Aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan Manajemen Proyek?

Zaman Sekarang semua bisa dilaksanakan dengan IT. tanpa terkecuali manajemen proyek yang tergolong rumit. Lalu Aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk manajemen proyek ?

Nah project leader, jika anda merasa manajemen project pemrograman anda masih belum sempurna, sering terbengkalai, dan tidak sesuai dengan rencana, maka anda dapat mulai menggunakan salah satu dari 10 alternatif aplikasi berikut untuk membantu anda melakukan manajemen task.

  1. Asana

Adalah sebuah tool untuk manajemen project untuk sebuah tim dan individual. Di asana, sudah tersedia banyak fitur yang sangat memudahkankan seorang leader untuk membagi tugas kepada tim dan mengatur jadwal pengerjaan project tersebut. Asana menyediakan versi berbayar dan Free. Temukan selengkapnya di Asana.com.

  1. DropTask

Yang menarik dari tools ini adalah tampilannya yang dibuat seberti circle pada Google+. Kita tinggal drag and drop job desk yang akan dibagi. Tools ini juga memiliki fitur prioritas, pengaturan tanggal jatuh tempo, tagging, fitur komentar dan masih banyak lagi. DropTask bersifat noncomersial.

image

  1. GetFlow

Tools ini didesain untuk sebuah team. Sehingga akan sangat memudahkan Anda membagi sebuah job atau task kepada team Anda. Selain itu karena dia bisa di akses dari multi defice, maka kita jadi semakin mudah ber-syncronize kapanpun dan dimana saja.

image

  1. HiTask

Tools ini dilengkapi dengan kalendar untuk melihat time line project Anda. Selain itu, di dalamnya juga disediakan fitur pencarian cepat dan pembagian job desk terhadap team. HiTask juga memiliki fitur file sharing yang memudahkan Anda untuk mengumpulkan berkas Anda di satu tempat yang bisa di-sync ke semua tim Anda. HiTask juga sudah memiliki fitur untuk membuat reporting.

image

  1. Mijura

Selain memiliki fitur standart untuk manage sebuah project tim. Mujira memiliki fitur file sharing, labeling, dan mudah untuk melihat progess pengerjaannya. Jika Anda ingin mencoba, tools ini memiliki free trial 14 hari.

  1. Nozbe

Seperti halnya tools manajemen project lainnya, Nozbe dilengkapi dengan fitur file sharing, management task, dan bisa di akses dari beberapa device yang berbeda untuk memudahkan sebuah tim dalam berkomunikasi.

image

  1. Producteev

Di tools ini sangat ditonjolkan 4 fitur utama. Pertama adalah Task yang berarti mengkoordinasi job dalam sebuah tim. Fitur yang kedua adalah pembuatan project yang unlimited. Fitur ketiga adalah log aktifitas yang sangat membantu kita dalam melakukan tracing sebuah permasalahan. Fitur yang terakhir adalah kolaborasi antar orang dalam sebuah tim yang biasa disebut sinkronisasi. Tools ini jadi bisa diakses dari banyak device seperti web browser, mac, iphone, dan android.

image

  1. RememberTheMilk

Yang satu ini agak beda. Tools ini adalah tools management untuk personal. Karena untuk personal, tools ini sudah menyiapkan berbagai platform yang bisa Anda gunakan untuk mengakses tools ini.

  1. SmartyTask

Tools ini juga merupakan management untuk personal. Dia memiliki beberapa fitur yang sangat memudahkan kita untuk mengelola to do list yang akan kita lakukan. Selain tampilannya yang cukup elegan, kita bisa mengirimkan email secara langsung ke tools ini yang nantinya akan muncul seperti to do list, namun bedanya akan muncul pada inbox.

  1. Stacks

Dilengkapi dengan fitur reporting yang bisa kita gunakan untuk memantau beban kerja tiap orang dalam sebuah tim. Kita juga dapat mengatur tanggal selesai untuk setiap tugas yang kita kirimkan.

image

sumber :

https://id.techinasia.com/berita-seputar-developer-9-mei-2015

Manajemen proyek bisa jadi bagian tersulit untuk dilakukan apabila tidak terorganisir. Namun dengan seiring berjalannya waktu, lahirlah apliaksi-aplikasi yang dapat membantu manajemen proyek. Aplikasi ini mengelola proyek dengan lebih mudah dan terorganisir. Berikut adalah aplikasi tersebut :

  1. Basecamp
    image
    Dengan fitur memeriksa kemajuan proyek, memberi ruang untuk diskusi dan proyek analisis, dan menyediakan platform untuk anggota tim proyek untuk berbagi ide dan ruang untuk konsultasi membuat Basecamp menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dalam manajemen proyek. Aplikasi ini memungkinkan proyek manajer untuk mudah dan tepat waktu dalam berhubungan dengan anggota tim proyek. Dengan banyaknya fitur yang berguna dapat memungkinkan Anda untuk mengakses dan melihat kemajuan proyek dimanapun Anda berada. Aplikasi ini dapat didownload di play store secara gratis.

  2. Podio


    Podio memungkinkan Anda mengorganisasi tiap sarana komunikasi dalam manajemen proyek. Fitur yang ada pada Podio adalah dapat berkomunikasi sebagai tim, dapat mengkonfigurasi manajemen tugas, dan memanfaatkan sistem penyimpanan file. Podio ini termasuk website yang bisa diakses dimana saja.

  3. Huddle
    image
    Software manajemen proyek ini lebih mengemukakan fitur untuk berkolaborasi dengan client, dimana aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh Kantor Akuntan Publik seperti KPMG dan Deloitte, dan beberapa perusahaan besar seperti Epson, KIA dan P&G, beberapa institusi pemerintahan. Aplikasi ini juga terdapat tempat untuk berdikusi tentang proyel yang sedang dibangun. Terdapat juga fitur penyimpanan cloud yang mana keamanannya dapat terjamin. Aplikasi ini dapat di play store secara gratis.

