Apasaja Jenis dan Komplikasi Tromboflebitis?

Tromboflebitis adalah inflamasi atau pembengkakan pada vena (pembuluh darah balik). Inflamasi ini disebabkan oleh penggumpalan darah yang terjadi dalam vena. Apasaja Jenis dan Komplikasi Tromboflebitis?
image

Jenis dan Komplikasi Tromboflebitis
Tromboflebitis bisa muncul di bawah permukaan kulit maupun di bagian yang lebih dalam. Lokasi kemunculan itulah yang menjadi dasar jenis tromboflebitis.
Tromboflebitis yang terjadi pada vena di bagian yang lebih dalam disebut trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis (DVT). Kondisi ini memiliki risiko komplikasi yang lebih berbahaya karena gumpalan darah bisa pecah dan memasuki aliran darah, sehingga berpotensi memicu penyakit serius yang bahkan dapat mengancam jiwa. Contohnya, bila gumpalan darah sampai di area paru dan menyumbat sirkulasi darah paru maka dapat mengakibatkan kematian. Sejumlah komplikasi lain yang mungkin terjadi juga meliputi:

  • Pembengkakan dan rasa sakit yang parah sehingga bagian tubuh yang terserang tidak bisa digerakkan.
  • Perubahan warna kulit pada area yang diperdarahi vena yang terkena DVT. Pembengkakan kronis akan menekan kulit dari dalam. Lama kelamaan dapat timbul luka borok pada area kulit yang berubah warna.
  • Terbentuknya varises.

Sumber : tromboflebitis