket Code dapat ditemukan di Google Play. Saat ini bekerja dengan baik pada perangkat hingga 7 ". Versi iOS dan HTML5 masih dalam pengembangan. Silakan temukan beberapa video di bawah ini.

Pocket Paint adalah aplikasi pendamping editor gambar lengkap untuk Pocket Code, antara lain, memungkinkan pengaturan beberapa bagian gambar menjadi transparan dan meluncur sampai tingkat pixel. Ini terintegrasi ke dalam Pocket Code namun bisa juga digunakan sendiri. Versi Android dari Pocket Paint dapat ditemukan di Google Play.

Pengguna Pocket Code dapat mendownload dan mendownload program Catrobat ke situs berbagi Saku Pocket Code. Program Catrobat yang diunggah didaftarkan untuk memungkinkan pembelajaran, remix, dan berbagi dengan bebas.

Lihat video YouTube ini untuk beberapa contoh aplikasi yang bisa dibuat dengan perangkat Android Catrobat. Temukan lebih banyak video subproyek Catrobat lainnya di daftar di bawah ini.

Kami berusaha mengembangkan perangkat lunak kami dengan cara Uji Coba tanpa kompromi (bahkan untuk komponen perangkat keras) beserta metode tangkas lainnya seperti Ping-Pong-Pair-Programming, Kode Kepemilikan Kolektif, Integrasi Terus-menerus, metode Kode Bersih Robert C. Martin. , ditambah beberapa lainnya seperti Simple Design, sekaligus bertujuan memastikan dokumentasi yang jelas, terpercaya, benar, dan 100% terkini serta kode berkualitas tinggi. Kami menggunakan Spesifikasi dengan Contoh (juga disebut Behavior Driven Development) sampai batas tertentu untuk memastikan bahwa juru bahasa yang diimplementasikan secara native melakukan program Catrobat dengan cara yang sama pada semua platform yang didukung.

Saat ini dalam pengembangan namun masih dalam tahap alpha:

Permainan tutorial
Edisi HTML5 / Javascript
edisi iOS (video 1/2013) (beta)
Pembuat wallpaper hidup Android (video 1/2013)
YouTube merekam panggung untuk Catroid
Musicdroid yang memungkinkan untuk memasukkan notasi musik dengan bernyanyi
Program Scroll Scratch ke dalam program Catrobat
Integrasi Tablet
Drag & Drop di Pre-Stage
Versi anak-anak muda (usia 3 sampai 7): versi bercerita hanya
Multilingual wiki dan forum untuk pengguna Catroid untuk layar kecil
Versi bahasa tekstual Catrobat
Versi 3D
Desain dan konfigurasi untuk berbagai kelompok umur dan jenis kelamin
Catrobat sebagai Bahasa Pemrograman Tanpa Batas
Mode flip buku audio yang disederhanakan
Uji Mutasi untuk meningkatkan cakupan dan kualitas uji semantik

Sumber :
http://developer.catrobat.org/


(Aditya Luthfi Alvari Ramadhan) #13

ENKI

Enki adalah aplikasi yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan programming penggunanya. Aplikasi ini menyediakan berbagai tantangan ringan yang dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih 5 menit setiap harinya. Enki dapat melatih skill pengguna dalam Javascript, Python, CSS, HTML, git, Linux, dan Java.

Target dari aplikasi ini mulai dari pemula hingga programmer yang sudah mahir. Aplikasi ini memudahkan pengguna dalam mempelajari dan melengkapi ilmu yang telah dipelajari. Enki mengadopsi sistem ‘snackable mobile learning’ yang dapat membantu programmer dalam mengembangkan skill yang mereka tekuni tanpa memberikan seluruh materi sekaligus. Saat kita membuka aplikasi Enki, kita akan diminta untuk menginput skill programming manakah yang ingin kita pelajari. Setelah itu, pengguna akan diminta untuk memasukkan seberapa banyak pengetahuan pengguna terhadap materi yang ingin dipelajari. Materi-materi dalam Enki sendiri dikemas dalam ‘Workout’.

