© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apakah yang dimaksud Retorika Politik?

Retorika

Retorika adalah pers yang tidak tertulis, tetapi dipidatokan sebagai media propaganda untuk membentuk pendapat umum. Retorika juga dapat diartikan sebagai komunikasi dua arah, dalam arti bahwa satu atau lebih orang, masing-masing berusaha dengan sadar untuk mempengaruhi pandangan satu sama lain melalui tindakan timbal balik satu sama lain.

Retorika berasal dari bahasa Yunani rhetorika, yang berarti seni berbicara. Pada awalnya retorika digunakan dalam perdebatan-perdebatan di ruang kuliah dan yang bersifat dua arah atau dialogis. Kemudian, pengertian ini dikembangkan menjadi suatu ilmu pengetahuan sendiri. Pergeseran retorika menjadi komunikasi massa dipelopori kaum sufi pada masa Yunani Romawi, dengan tujuan memperoleh kekuasaan politik dengan jalan membentuk dan membina pendapat umum.

Menurut plato retorika biasanya disebut dialectical rhetorie yang menekankan pada jiwa manusia. Maksudnya suatu kemampuan untuk mempengaruhi, mengurangi jiwa manusia secara positif kearah kebenaran dan menegangkan jiwa-jiwa manusia. Selain jenis retorika diatas aristoteles memperkenalkan dalam karyanya yang disebut retorika.

Ia membagi retorika dalam tiga jenis yaitu:

  • Retorika diliberatif
  • Retorika forensic
  • Retorika demonstrative

Mesikipun demikian, dalam komunikasi politik tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis retorika saja untuk mempengaruhi khayalak secara persuasi. Sedang persuasi dapat berarti merayu atau membujuk dengan menggugah emosi, atau dengan cara rational dengan menggugah khayalak berdasarkan kondisi dan situasi kepribadian khyalak.

Retorika pada dasarnya menggunakan lambang untuk mengidentifikasi pembicaraan dengan pendengar dengan pendengar melalui pidato. Sedang pidato adalah konsep yang sama pentingya dengan retorika sebagai identifikasi atau sebagai simbolisme. Dengan berpidato kepada khyalak secara terbuka akan berkembang wacana public dan berlangsung proses persuasi.

Sumber: