Apkah yang menjadi penyebab Tumor Wilms?

Tumor Wilms atau nefroblastoma adalah tumor ginjal yang jarang terjadi dan biasanya menyerang anak-anak berusia 3-4 tahun, terutama anak laki-laki.
Apkah yang menjadi penyebab Tumor Wilms?
image

Penyebab tumor Wilms belum diketahui secara pasti. Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seorang anak untuk mengalami kondisi ini, di antaranya adalah obat-obatan, bahan kimia yang dikonsumsi, dan ras. Selain ketiga faktor tersebut, risiko tumor Wilms juga bisa meningkat karena:

  • Faktor genetika. Meskipun faktor genetika tertentu dapat meningkatkan risiko seorang anak untuk terkena tumor Wilms, kondisi ini tidak diturunkan langsung dari orang tua ke anak. Hanya 1-2 persen anak penderita tumor Wilms yang memiliki sanak keluarga dengan kondisi sama, dan itu pun bukan orang tuanya.
  • Kelainan sejak lahir. Diperkirakan 10 persen kasus tumor Wilms terjadi akibat kelainan yang dialami sejak lahir, seperti aniridia (kondisi selaput mata yang tidak lengkap), hemihypertrophy (kondisi salah satu bagian tubuh lebih besar dibanding lainnya), kriptorkismus (undescended testicles atau testis yang tidak turun pada kantung pelir) atau hipospadia (lubang saluran kemih pada penis berada tidak pada posisi yang seharusnya).

Sumber