Aplikasi apa yang cocok digunakan untuk rapat secara online?

Akhir akhir ini sering terdengar di telinga kita istilah rapat online, rapat online sebenernya tetap sama seperti namanya yaitu rapat. Akan tetapi, yang membedakan diantara keduanya adalah rapat online ini menggunakan akses internet untuk menghubungan peserta rapat yang saling berjauhan posisinya agar tetap bisa melangsungkan sebuah rapat. Lalu, kira kira apa aplikasi yang cocok untuk itu?

Online Meeting, Meeting di Mana Saja

Di zaman IOT atau Internet of Things pekerjaan manusia semakin dipermudah dengan hadirnya inovasi-inovasi teknologi yang terintegrasi dengan internet. Salah satunya adalah meeting. Seperti yang kita ketahui meeting pada umumnya dilakukan dengan menghadirkan sejumlah orang pada satu ruangan untuk mendiskusikan suatu masalah. Dan mau tidak mau para undangan atau orang yang terlibat harus mengosongkan jadwalnya untuk meeting tersebut. Karena merupakan sebuah kewajiban. Lalu bagaimana jika beberapa saat sebelum meeting dimulai, orang tersebut belum bisa hadir di ruangan karena suatu masalah? Nah untuk itu kini makin gencar terdengar tentang online meeting.

Online Meeting

Online Meeting adalah terobosan terbaru untuk mengatasi masalah tersebut. Di mana, dengan memanfaatkan internet dan perangkat tertentu seperti smartphone atau tablet, seseorang dapat menghadiri atau mengadakan rapat. Jadi tidak perlu datang dan berkumpul di suatu tempat. Melainkan hanya dengan memasuki sebuah forum yang telah dibuat secara online dan mengundang beberapa orang yang terlibat. Kelebihan dari online meeting adalah dapat dilakukan di mana saja, bahkan dengan orang dari zona waktu yang berbeda. Selain itu biaya yang digunakan relatif murah karena tidak perlu menyediakan makanan atau minuman seperti layaknya rapat pada umumnya. Sehingga teknologi ini sangat cocok untuk diaplikasikan di perusahaan. Bagaimana bisa hanya dengan gadget seseorang dapat mengadakan rapat?

Untuk saat ini banyak sekali website atau pengembang-pengembang software yang menyediakan layanan online meeting ini. Salah satunya adalah Dimdim.

Dimdim adalah platform berbasis website yang menyediakan layanan untuk share desktop, menampilkan presentasi, chat dan broadcast via webcam. Dimdim dapat digunakan hingga 50 orang untuk versi pro/berbayarnya, per user per bulan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar $25. Nominal ini cukup murah dibanding provider lain yang mencapai 2 kalinya. Sehingga Dimdim sangat cocok untuk digunakan.

DimDim Online

GOOGLE HANGOUTS MEET, APLIKASI RAPAT ONLINE BESUTAN RAKSASA GOOGLE


Sumber Gambar : www.pcworld.com

Rapat online mungkin menjadi sebuah hal baru dalam dunia teknologi saat ini. Rapat online menyatukan semua orang yang berjauhan dalam sebuah aplikasi sehingga dapat mengadakan pertemuan jarak jauh via internet. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan rapat secara online, dan yang pasti koneksi internet berperan sangat penting dalam melakukan hal ini. Lalu aplikasi apa yang dapat digunakan untuk melakukan rapat online?

Google Hangouts Meet, salah satu aplikasi besutan google yang dapat digunakan untuk melakukan rapat secara online. Google Hangouts Meet menyediakan ruang rapat virtual untuk melakukan perbincangan grup dan dapat menyimpan pembahasan rapat ke dalam suatu thread. Google Hangouts Meet memungkinkan lebih dari 30 orang dapat bergabung untuk melakukan rapat online dengan mengklik link bersama atau panggilan ditelepon yang dapat diakses melalui web browser di Windows atau melalui smartphone berbasis Android. Selain itu Google Hangouts Meet juga terintegrasi dengan Jamboard, papan tulis digital buatan google sehingga para pengguna mampu menuliskan sesuatu di Jamboard tersebut.

Keunggulan dan fitur dari Google Hangouts Meet :

1. Antarmuka yang sederhana
Dengan antarmuka yang sederhana, memudahkan para pengguna untuk mengakses aplikasi ini. Namun dibalik tampilan yang sederhana, fitur yang ditawarkan sudah cukup untuk dipergunakan sebagai alat untuk rapat.

2. Rapat yang dapat dihadiri banyak orang
Rapat online dilakukan melalui video call. Meet memberikan kemudahan untuk memulai dan bergabung kedalam video call yang dapat diakses melalui perangkat seluler, dan komputer. 25-30 orang dapat tergabung dalam rapat melalui Google Hangouts Meet.

3. Rapat yang aman
Semua streaming video dan audio di Meet dienkripsi. Pengguna dapat bergabung dengan aman meskipun berada di luar kantor.

