Aplikasi atau website apa untuk menunjang produktivitas dalam dunia pendidikan?

Pada era modern sekarang ini banyak pemanfaatan dari teknologi informasi. Salah satu hal yang paling dirasakan adalah meningkatnya produktivitas bagi pengguna teknologi informasi salah satunya di bidang pendidikan. Lantas apa saja aplikasi atau website sebagai bukti dari pemanfaatan suatu teknologi informasi?

Pada era modern ini perkembangan mengenai teknologi informasi sudah berjalan dengan pesat, serta merambah berbagai sektor kehidupan. Pemanfaatan teknologi informasi berguna a untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Pendidikan perlu digabungkan dengan teknologi informasi yang terbukti mampu mempercepat proses pembelajaran dan mempromosikan sebuah metode pembelajaran lebih inovatif daripada penggunaan buku konvensional. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi berguna bagi guru maupun murid, salah satu yang paling dirasakan adalah dalam hal pengumpulan tugas. Berikut adalah contoh dari aplikasi dan website terhadap pemanfaatan teknologi informasi di bidang dunia pendidikan.

Edmodo
Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial yang mempunyai fitur lengkap serta dirancang untuk di dunia atau lingkungan pendidikan. Ini adalah jaringan media sosial yang tidak hanya cocok untuk guru dan siswa tetapi juga untuk orang tua atau wali yang digunakan untuk berbagi informasi di sekolah. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah. Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook.

Kebanyakan guru menggunakan Edmodo sebagai jembatan menyampaikan berbagai aktivitas kelas, seperti menyampaikan materi, memberi kuis atau ujian, dan pengumpulan tugas. Ada berbagai cara untuk menggunakan Edmodo sebagai guru termasuk untuk berkomunikasi dengan siswa Anda saat berada di luar kelas, atau memberikan update kepada siswa yang tidak hadir di kelas. Murid juga diberikan kemudahan seperti menyampaikan pertanyaan, serta bekerja sama antar murid.

Ruang guru
Ruang guru adalah sebuah website dan juga aplikasi yang berasal dari Indonesia yang bergerak dunia pendidikan. Ruang guru didirikan oleh Iman Usman. Materi yang ada di ruang guru dapat dikatakan sangat bermutu dan berkualitas. Materi di ruang guru disusun oleh pendidik yang memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi serta sudah sesuai dengan kurikulum nasional Indonesia.

Kelebihan ataupun juga fasilitas yang terdapat di ruang guru mulai dari membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran dengan video pembelajaran, latihan soal, kuis, dan rangkuman di setiap bab. Kemudian dapat membantu siswa berkonsultasi dan belajar secara privat mengenai materi pelajaran yang sulit secara online. Kemudian memberikan tryout UN SMP, SMA, hingga simulasi SBMPTN.

Google Classroom
Google classroom adalah sebuah website dan juga aplikasi berbasis Android dan iOS yang diciptakan oleh google untuk meningkatkan produktivitas seperti Drive, Docs, dan Gmail. Google classroom dibuat dan diluncurkan ke publik pada tanggal 12 Agustus 2014. Google classroom merancang sebuah kelas bersama pengajar dan siswa untuk membantu mereka menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi antara pengajar dan siswa. Yang dimaksud dengan mampu menghemat waktu adalah tingkat efisiensi kelas akan menjadi lebih baik. Pengajar ataupun guru dapat mengelola beberapa kelas sekaligus, memberikan materi lebih cepat dan bersamaan, pengumpulan tugas yang sudah jelas dan efisien.

https://ruangguru.com

Teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang produktivitas di dunia pendidikan. Beberapa contoh dalam menunjang produktivitas tersebut adalah:

  1. Kemudahan bagi kita dalam mengakses informasi tentang materi di kelas
  2. Kemudahan bagi guru maupun murid dalam mengumpulkan tugas secara online
  3. Kemudahan bagi guru dan murid dalam kegiatan pembelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung (e-learning)
  4. Kemudahan bagi kita untuk mengakses materi selain yang diajarkan dalam kelas,dll.
    Dari berbagai kemudahan diatas terdapat beberapa website reccomended untuk menunjang produktivitas kita dalam dunia pendidikan yaitu:

1. Coursera

image

Coursera merupakan website kursus atau pembelajaran yang dilakukan secara online. Banyak sekali kategori yang terdapat dalam website ini seperti: Data science, Digital Marketing, Programming, Design, Financial, Dan masih banyak lagi. Coursera dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengisi waktu liburan dengan belajar selain materi yang sudah ada di kelas.