FITUR
Fitur-fitur yang ditawarkan enki meliputi:

  • Banyak pilihan workout
    Enki menawarkan berbagai bahasa pemrograman, bahkan hingga dasar-dasar sistem operasi seperti Linux. Pengguna dapat memilih lebih dari satu kategori workout yang dapat dipersonalisasi sesuai kemampuan dasar pengguna.

KELEBIHAN

  • Enki menekankan ‘snackable mobile learning’
    ‘Snackable mobile learning’ sendiri adalah pembelajaran menggunakan perangkat mobile yang disajikan secara bertahap. Metode ini cocok bagi pengguna yang ingin mempelajari coding secara perlahan-lahan.

  • Setiap workout hanya memerlukan beberapa menit
    Workout Dalam Enki biasanya memerlukan waktu sekitar 4-6 menit. Waktu yang singkat ini memungkinkan pengguna untuk belajar kapan saja dan dimana saja tanpa mengganggu aktivitas lain.

  • Games
    Games dalam Enki menantang pengguna untuk mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dan membuat belajar lebih menyenangkan.

KEKURANGAN

  • Belum tentu cocok untuk semua kalangan
    Karean Enki menggunakan sistem ‘snackable mobile learning’, pengguna yang ingin belajar programming dengan jumlah materi yang sekaligus banyak tidak akan menyukai aplikasi ini.

  • Setiap hari hanya satu workout per kategori
    Misalkan pengguna memilih kategori Java, maka dalam sehari pengguna hanya akan bisa melakukan satu workout Java. Workout berikutnya hanya dapat diakses keesokan harinya.

VERDICT
Aplikasi ini sangat berguna untuk mempertajam keahlian kita dalam coding. Bahkan aplikasi ini menyediakan workout untuk Linux dan lain-lain. Sistem ‘snackable mobile learning’ membuat materi lebih mudah dicerna dan games yang ada dapat mengasah kemampuan pengguna. Baik pemula maupun programmer ahli dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini cukup ringan sehingga dapat diakses oleh hampir semua orang. Enki tersedia di Google Play Store dan App Store.

Note: Sebagian besar review ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis.
Sumber: https://techcrunch.com/2015/12/11/enki-launches-snackable-mobile-learning-app-for-developers/


(Adinda Chilliya Basuki) #14

image

Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita untuk meningkatkan kemampuan programming. Nah, sekarang saya akan membahas salah satu aplikasi yang bisa meningkatkan kemampuan programming, yaitu aplikasi Learn Programming.

Apa itu Learn Programming?

Learn Programming merupakan aplikasi yang akan membantu kita mempelajari berbagai bahasa pemrograman mulai dari yang populer hingga yang sulit sekalipun. Selain itu, Learn Programming adalah salah satu aplikasi belajar coding dan bahasa pemrograman HTML 5, Java, LISP, JSP. Python, Perl, Pascal, PHP, Ruby, dan lain lain.

Mengapa Learn Programming bagus untuk meningkatkan kemampuan programming?

  1. Aplikasi ini mendukung lebih dari 30 bahasa pemrograman seperti CSS, C, C++, Angular, Phyton, Ruby, Perl, PHP, dan lain sebagainya.

  2. Selain itu, untuk membuat pembelajaran semakin asyik, aplikasi ini juga menyediakan tantangan seperti kuis pengetahuan seputar programming dan sistem penghargaan. Dengan kuis ini kita dapat mengukur penguasaan bahasa pemrograman yang sudah kita kuasai.

  3. Dalam setiap materinya dilengkapi dengan dokumentasi dan contoh dari setiap elemen.

  4. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Sandbox, sandbox adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk copy paste source code.

Bahasa apa saja yang ada?

Ada lebih dari 30 bahasa pemrograman seperti, (Ada, sudut, Asp.net, C, C #, C ++, Clojure, CSS, CSS2, CSS3, Erlang, Groovy, Haskell, HTML5, Java, Javascript, jQuery, JSP, Lisp, Lua, MATLAB , Pascal, Perl, Php, PosgreSQL, PostgreSQL, Python, R, Ruby, Scala, SQL, SVG, Swift, VBScript, XSL-Fo, XSLT, dan lain - lain) selain bahasa, ada juga kerangka kerja, skema, cara pintas, perintah dll seperti, (Apache Ant, AWT, Bash, Bootstrap, kanvas, FTP, Git, peta Google, Gradle, Jambu, Hadoop, kode HTTP, Jackson, jQuery mobile, JUnit, Linux, Maven, Node.js, Regex, Rss, Subversion, TeX dan lain - lain).

