Apakah yang dimaksud Systemico model dan apa tujuan dari teknik tersebut?

Systemico adalah salah satu jenis dari teknik kualitatif. Teknik kualitatif adalah teknik yang lebih menitikberatkan kepada nilai-nilai dan menekankan pada sisi pemahaman secara mendalam . Lalu apakah yang dimaksud Systemico model dan apa tujuan dari teknik tersebut?

Model Systemico adalah model yang bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja untuk memprioritaskan sepenuhnya dalam hal Nilai kepada pelanggan dan melihat proses itu sebagai sesuatu yang sistemik dan holistik. Persyaratan produk dibuat terlihat dalam hal bagaimana mereka mengatasi tujuan pengguna dan tingkat keterlibatan. Model ini terkait dengan Story Mapping, karena juga menciptakan kisi dua dimensi yang memudahkan untuk memvisualisasikan cakupan produk dan tingkat prioritas yang berbeda. Dua dimensi yang dimaksudkan adalah :
• Tujuan Pengguna
Dimensi pertama adalah Sasaran Pengguna. Produk didefinisikan tidak dalam hal Apa yang dilakukannya tetapi dalam istilah Mengapa beberapa fungsi diperlukan.

• Keterlibatan Pengguna
Dimensi kedua menggunakan keterlibatan pengguna sebagai ukuran tingkat interaksi antara pengguna dan produk. Ada empat derajat (dalam penurunan urgensi):

  • Core: Fitur untuk memenuhi kebutuhan dasar pengguna. Ini adalah harapan dasar bagi pengguna di ruang produk ini;
  • Use: Fitur baru dan yang ditingkatkan untuk meningkatkan kegunaan produk. Tanpa ini, produk memiliki daya tarik minimal bagi pengguna;
  • Engange: Fungsionalitas menarik pengguna untuk lebih berinteraksi dengan produk dan membujuknya untuk kembali di masa depan;
  • Explore: Fitur yang membangun hubungan yang lebih kuat antara pengguna dan produk saat mereka mempromosikan melampaui interaksi sederhana.

image

Kisah Pengguna kemudian ditempatkan dalam tingkat Sasaran Pengguna dan Keterlibatan yang terkait. Karena Kisah Pengguna itu sendiri dapat membawa nilai tambahan dan atribut biaya, model ini berubah menjadi sistem multidimensi yang mudah dijelajahi.

Referensi :
https://foldingburritos.com/product-prioritization-techniques/