Apakah yang dimaksud dengan politik bebas dan aktif?

image

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, letak geografis Indonesia yang sangat strategis yakni antara dua benua dan dua samudra, kemudian memudahkan akses para pelayar dunia untuk memasuki wilayah Indonesia. Dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah namun kondisi wilayah yang tanpa kedaulatan, maka para pelayar dunia itu pun dengan mudah menjajah Indonesia selama hampir 300 tahun lebih, seperti yang dilakukan Belanda. Selama penjajahan dilakukan rakyat Indonesia dan para pejuang tidak tinggal diam begitusaja, dengan segala upaya dan usaha rakyat Indonesia mampu mengusir para penjajah dari bumi pertiwi Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara yang mendapat kedaulatan penuh pada tanggal 17 Agustus 1945 yang ditandai dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Yang kemudian menjadi catatan kemudian adalah kemerdekaan yang diperoleh Indonesia murni atas dasar segala perjuangan dan usaha rakyat Indonesia, bukan atas dasar hadiah atau kebaikan dari para penjajah (Jepang, Belanda, maupun Inggris).

Politik bebas aktif artinya Indonesia sebagai sebuah negara yang merdeka, memiliki kebebasan dalam menentukan partisipasi aktifnya seputar kejadian yang ada di dunia tanpa mendapatkan tekanan dari blok barat maupun blok timur, dari persatuan berbasis agama atau tidak, dan juga bebas dari pandangan politik demokrasi ataupun komunis. Terlebih dari itu segala keterlibatan dalam dunia internasional ini bertujuan untuk memberikan kemajuan dan kebaikan bagi kepentingan nasional. Ada pun politik luar negri menurut beberapa ahli seperti A. W. Wijaya yang merumuskan :

bebas berati tidak terikat oleh satu ideology atau oleh satu politik negara asing atau blok negaraa tertentu, atau negara adikuasa (super power). Aktif artinya dengan sumbangan realistis giat mengembangkan kebebasan persahabatan dan kerja sama internasional dengan menghormati kedaulatan negara lain.

berikut adalah beberapa contoh peranan indonesia dalam menjaga perdamaian dunia :

  1. Mengirimkan perwakilan tentara PBB sebagai penjaga perdamaian di negara konflik seperti Lebanon, Sudan, ataupun Kongo.
  2. Memprakarsai pertemuan negara negara islam di dunia untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.
  3. Menengahi pertikaian yang baru saja terjadi di Myanmar atau Burma atau penduduk Rohingya dengan etnik lain.