Sumber :




(Nurfatima Selle) #15

Javvy is an interactive app that teaches you Java

Javvy adalah sebuah aplikasi yang di buat oleh tim yang sama dengan pembuat Swifty yaitu Henry Ameseder. Kedua aplikasi ini dirancang untuk belajar pemrograman. Aplikasi ini bekerja seperti Swifty, hanya saja yang satu ini digunakan untuk belajar Java. Dengan aplikasi iniJavvy semuanya termasuk dasar-dasar Java, loop, dan array. Javvy dapat membatu kita untuk belajar coding di Java dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Belajar bahasa pemrograman adalah pengalaman yang mengintimidasi. Terminologi, semantik dan aturannya bisa untuk pemula. Saya tahu, saya sudah mencoba belajar beberapa kali hanya untuk menyerah.

Javvy adalah aplikasi baru yang dibuat oleh tim yang sama di belakang Swifty. Kedua aplikasi dirancang untuk membuat belajar bahasa pemrograman, dalam hal ini Java, menyenangkan.

Modul pelatihan interaktif dimulai dengan memandu Anda melalui dasar-dasar, dengan pelajaran pertama yang memerlukan sedikit pemikiran saat Anda diminta untuk memasukkan nama Anda.

Setelah mengisi kolom yang diminta, kita akan menekan tombol Run dan program dijalankan. Aplikasi tersebut kemudian menjelaskan hasilnya dengan cara yang mudah dimengerti. Seiring kemajuan, pelajaran menjadi lebih sulit dan lebih kompleks.

Javvy membuat bagaimana belajar kode di Java jauh lebih mudah, apa inspirasi Henry Ameseder untuk membuatnya?

Ketika Henry meluncurkan Swifty beberapa bulan yang lalu, Henry dan timnnya banyak menerima pertanyaan untuk meminta “Swifty for Java”. Henry mengakui bahwa menjadi pengembang ahli tidak selalu jalan-jalan di taman. Terkadang, itu bisa sangat sulit. Tetap saja, seharusnya tidak mengintimidasi siapa pun. Dengan sedikit bantuan, memulai pemrograman lebih mudah dan lebih menyenangkan daripada yang mungkin dipikirkan. Apa lagi yang bisa dilakukan saat berjalan-jalan di taman, atau istirahat makan siang. Atau naik kereta bawah tanah. Akhirnya Henry meneciptakan Javvy. Javvy adalah pengenalan interaktif ke Java yang dirancang untuk membuat debut Anda dalam pemrograman lebih mudah dan lebih menyenangkan daripada sebelumnya: kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Henry dan tim sangat direndahkan oleh umpan balik di aplikasi Swifty. Dari anak-anak sampai manula, mulai dari pemula hingga veteran Objective-C yang beralih ke Swift: sepertinya bekerja untuk banyak orang. Kami memutuskan untuk membuat Java karena dua alasan:

  1. Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer di dunia dan
  2. Sintaksnya relatif lurus ke depan untuk dipelajari.

Henry menyebutnya Swifty untuk Java, tapi Javvy berkembang menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar versi Swifty di Java. Betapa banyak orang yang mengagumi Swifty adalah gaya percakapannya yang memberinya kepribadian. Henry ingin membangun dan merancang Javvy untuk menjadi lebih seperti teman terbaik yang kebetulan dapat memandu melalui dasar-dasar pemrograman. Henry melakukan ini dengan membuat Javvy berbicara kepada user dengan cara yang sangat langsung dan cerdas.

https://medium.com/getmimo/getting-javvy-or-how-we-re-bringing-some-fun-to-java-37082f3fe8aa



