Apasih fungsi dari sistem politik?

Sistem politik adalah kesatuan antara struktur dan fungsi-fungsi politik. Struktur politik dapat di anggap sebagai mesin dengan berbagai komponen serta fungsi masing-masing komponennya.
Secara garis besar fungsi dari pokok politik yang harus berjalan dalam sebuah sistem politik/negara adaiah:

  • Fungsi merumuskan kepentingan adalah fungsi menyusun dan mengungkapkan tuntutan politik dalam suatu negara.
  • Fungsi pemaduan kepentingan, adalah fungsi menyatupadukan tuntutan-tuntutan politik dari berbagai pihak dalam suatu negara dan mewujudnyatakannya ke dalam berbagai alternate kebijakan.
  • Fungsi pembuatan kebijakan umum, adalah fungsi untuk mempertimbangkan berbagai alternate kebijakan yang diusulkan oleh partai-partai politik dan pihak-pihak lain, untuk dipilih salah satu di antaranya sebagai satu kebijakan pemerintahan.
  • Fungsi penerapan kebijakan, adalah fungsi melaksanakan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang.
  • Fungsi pengawasan pelaksanaan kebijakan, adalah fungsi menyelaraskan perilaku masyarakat dan pejabat publik yang menentang atau menyeleweng dari kebijakan pemerintahan, Dengan norma yang berlaku.
  • Fungsi komunikasi politik adalah proses penyampaian informasi mengenai politik dari masyarakat kepada pemerintah dan juga dari pemerintah kepada masyarakat.
  • Sosialisasi politik adalah proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat.
  • Rekrutmen politik adalah proses menyeleksi orang/orang-orang yang akan dipilih atau diangkat sebagai pejabat dari jabatan-jabatan yang ada dalam suatu negara atau partai politik.
1 Like

Baik, mbak saya izin bertanya lalu bagaima jika suatu sistem politik tidak berhasil menjawab tuntutan politik? Apakah yang harus dilakukan oleh pemerintah? Apakah mengganti sistem politiknya itu sendiri? Dan satu lagi terkait komunikasi politik, bagaimana jadinya jika di dalam komunikasi politik terjadi miskomunikasi? Langkah apa yang sebaiknya dilakukan pemerintah?

Wah seneng banget dengan pembahasan seperti ini.
Aku izin bertanya ya kak… Gimana sih caranya kita sebagai warga negara untuk mendukung setiap fungsi dari sistem politik ini agar bisa berjalan dengan maksimal?

Terima kasih🙏

Artikel yang dibuat memiliki pembahasan yang merinci. Ada satu poin yang ingin saya tanyakan, yaitu fungsi komunikasi politik. Di era teknologi sekarang ini, media sosial bisa dikatakan sebagai sarana yang paling tepat dalam memaksimalkan fungsi ini, tetapi penggunaan media sosial juga memiliki dampak lain. Pertanyaanya adalah bagaimana caranya meminimalisir dampak negatif atau tidak tercapainya tujuan politik di media sosial sebagai sarana komunikasi politik ?

Wah materinya cukup menarik. Terima kasih atas infonya, sebelumnya saya ingin bertanya bagaimana jadinya jika tuntutan politik lah yang secara tidak langsung membentuk sistem politik?

Materi yang menarik.
Saya ingin bertanya pada poin fungsi sosial politik. Bagaimana cara sosialisasi politik berjalan atau diterapkan dalam masyarakat agar fungsi dari hal tersebut sampai pada tujuannya?

menarik sekali! :slight_smile:
mengenai fungsi pemaduan kepentingan untuk menyatupadukan tuntutan2 politik dr berbagai pihak, dalam pelaksanaannya, tuntutan2 politik yg dirasa cukup krusial justru diabaikan, sebaliknya tuntutan2 yg menguntungkan pihak2 tertentu justru dilancarkan, sehingga dirasa merugikan, terutama bagi kaum2 rentan.
bagaimana idealnya suatu sistem untuk menyatupadukan tuntutan2 politik tsb agar dapat menciptakan suatu kebijakan yang tentunya dapat bermanfaat utk semua pihak tanpa pandang bulu?

Terima Kasih atas artikel yang bermanfaat, saya ingin bertanya bagi penulis atau siapapun yang ingin memberikan pendapapatnya yaitu “Apa yang salah dari sistem politik Indonesia dan menurut kalian bagaimana cara memperbaikinya?”

wah keren banget kak, jadi nambah wawasan baru. saya ingin bertanya sistem politik apa ya yang di gunakan di negara indonesia?

Jika suatu sistem politik tidak berhasil menjawab tuntutan politik maka pemerintah perlu mengevaluasi kinerja sistem politik tersebut.Pasalnya,sistem politik memang bertugas menyatupadukan tuntutan-tuntutan politik dari berbagai pihak dalam suatu negara dan mewujudnyatakannya ke dalam berbagai alternate kebijakan.Saat terjadi miskomunikasi maka itulah perlunya demokrasi.dimana rakyat dapat memberikan hak bersuara mereka dan pemerintah menjadi terbuka sehingga mampu mewujudkan tuntutan politik tersebut.

Menurut saya,sebagai warga negara kita juga harus ikut andil atau berperan aktif dalam politik.contohnya menggunakan hak suara kita untuk memberikan pendapat yang sekiranya dapat memperbaiki dan meningkatkan fungsi dari sistem politik.

1 Like

Penggunaan teknologi yang tepat dan cermat merupakan salah satu cara meminimalisir tidak tercapainya tujuan politik.misalkan pada saat mengedukasi masyarakat melalui televisi.menurut saya,hal ini lebih akurat dan terbukti dibanding dengan edukasi politik yang beredar di internet

Ketika suatu sistem politik dirasa tak sejalan dengan peraturan perundang-undangan maka timbullah tuntutan politik.dan menurut saya hal itu malah terkesan baik.karena memang pada dasarnya fungsi Sistem politik adalah menyatupadukan tuntutan-tuntutan politik menjadi satu dan menemukan titik terang.

Menurut saya dimulai dari mengedukasi masyarakat terlebih dahulu.Kurangnya edukasi terhadap masyarakat dapat membuat tidak berjalan mulusnya fungsi dari sistem politik tersebut

Suatu sistem politik dapat dikatakan ideal apabila terjadinya musyawarah mufakat.diantara masyarakat dan pemerintah juga harus saling mengakomodir satu sama lain.namun,hal ini masih kurangnya kesadaran akan hukum sehingga masih banyak yang menyamping dari tujuan tersebut

Menurut saya untuk saat ini tidak ada yang salah dengan sistem politik di Indonesia.Hanya saja beberapa orang menyalahgunakan kekuasaan mereka sehingga fungsi dari sistem politik tersebut tidak terpenuhi

Di Indonesia sendiri menganut sistem pemerintahan presidensial dimana kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuasaan legislatif.

Baik terima kasih kak atas jawabannya. Semoga saja kedepannya oknum yang menyalahgunakan kekuasaan bisa berkurang atau bahkan tidak ada.

artikel yang cukup bagus, tetapi saya ingin bertanya apakah fungsi komunikasi politik pada era sekarang berjalan dengan efektif? mohon jawabannya, terimakasih.