  4. Smartsheet
    image
    Smartsheet adalah sebuah aplikasi yang menyediakan platform untuk bekerja jarak jauh. Dimana fitur utama dari aplikasi ini memiliki spreadsheet sederhana dan menyediakan antarmuka untuk berbagi file. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tampilan yang simpel dan juga tidak terlalu rumit. Aplikasi ini menawarkan keamanan yang maksimum sehingga proyek yang dikerjaan tidak mudah bocor. Smartsheet dapat didownload di play store secara gratis.

  5. BBitrix24
    image
    Aplikasi android manajemen BBitrix24 ini adalah jaringan sosial internal untuk Anda dan perusahaan anda sendiri. Aplikasi ini berfungsi untuk pertukaran informasi internal dan komunikasi dalam suatu perusahaan. Dengan tampilan antarmuka yang simpel membuat aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah. Dengan aplikasi ini, Anda dapat berbagi kegiatan, mengelola proyek dan tugas, dan mengirim pesan instan dan pemberitahuan. Selain itu mendukung direktori perusahaan dan kerja tim. BBitrix24 dapat didownload di play store secara gratis pula.

Sumber :



Dalam menyelesaikan sebuah projek atau proyek, ada baiknya kita mengatur semua kegiatan di dalam proyek tersebut dengan benar dan tertata. Hal tersebut diperlukan agar mempermudah menyelesaikan proyek dan mempercepat penyelesaian juga. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, melakukan manajemen proyek dapat dilakukan dengan mudah dengan sekali genggaman smartphone atau dalam satu layar laptop. Sudah banyak aplikasi atau software yang dapat diunduh untuk memudahkan atau membantu kita dalam manajemen proyek yang sedang kita kerjakan. Berikut beberapa aplikasi tersebut :

  • Trello
    Trello merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu dalam manajemen sebuah proyek. Trello mempunayi tampilan sederhana yang gampang digunakan untuk pemula. Aplikasi ini membuat mengerjakan proyek yang akan kita selesaikan dapat terselesaikan selangkah lebih maju daripada tidak menggunakan trello. Trello digunakan untuk membantu pengguna untuk mengorganisasi suatu tim dan dapat berbicara satu sama lain di dalam aplikasi tersebut. Dengan begitu pekerjaan tim untuk menyelesaikan suatu proyek tidak terkendala pada waktu untuk berkumpul secara tatap muka.

  • Wrike
    Dengan menggunakan Wrike, pengguna dapat memepersiapkan manajemen proyek dengan waktu yang singkat. Tim pengguna akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi ini. Banyak fitur yang dapat digunakan seperti pelacakan waktu, solusi otomatis aplikasi web dll. Aplikasi ini dapat digunakan tidak hanya untuk satu proyek saja tetapi berbagai proyek yang sedang dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Dengan menggunakan Wrike pengguna akan terbantu sekali dalam manajemen proyek.

  • Podio
    Fitur yang ada di aplikasi Podio juga tidak kalah bagus dari aplikasi yang lainnya. Podio dapat membantu manajemen proyek pengguna dengan berbagai fitur adalannya seperti melacak proyek, menuntaskan tugas, berinteraksi antar anggota tim, dan masih banyak lagi. Selain itu jika menggunakan Podio, pengguna dapat memanfaatkan sistem penyimpanan file yang telah disediakan.

  • Liquid Planner
    Liquid Planner dapat melacak dan mengelola proyek dengan mudah, karena memiliki fitu-fitur yang kaya. Liquid Planner juga merupakan web yang responsif, memiliki fitur antar muka dan fitur drag and drop. Selain itu, Liquid Planner dapat juga digunakan untuk melacak tenggat waktu dan juga pengiriman-pengiriman yang telah atau akan dilakukan. Meskipun aplikasi ini sederhana mudah untuk digunakan, tetapi pengguna harus tetap mempelajarinya lebih dalam agar dapat maksimal dalam memanfaatanya.

  • Zoho Project
    Zoho Project salah satu rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang manajemen proyek tim. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat pengguna lebih produktif. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur fitur yang dapat digunkan seperti kalender, pengaturan waktu, dokumen, forum dll. Meskipun dapat digunakan secara gratis, tetapi jika ingin menambah fitur pada aplikasi pengguna harus membayar sebesar $50 perbulannya. Mungkin sedikit mahal bagi beberapa orang, tapi dengan tambahan fitur tentunya aplikasi ini akan lebih membantu lagi.

  • Team Work Project
    Team Work Project dapat dijadikan solusi ketika akan me manajemen proyek tim. Fitur yang ditawarkan juga tergolong sederhan dan dapat digunakan dengan mudah. Meskipun memiliki fitur yang sederhana tetapi manfaat jika menggunakan aplikasi ini sangatlah besar. Team Work Project memiliki fitur mengelola tagihan klien tim anda, memantau proyek dan memastikan proyek berhasil tepat waktu.

  • Todoist
    Todoist cocok digunakan untuk tim-tim kecil maupun usaha-usaha kecil dalam manajemen proyek yang sedang dikerjakan. Todoist digunakan agar berjalannya proyek dapat lebih efektif daripada tidak menggunakan aplikasi ini. Terdapat fitur chat pada aplikasi ini, dengan fitur chat anggota tim dapat berkomunikasi dengan lancar. Terdapat juga fitur antar muka yang berbasis penandaan, selain itu Todoist dapat digunakan untuk melakukan diskusi meskipun anggota tersebar di berbagai negara.

SUMBER : https://business.tutsplus.com/id/articles/best-online-project-management-software--cms-27524