(Delischa Novia Sabilla) #16

SWIFT PLAYGROUNDS

50 PM

San Francisco — Apple today introduced Swift Playgrounds, an innovative new app for iPad that makes learning to code fun and easy for anyone. Swift Playgrounds brings coding to life with an interactive interface that encourages students and beginners to explore working with Swift, the easy-to-learn programming language from Apple used by professional developers to create world-class apps. Swift Playgrounds includes Apple-developed programming lessons where students write code to guide onscreen characters through an immersive graphical world, solving puzzles and mastering challenges as they learn core coding concepts. The app also features built-in templates to encourage users to express their creativity and create real programs that can be shared with friends using Mail or Messages or even posted to the web. —apple.com

Swift Playgrounds adalah sebuah aplikasi di iPad yang Apple bangun untuk mengajarkan orang-orang—bukan hanya anak-anak—untuk ngoding. Pada setengah bagian layar, pengguna menulis kode—kode Swift yang sebenarnya (walaupun kode yang dijalankan dibalik itu lebih rumit)— untuk menyelesaikan tantangan. Di bagian lainnya, kode tersebut berjalan hanya dengan satu sentuhan tombol.

Pelajaran dasar untuk Swift Playgrounds adalah “Learn to Code”, sebuah rencana kuat yang menuntun pelajar dari langkah pertama(beneran, yang pertama dilakukan di swift playgrounds itu membuat characternya jalan kedepan) sampai sepenuhnya ke konsep yang lebih kompleks seperti membuat fungsi default untuk setiap kali karakter menemukan situasi tertentu dan memanipulasi lingkungan itu sendiri.

Swift juga memiliki keyboard yang dirancang khusus untuk saat-saat ketika harus memasukkan kode secara manual, yang memungkinkan untuk berpindah antara huruf dan simbol yang digunakan dalam kode daripada meminta mencarinya melalui keyboard. Mengakses simbol-simbolnya juga berbeda: men-drag sebuah huruf menempatkan hal-hal seperti kurung kurawal atau tanda kurung ke dalam kode Anda.

Playgrounds juga bergantung pada cuplikan kode preset dan drag-and-drop. Sebagai contoh, membuat suatu potongan if-else loop, mengharuskan kita menambahkan ‘if’ ke kode dari tempat kode di bagian bawah layar, kemudian klik di atasnya untuk menambahkan ‘else’ atau ‘else if’. Jika kita perlu memperpanjang parameter pernyataan, cukup drag dan drop untuk membiarkan kode tersebut mencakup lebih banyak kode.

Setelah kalian berpikir bahwa solusinya sudah dibuat, men-tap ‘Run My Code’ (Jalankan kode saya) membuat kode-kode yang sudah dibikin menjadi sebuah aksi nyata oleh karakter-karakternya.

Bagaimana rupa gamenya?


Saat memulai pelajaran pertama kita bertemu dengan karakter bernama Byte. Apple bisa saja menggunakan sesuatu yang mirip dengan tukang ledeng berkepala kasar atau putri berpakaian pink, tapi itu hanya akan mencerminkan sedikit basis pengguna. Apple juga bisa menggunakan bentuk geometris sederhana yang berlabel “Objek 1” sebagai karakternya, tapi itu pasti hambar dan tidak bersemangat. Jadi, sama halnya dengan Siri, Apple tampil dengan kepribadian, dan mereka mengambil satu langkah lebih jauh.

Byte tampak seperti buah pir emas dengan mata biru laut, bungkusan kuning depan, mulut lebar, kaki mungil, dan lengan yang floppy. Hal tersebut adalah sesuatu yang setiap anak, siapapun, dapat berhubungan terlepas dari siapa mereka atau latar belakang mereka. Dengan satu sentuhan dilayar, Byte dapat dipilih karakternya (ada 3). Dapat memilih yang satunya berbentuk seperti tetesan air hujan dengan tas pinggang, dan yang lain adalah sesuatu yang berwarna hijau, bermata dua dengan kepala berbentuk seperti palu.

Itu membuat kita bebas untuk mengidentifikasi salah satu dari Byte, sesuai keinginan kita. Itu adalah tujuan desain yang sangat penting.

