Apakah yang menjadi faktor Pemicu dan Gejala Sepsis?

Sepsis

Sepsis adalah komplikasi yang jarang terjadi namun sangat berbahaya dari suatu penyakit. Apakah yang menjadi faktor Pemicu dan Gejala Sepsis?

Sepsis adalah komplikasi yang jarang terjadi namun sangat berbahaya dari suatu penyakit. Pada saat terjadi infeksi, tubuh kita akan menghasilkan berbagai senyawa kimia untuk melawan infeksi tersebut. Senyawa-senyawa kimia yang dihasilkan ini akan mencetuskan suatu respon peradangan yang mengakibatkan serangkaian perubahan pada fungsi tubuh, sehingga terjadilah kerusakan berbagai sistem organ.

Pada tahap awal, sepsis biasanya ditangani dengan pemberian antibiotik dan cairan infus dalam jumlah banyak. Pada kondisi yang parah, suplai darah ke organ-organ vital seperti jantung dan ginjal akan terhenti, sehingga mengakibatkan kerusakan permanen atau bahkan kematian.

Sepsis dapat diderita oleh siapa saja, namun anak-anak, lansia, pasien di rumah sakit yang mengidap penyakit serius, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami sepsis.

Berbagai macam infeksi yang tidak ditangani dengan benar bisa berujung pada sepsis. Misalnya, infeksi paru-paru atau pneumonia, penyakit usus buntu, infeksi saluran kemih, dan meningitis.

Mewaspadai perkembangan infeksi sangatlah penting agar tidak berlanjut pada tahap sepsis. Gejala-gejala yang mengindikasikan sepsis antara lain demam, menggigil, dan detak jantung serta napas yang cepat.

Sumber : www.alodokter.com