4. Akses mudah dan cepat

  • Dapat mengundang orang didalam maupun diluar organisasi dengan menjadwalkan rapat atau mengundang seseorang setalah kita bergabung di video call.
  • Selama rapat, kita dapat membagikan layar untuk mempresentasikan slide atau informasi lain di desktop.
  • Rapat terjadwal akan disinkronkan secara otomatis di semua perangkat, sehingga Anda dapat memulai rapat di komputer dan melanjutkannya di perangkat lain, misalnya ponsel.

Referensi :

Setiap Perusahaan/Organisasi pasti melakukan Meeting, yaitu suatu pertemuan dua atau lebih orang yang telah diadakan untuk mencapai tujuan bersama melalui interaksi lisan, seperti berbagi informasi atau mencapai kesepakatan.Rapat dapat terjadi secara tatap muka dalam suatu ruangan tertentu atau luar ruangan. Tapi sekarang dengan berkembangnya Teknologi yang canggih sebuah Perusahaan bisa melakukan Meeting secara Online dengan sebuah bantuan aplikasi yang dapat menghubungkannya.

online-meeting

Aplikasi yang tepat untuk Meeting online yaitu :

sfb_logo

Skype For Business yaitu sebuah sarana komunikasi yang aman dan dilekngkap dengan enterprise voice, peer-to-peer calling, koneksi dengan extension number, meeting broadcast hingga ke 10 ribu pengguna, dan meeting conference hingga 250 peserta dapat Anda lakukan dengan Skype For Business.

Skype bersama-sama Microsoft menyuguhkan layanan Skype For Business. Layanan yang diberikan Skype For Business di antaranya adalah mampu untuk mengefisienkan persiapan rapat, mengurangi biaya rapat, mendukung fleksibilitas jam kerja, dan menciptakan sistem kolaborasi untuk para penggunanya. Skype For Business menjadi sebuah solusi komunikasi bisnis lengkap yang menyediakan voice call, business video conference, cloud PABX, remote desktop control dan sharing files. Skype For Business juga dapat menampilkan materi presentasi dan video, sehingga proses meeting, diskusi ataupun presentasi dapat Anda lakukan di mana saja dengan mudah, termasuk di luar kantor. Bagaimana Anda tidak dimanjakan dengan fitur-fitur yang berada di Skype For Business? Saat ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang berlebihan dan tentunya dapat mengefisienkan persiapan ketika harus meeting bersama klien maupun mitra kerja. Anda hanya cukup menggunakan fitur video call di Skype For Business melalui Android atau IOS Anda.

Jadi walaupun anda tidak sedang dikantor anda bisa saja mengadakan meeting secara online untuk mempermudah pengguna/anggota meeting anda.

Rapat online? Skype aja

Pada pembahasan kali ini, saya tidak bermaksud untuk promosi aplikasi Skype hanya saja untuk memberikan wawasan tentang aplikasi yang mungkin cocok digunakan untuk rapat atau konferensi secara online. Rapat online adalah suatu kegiatan yang sama seperti namanya yaitu rapat, hanya saja disini rapat online melalui sebuah perantara media agar dapat menghubungkan yang jauh namun tidak menjauhkan yang dekat. Banyak aplikasi-aplikasi selain skype yang mempunyai fitur yang sama dengan skype, disinilah saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang aplikasi Skype dan yang membedakan skype dengan yang lainnya.

Skype mulai bergerak pada bulan April 2003 dan muncul versi beta pada bulan Agustus 2003. Sejak awal, Skype memang berfokus pada bidang VoIP dan pesan instan. Pada tahun 2006, Skype sudah mencapai 100 jt pengguna. Berikut keunggulan dari Skype :

1. Skala
Saat ini dan mulai dari awal berdiri, skype sudah merambah ke seluruh dunia. Skala cakupannya pun sudah internasional, semua bisa mengakses skype dimanapun, kapanpun, dengan siapapun.

2. Harga
Skype sama seperti aplikasi perpesanan instan lainnya yaitu gratis. Kelebihan skype disini adalah skype dapat menelpon pengguna telepon genggam dan telepon rumah. Yang mana, aplikasi lainnya belum mempunyai fitur tersebut.

3. Penggunaan
Setelah melalui sekian banyak pembaharuan, skype saat ini mempunyai tampilan yang cantik dan penggunaan yang sangat mudah sekali bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi pesan instan.

4. Kualitas
Inilah yang paling diunggulkan dari skype dibanding komptetitor lainnya, skype mempunyai kualitas suara yang jernih dan stabil sesuai dengan koneksi jaringan dibanding kompetitor lain dalam perbandingan yang sama (koneksi).

5. Keamanan
Sudah jelas untuk poin yang satu ini, keamanan dari skype sangat terjamin untuk privasi pengguna. Dimana, setiap pesan dan panggilan dikodekan oleh skype.

Skype 2