Dengan cara ini, Byte bisa menjadi apapun yang kita inginkan. Dan saat kita menambahkan kode, Byte bisa melakukan apapun yang kita inginkan juga.

Apa kekurangan & Kelebihannya?


  1. Kekurangan
  • aplikasi ini hanya dapat dimainkan di iPad
  • aplikasi ini hanya menggunakan bahasa Swift yaitu bahasa bahasa pemrograman objek fungsional untuk pengembangan iOS dan OS X yang dibuat oleh Apple.
  1. Kelebihan
  • dapat belajar ngoding dengan interaktif dan menyenangkan
  • hal ini mungkin bisa menjadi kelebihan bagi orang-orang yang tertarik dengan bahasa pemrogramman Swift
  • merupakan cara baru untuk dapat belajar ngoding tanpa pusing
src

https://thenextweb.com/apple/2016/07/14/apple-swift-playgrounds-preview/
https://www.apple.com/newsroom/2016/06/swift-playgrounds-app-makes-learning-to-code-easy-and-fun/
https://techcrunch.com/2017/06/01/dancing-robots-backflipping-drones-apple-wants-to-teach-you-to-program-hardware-with-your-ipad/
https://www.imore.com/swift-playgrounds


(rishaniputriaprilli) #17


Banyak aplikasi/software saat ini sangat membantu dalam belajar apapun yang salah satunya adalah belajar pemrogramman, Nah disini saya akan membahas sebuah aplikasi mobile yaitu HackerEarth Code Monk.
Mengenai HackerEarth Code Monk mulai dibangun para pembuat aplikasi tersebut karena memiliki sebuah misi yaitu inginn membantu seseorang agar menjadi programmer yang lebih baik ,misi tersebut bisa dikatakan berhasil karena dalam jangka 4 tahun ada satu juta pengguna dari aplikasi tersebut tentu saja hal ini membuat para pembuat aplikasi tersebut sangat senang karena telah mencapai sedikit peningkatan dengan apa yang telah mereka lakukan.
Pada mulanya tahun sebelum terbuatnya software ini mereka mengambil sebuah langkah dengan tujuan agar para pembaca mempu memahami lebih mengenai setiap materi-materi pemrogramman.Adapun langkah awalnya dimulai dengan adanya tutorial mingguan untuk semua jenis topik mengenai pemrogramman yang dikombinasikan dengan konter pengkodean reguler untuk menguji pemahaman mengenai topik-topik yang telah diberikan.Untuk mengetahui lebih lagi saya akan menjelaskan code monk itu sendiri.

Apa itu Code Monk?
Code Monk adalah seri mingguan bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan pemrograman mereka. Dimana setiap minggu, Anda mendapatkan akses ke tutorial terperinci mengenai topik seperti Pemrograman Dasar, Algoritma, Struktur Data, dan Matematika. Pada akhir setiap minggu, ada kontes pemrograman untuk menguji pengetahuan Anda tentang setiap topik. Untuk beberapa topik, tergantung pada kesulitan mereka.
Bagusnya lagi bagi setiap orang yang berhasil makan spanduk utamanya akan naik dan ia berhak mendapatkan kaos eksklusif,voucher dan barang lainnya dan menurut saya hal ini dilakukan agar mereka yang sedang mempelajari benar-benar serius dalam mempelajari pemmrograman.
Code Monk v2.0 ini sangat menarik karena didalamnya terdapat banyak soal-soal tiap minggunya jadi sbelum mulai membuka code monk sebaiknya anda harus mengetahui beberapa hal dibawah ini :

