Aplikasi Office Android apa yang terbaik untuk membuka dan mengedit dokumen?

Saat ini, smartphone telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing untuk memiliki benda ini, salah satunya mungkin untuk meningkatkan tingkat ke-produktifitasannya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, kuliah, maupun kantor. Untuk itu, dibutuhkan utilitas yang dapat membuka dan mengedit dokumen dengan mudah dan nyaman.

Karena banyaknya utilitas yang dapat digunakan untuk hal ini, menurut kalian manakah aplikasi office android yang terbaik ? dan kenapa aplikasi tersebut kalian katakan sebagai aplikasi office android terbaik ?

image

Banyak sekali aplikasi di smartphones yang dapat dipergunakan untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan dokumen, baik membuka atau mengedit. Dulu membuka dan mengedit sebuah dokumen hanya dapat dilakukan dengan sebuah komputer dan membuka sebuah aplikasi tertentu seperti Microsoft Office sehingga dapat dikatakan membutuhkan effort yang lumanayan.Namun karena kebutuhan mobilitas dan tingkat efisiensi kerja yang tinggi, maka manusia merasa membutuhkan aplikasi smartphones yang berguna untuk membuka sebuah dokumen. Manusia berpikir smartphones sangatlah cocok untuk sebagai alternatif menjalakan aplikasi office dimana saja dan kapan saja tanpa membutuhkan effort yang lumayan tinggi.

Perkembangan mengenai aplikasi office smartphone kini sudah sangat pesat. Banyak sekali perusahaan yang bersaingan satu sama lain untuk menciptakan sebuah aplikasi office smartphone terbaik di dunia. Banyak sekali aplikasi office smartphone seperti WPS Office yang dibuat oleh Kingsoft Office Software Corporation, kemudian ada Microsoft Office yang dibuat oleh Microsoft Corporation, Selanjutnya juga ada OfficeSuite yang diciptakan oleh MobiSystems, SmartOffice, hingga Polaris Office yang dibuat oleh Infraware Inc. Setiap aplikasi tersebut menawarkan fitur-fitur dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dari sekian banyak aplikasi office smartphone yang tersedia di Play Store, Polaris Office-lah yang memiliki fitur dan kelebihan tertentu yang membuatnya menjadi office smartphone terbaik saat ini. Mengapa?

Polaris Office dibuat dan dirilis oleh Infraware Inc. pada tanggal 7 Maret 2014. Aplikasi Polaris Office dapat berjalan diberbagai platform seperti Android, iOS, Windows, dan macOS. Di Play Store sendiri Polaris Office dapat diunduh secara gratis. Ini dapat membuka dan mengedit file dengan format Microsoft Office (doc/docx, hwp, ppt, dll) dan membuka sebuah file PDF. Dalam Polaris juga menyediakan penyimpanan online seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive yang memudahkan untuk mengaksesnya selama tersedia koneksi internet. Keuntungan yang diberikan oleh Polaris Office adalah tampilan (UI) yang sederhana dan ringkas serta mudah untuk digunakan.

SUMBER :


WPS Office adalah office suite untuk Microsoft Windows, Linux, iOS dan Android OS, yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak China yang berbasis di Kingsoft. WPS Office adalah perangkat lunak yang terdiri dari tiga komponen utama: WPS Writer, WPS Presentation, dan WPS Spreadsheet. Versi dasar pribadi yang bebas untuk digunakan. Versi kelas profesional yang penuh fitur juga tersedia untuk biaya berlangganan. WPS Office dirilis pada tahun 2016.

Produk ini memiliki sejarah perkembangan yang panjang di China dengan nama “WPS” dan “WPS Office”. Untuk sementara waktu, Kingsoft mencap suite tersebut sebagai “KSOffice” dalam upaya untuk mendapatkan pijakan pasar internasional, namun kemudian kembali ke “Kantor WPS”. Sejak WPS Office 2005, antarmuka pengguna mirip dengan produk Microsoft Office, dan mendukung format dokumen Microsoft selain format Kingsoft asli. Pada tanggal 28 Mei 2017, Kingsoft men-tweet bahwa versi Linux terhenti, namun membantahnya beberapa hari kemudian, dan mengeluarkan versi alfa lebih jauh. Kingsoft juga men-tweet membuat referensi untuk membuat WPS Office untuk Linux open-source menjelang akhir 2017 agar komunitas Linux dapat masuk dan terus mempertahankannya, namun kemudian menghapus tweet

The file extension of wps is used for Kingsoft Writer Documents. This extension is also used for Microsoft’s Works Word Processor. This format is similar to a Microsoft Word document (.DOC or .DOCX file) and supports formatted text, images, and advanced page formatting. Kingsoft Writer documents can be converted to Microsoft Word *.doc files in the software

Fitur Utama Lainnya:

  • Kemampuan untuk mengakses dan mengedit file awan Anda (Google Drive, Dropbox, Onedrive, Box)
  • Great Word, Excel, dan kompatibilitas format Powerpoint
  • Kompatibel dengan USB dan Bluetooth Keyboards
  • Dukungan untuk pencetakan nirkabel
  • Simpan otomatis dan Enkripsi Dokumen
  • Pilihan untuk berbagi file menggunakan WiFi, NFC atau DNLA
  • Penyimpanan data ringan dan cepat


Dari sekian banyak aplikasi office berbasis android, saya berpendapat bahwa aplikasi office android terbaik adalah Google Drive (Docs, Sheets and Slides). Awalnya diluncurkan sebagai aplikasi berbasis web browser, Google Docs sekarang hidup di versi Android-nya. Dokumen, Spreadsheet, dan Slide menawarkan fungsionalitas yang hebat dan juga memungkinkan anda membuka berbagai jenis dokumen. Dengan demikian, ini adalah platform yang ideal untuk semua kebutuhan dasar anda seperti membuat dokumen, membuat spreadsheet serta presentasi sederhana yang dapat dipakai baik di ponsel atau PC anda dengan koneksi web.

Penawaran Google atas aplikasi office ini sangatlah menguntungkan bagi pengguna yang hidup dalam ekosistem Google. Memang tidak seperti WPS office yang menggabungkan semuanya menjadi satu aplikasi, anda harus memasang total empat aplikasi (Google Drive, Google Dokumen, Google Slides, dan Google Spreadsheet) untuk mendapatkan rangkaian lengkap. Meskipun demikian, ini masih merupakan pilihan yang sangat tepat dan menawarkan beberapa keuntungan yang berguna bersamaan dengan kompatibilitas dengan format Microsoft Office.

Berbicara tentang kelebihannya, Google Docs mendapatkan poin penuh untuk fitur hebat yang mudah berkolaborasi di seluruh platform seperti file Word, OpenOffice, RTF, PDF, HTML, atau zip dan memungkinkan anda mendownload dokumen Google ke PC anda. Selain itu, Lembar kerja dokumen, dan presentasi dapat diakses dengan mudah dari desktop atau PC manapun. Anda pun bisa membuat dokumen secara real time dan pekerjaan anda akan disimpan secara otomatis ke Google Drive, yang berarti anda tidak akan mungkin kehilangan file berharga anda. Terakhir, Aplikasi ini bebas biaya atau gratis.

image

Source :