2. Skillshare

Skillshare merupakan website yang menyediakan pembelajaran mengenai skill-skill kreatif yang diajarkan oleh para expert di bidangnya. Website ini cocok bagi kita yang bosan dengan segala materi-materi umum yang diajarkan di kelas. Jadi kita bisa refreshing sekalian belajar karena skill-skill yang diajarkan merupakan skill yang jarang kita dapatkan dalam pendidikan formal. Selain itu, melalui website ini kamu juga dapat membagi hasil karya kamu kedalam komunitas skillshare sehingga kamu akan mendapat masukan-masukan untuk menunjang kreatifitasmu.

3. Google classroom

image

Banyak yang sudah mengenal website ini. Website buatan google ini mempermudah guru dan murid dalam pengumpulan tugas. Website ini sangat menunjang pembelajaran karena waktu akan lebih efisien menggunakan website ini.

Selain dari yang saya paparkan diatas masih banyak sekali website maupun aplikasi yang dapat menunjang dunia pendidikan. Pada intinya pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi tentu akan semakin menunjang produktivitas kita dalam belajar dan mengurangi waktu senggang kita.

Referensi:



https://www.skillshare.com/

Class Dojo adalah aplikasi komunikasi kelas yang digunakan untuk berbagi laporan antara orang tua dan guru. Guru melacak perilaku siswa dan mengunggah foto atau video. Sistem gaya gamifikasi mengajarkan keterampilan perkembangan melalui umpan balik yang asli saat itu juga. Aplikasi yang telah diterjemahkan ke dalam 35 bahasa, telah digunakan di 180 negara dan 90% distrik sekolah di Amerika Serikat. ClassDojo diluncurkan pada bulan Agustus 2011 dan pada awalnya didanai oleh akselerator bibit ImagineK12. Aplikasi ini memungkinkan siswa, guru dan orang tua untuk terhubung, mendukung dan mengembangkan keterampilan siswa.

Untuk menggunakan program komunikasi kelas, guru mendaftar untuk mendapatkan akun, dan kemudian membuat “kelas” dengan murid mereka. Siswa menggunakan program ini pada awalnya dengan kode akses; Setelah membuat akun, para siswa dapat menyesuaikan avatar, melihat kelas dan melihat kemajuan individual. Orang tua juga dapat mengakses ClassDojo saat mereka diundang oleh para guru, dan dapat memvisualisasikan kemajuan anak dan informasi yang diberikan oleh para guru. Guru dapat memberi penghargaan kepada siswa dengan umpan balik positif secara real time saat mereka menunjukkan aktivitas yang baik dalam suatu tugas atau aktivitas di kelas. Guru juga bisa berkomunikasi langsung dengan orang tua melalui aplikasi.

ClassDojo memperdalam pemahaman antara guru, orang tua, dan siswa. Di kelas, guru dapat menggunakan ClassDojo untuk mendorong perilaku positif seperti keingintahuan dan ketekunan. Guru juga dapat mengirim pesan real-time kepada orang tua menggunakan bagian Messaging dari ClassDojo untuk memberi orang tua update tentang apa yang terjadi di sekolah. Di rumah, orang tua dapat meninjau kemajuan anak mereka dengan Laporan Siswa, dan juga berkomunikasi secara sederhana dan aman dengan guru anak mereka. ClassDojo 100% gratis untuk guru, orang tua, dan siswa untuk digunakan di manapun di dunia.

https://classdojo.zendesk.com/hc/en-us/articles/202813605-Why-should-I-create-a-ClassDojo-parent-account-