  1. Dasar-dasar Input / Output : Pelajari dasar-dasar penggunaan editor kode online, jalankan, dan kompilasi kode Anda di dalamnya. Ketahuilah tentang standar input / output yang melewati berbagai uji coba saat menjalankan kode Anda.
  2. Kompleksitas waktu dan ruang : Kode yang baik ditandai dengan 2 parameter utama-efisiensi waktu dan konsumsi memori. Pelajari cara menulis kode yang efisien, yang waktu dan ruang dioptimalkan.
  3. Dasar-dasar operator : Operator adalah simbol yang memberitahu compiler untuk melakukan manipulasi matematis atau logis tertentu. Pelajari tentang operator yang paling umum digunakan dalam pemrograman.
  4. Dasar-dasar manipulasi bit : Bit adalah unit dasar penyimpanan data dalam sistem berbasis komputer. Manipulasi bit menghilangkan ketergantungan kerja pada byte dan kilobyte dan membantu dalam menggunakan operator pada tingkat bit.
  5. Dasar-dasar implementasi : Pertanyaan yang didasarkan pada ide ad-hoc dan solusi brute force biasanya diklasifikasikan berdasarkan kategori implementasi. Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah untuk membantu pengguna meningkatkan kemampuan mereka dalam mengubah pernyataan bahasa Inggris menjadi implementasi kode. Pahami dan pelajari dasar-dasar implementasi melalui tutorial ini.
    AA

Jadi Code Monk ini sangat membantu dalam pembelajaran pemrogamman ditambah lagi denga adanya jadwal materi-materi apa saja yang akan keluar tiap minggunya jadi Code Monk ini juga telah diatur agar apa yang kita pelajari terstruktur ,dimana Code Monk v2.0 ini memiliki jadwal tiap minggunya yaitu
Minggu 1: Array dan String
Minggu 2: Sortasi
Minggu 3: Mencari
Minggu 4: Tumpukan & Antrian

1ce58e726597bb0c565ac739273805c7

Code monk ada juga yang versi 2.2.4 yaitu versi android dimana CodeMonk adalah Aplikasi belajar coding yang dikembangkan oleh HackerEarth. Materi yang di sajikan di Aplikasi ini , berisi pembelajaran tentang Algoritma dan Struktur Data. Jadi dikhususkan untuk pemula ,sebelum memulai terjun ke ruang lingkup bahasa pemrograman. Meskipun , dari segi konten dan UI/UX terlihat begitu simple(sederhana) di bandingkan Aplikasi Coding dengan versi 2.0.


(Jesika Silvi) #18

LearnStreet

LearnStreet adalah platform pendidikan online yang mendemokratisasikan pengkodean melalui pola pikir dan pendekatan yang sama sekali baru untuk mengajarkan orang bagaimana kode. Terinspirasi oleh Gerakan Maker yang semakin populer, tampilan LearnStreet mengkodekan sebagai cara bagi orang untuk mengekspresikan diri mereka, membangun proyek yang menakjubkan, dan meningkatkan daya jual mereka, dan bukan sekadar rute menuju pekerjaan yang lebih baik.




Alih-alih mereplikasi konten yang diajarkan di ilmu komputer tingkat perguruan tinggi atau kursus online, LearnStreet menganjurkan pembelajaran multi-modal dan pendekatan berbasis proyek untuk membantu pengguna belajar dengan cara yang paling sesuai untuk mereka. Menampilkan Garasi Kode pertama yang mendorong pengguna untuk membangun widget, permainan dan teka-teki sendiri atau berkolaborasi dengan orang lain, LearnStreet mengajukan banding kepada mereka yang ingin menjadi pengembang profesional dan juga mereka yang tertarik untuk belajar cukup untuk mengizinkannya. untuk membangun aplikasi, proyek atau XX.

image
LearnStreet menciptakan platform pembelajaran online di mana setiap orang bisa belajar bagaimana kode. Jika Anda belum pernah kode sebelumnya, Anda bisa pergi ke LearnStreet untuk mempelajari dasar-dasarnya. Jika Anda sudah memiliki beberapa keterampilan coding, Anda bisa pergi ke LearnStreet untuk mempelajari bahasa pengkodean baru atau memperbarui keahlian Anda saat ini. Dengan mempelajari keterampilan yang diminati seperti Ruby, Python, atau JavaScript - Anda akan jauh lebih bisa dipekerjakan. Kami percaya bahwa belajar bagaimana kode adalah keterampilan yang sangat penting yang harus dimiliki siapa pun. LearnStreet menciptakan sebuah platform yang akan membuat belajar bagaimana kode menyenangkan, interaktif dan menarik - dan yang terpenting, dapat diakses oleh semua orang.

