Apakah yang menjadi penyebab keputihan?

Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Kondisi alami ini berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi. Apakah yang menjadi penyebab keputihan?
image

  1. Kuman
    Hal pertama yang menjadi penyebab keputihan adalah kuman. Kuman ini bisa berasal dari tangan yang kotor kemudian menyentuh vagina dan juga air yang kotor. Kuman ini bisa masuk ke dalam vagina dan menyebabkan keputihan tidak normal pada wanita.

  2. Kelembaban
    Banyak wanita yang langsung menggunakan celana dalamnya sehabis buang air kecil maupun buang air besar tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Celana yang lembab bisa menyebabkan keputihan dikarenakan saat lembab kuman dan jamur bisa menyebabkan vagina gatal kemudian menyebabkan keputihan.

  3. Jamur
    Pertumbuhan jamur yang tidak bisa dikendalikan di dalam vagina juga menjadi penyebab keputihan yang harus diwapadai. Jamur itu biasanya akan mudah berkembangbiak di tempat yang lembab. Oleh sebab itu keringkanlah celana dalam anda ketika sehabis buang air besar maupun kecil.

  4. Bakteri Bernama Vaginosis
    Peyebab keputihan lainnya adalah bakteri jenis vaginosis. Sayangnya sampai saat ini penyebab munculnya bakteri ini tidak diketahui oleh medis. Bakteri ini sebagai pengganggu keseimbangan cairan sehingga pada orang yang mengalami keputihan bisa menyebabkan cairan yang keluar sangat banyak dan tidak terkendali. Selama bakteri ini ada, peningkatan jumlah cairan akan terjadi terus menerus bahkan wanita pun sampai kebingungan dalam menyikapi keputihannya. Celana akan mudah lembab dikarenakan keputihan ini dan wanita harus sering mengganti celana dalamnya.

  5. Bergonta-ganti Pasangan
    Bagi orang yang suka bergonta ganti pasangan sebaiknya mulai mengamankan diri sebab orang yang suka bergonta-ganti pasangan rentan untuk terkena keputihan patologis. Jika wanita berhubungan dengan laki-laki yang tidak menjaga kebersihan organ intimnya, kuman dan bakteri itu justru bisa masuk ke dalam vagina dan menyebabkan keputihan tidak normal pada wanita.