Apakah yang menjadi penyebab penyakit divertikulosis?

Divertikulosis adalah kondisi dimana terbentuknya kantong-kantong pada dinding usus besar. Apakah yang menjadi penyebab dari penyakit ini?

Penyebab Divertikulitis
Penyebab divertikulitis belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat feses atau makanan yang tidak tercerna dengan baik terjebak di dalam divertikula dan menyumbat divertikula tersebut. Penyumbatan ini membuat divertikula membengkak serta timbul robekan-robekan kecil pada dinding usus besar. Bakteri usus besar normal yang ada di dalamnya juga berkembang melebihi dari biasanya dan bisa menimbulkan infeksi.

Divertikula yang terbentuk tersebut juga belum diketahui penyebabnya. Pola makan yang rendah serat, konstipasi, dan obesitas diduga berhubungan dengan terbentuknya divertikula dalam usus besar.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko peradangan pada divertikula, antara lain:

  • Usia. Risiko terkena divertikulitis akan semakin tinggi seiring pertambahan usia.
  • Faktor genetik. Genetik dipercaya berhubungan dengan terjadinya divertikulitis, dibuktikan dengan divertikulitis yang terjadi di Asia lebih dominan terjadi di sisi kanan, sedangkan di Amerika Serikat lebih sering terjadi di sisi kiri perut.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu. Penggunaan aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid secara rutin dapat meningkatkan risiko divertikulitis.
  • Obesitas. Berat badan yang berlebih meningkatkan risiko divertikulitis dan perdarahan.
  • Diet rendah serat. Selain berisiko terbentuk divertikula, terlalu sedikit makan makanan yang banyak mengandung serat berisiko menimbulkan peradangan pada divertikula yang terbentuk.
  • Merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko dan komplikasi divertikulitis.
  • Kurang olahraga. Olahraga dapat menurunkan risiko seseorang menderita divertikulitis.

Sumber : Divertikulosis