SUMBER :slight_smile:


(Muhammad Nafis) #19

Pada zaman sekarang ini umumnya satu orang sudah mempunyai satu smartphone, dan selalu membawanya kemana-mana. Sekarang ini juga sudah banyak aplikasi aplikasi pembantu coding atau programing bermunculan,tetapi salah satu yang terbaik adalah aplikasi Dcoder.


Dengan aplikasi ini ngoding dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa memerlukan pc atau laptop yang cukub berat untuk dibawa-bawa. Dcoder sendiri adalah platform coding ponsel yang didesain khusus untuk mengasah keterampilan coding kamu melalui ponsel. Aplikasi Dcoder ini adalah paket lengkap untuk mempelajari dan memahami bahasa pemrograman dari berbagai bahasa dari c ke ruby. Salah satu fitur tambahannya adalah editor teks yang mendukung sintaks highlight dan dikemas dengan semua alat yang diperlukan untuk memberikan semua tepi IDE atau Kode Compiler.
dcoder-4
Jika bosan dengan bahasa pemrograman yang njelimet, kamu bisa istirahat sejenak dengan masuk tab Mind IT. Di sini kamu akan disajikan kabar-kabar terkini di dunia IT.Untuk menggunakan Dcoder kamu harus punya akun. Bisa juga sih login pakai Facebook atau akun Google. Kamu bisa membuka file program yang sedang kamu kerjakan, atau bisa juga membuat file program baru di Dcoder. Agar kerjaan kamu bisa dibuka di mana saja, biasakan simpan semuanya di cloud storage, sehingga bisa diakses lewat Dcoder langsung di smartphone. Untuk mendukung mobilitas kamu, Dcoder mendukung banyak bahasa pemrograman. Dan uniknya interface bahasa pemrogramannya dibuat dalam format Syntax yang nyaman dan mudah dipahami. Sayangnya Dcoder belum mendukung shell scripting untuk memudahkan pekerjaan sys-admin. Tersedia juga tombol Preview untuk melihat hasil program kamu. Jadi kamu bias mencek apakah program dapat berjalan sempurna atau tidak.

Sumber : https://jalantikus.com/tips/aplikasi-dcoder-untuk-programer/


(Reynando Yoga Satria) #20

Learn Java : Aplikasi Android Untuk Belajar Java

Sebelum kita ingin membuat Aplikasi Android pastinya kita harus (wajib) memahami dan menguasai logika dari bahasa pemrograman Java. Karna Android dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java. Pastinya kita terbiasa belajar java lewat Komputer kita, untuk mengcompile program Java, pastinya kita harus menggunakan Komputer. Nah apa jadinya jika kita mengcompile dan belajar program Java lewat Aplikasi Android?.

Learn Java : Aplikasi Android Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java

Pasti kita mungkin kurang familiar jika belajar program Java lewat Aplikasi Android. Nah ada Developer yang bernama SoloLearn, yang membuat Aplikasi Pembelajaran tentang Pemrograman Java yang bernama Learn Java. Aplikasi ini menyediakan Tutorial pembelajaran tentang bahasa pemrograman Java dari mulai dasar (pemula) sampai tingkat lanjut (Advanced).

Selain menawarkan tentang penjelasan konsep dasar , yang berupa text dan video, Aplkasi ini juga menyediakan sebuah quiz untuk menguji tingkat pemahaman kita tentang Java.

Selain itu juga kita bisa mengcompile program Java di Aplikasi Android melalui fitur Code Playground.

Kesimpulanya Aplikasi ini sangat recomended (disarankan) untuk kita yang belum mahir atau masih pemula pada logika pemrograman Java, karna fitur yang disajikan juga cukup lengkap. Karna Java sangat wajib hukumnya untuk dipelajari agar kalian bisa membuat dan mengembangkan Aplikasi Android secara berkelanjutan .Sebenarnya ada banyak di Google Play Store Aplikasi untuk Belajar Java, namun Aplikasi ini saja yang saya rekomendasikan.

http://www.okedroid.com/2016/04/learn-java-aplikasi-android-untuk-belajar-bahasa-pemrograman-java.html