Apakah yang dimaksud dengan Perencanaan Manajemen Risiko atau Risk Management Plan?

manajemen risiko|690x262

Sebenarnya apakah penjelasan dari Risk Management Plan dan apa saja konten yang perlu disertakan di dalam membuat sebuah Risk Management Plan.

Risk management plan adalah komponen dari project management plan yang menjelaskan bagaimana aktivitas manajemen risiko di atur dan dilaksanakan. Risk management plan adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh project manager untuk meramalkan risiko, melakukan estimasi dari dampak risiko, dan mendefinisikan respon yang akan dilakukan untuk menangani risiko tersebut.

Risk management plan didalamnya terdiri dari:

  • Metodologi
    Mendefinisikan pendekatan, alat, dan sumber data yang akan digunakan untuk melakukan risk management dalam projek

  • Peran dan Tanggung Jawab
    Mendefinisikan pemimpin, support dan tim manajemen risiko untuk tiap aktivitas yang ada dalam risk management plan dan menspesifikan tanggung jawabnya.

  • Budgeting (Perencanaan Biaya)
    Melakukan estimasi biaya yang dibutuhkan dalam melakukan manajamen risiko.

  • Timing (Perencanaan Waktu)
    Mendefinisikan kapan dan seberapa sering proses manajemen risiko akan dilakukan selama project life cycle berlangsung

  • Kategori Risiko
    Mengkategorikan penyebab kemungkinan munculnya risiko. Pada poin inilah pendekatan Risk Breakdown Structure (RBS) diterapkan. RBS dapat membantu untuk mengidentifikasi risiko yang mungkin muncul dari berbagai resource yang ada.

  • Definisi Probabilitas Risiko dan Dampaknya
    Mendefinisikan besaran pasti dari probabilitas terjadinya risiko dan dampak yang diakibatkannya dalam sebuah projek. Contohnya sebuah risiko dapat dikatakan memiliki dampak yang besar jika menyebabkan sebuah projek lebih dari 40 persen biayanya meningkat dari yang telah direncanakan atau output dari project tidak dapat digunakan.

  • Probability and Impact Matrix
    Matriks ini adalah grid untuk pemetaan probabilitas dari tiap terjadinya sebuah risiko dan dampaknya jika memang risiko tersebut terjadi. Risiko akan diprioritaskan berdasarkan besar kecilnya dampak yang disebabkan.

  • Revised Stakeholder Tolerance
    Toleransi dari stakeholder terhadap risiko yang bisa saja berubah juga harus tertuliskan dalam risk management plan.

  • Format Laporan
    Format laporan akan mendefinisikan bagaimana hasil dari proses manajemen risiko akan didokumentasikan, dianalisa, dan dikomunikasikan. Bagian ini menjelaskan isi dan format dari risk register maupun risk report lainnya.

  • Tracking
    Berisi bagaimana risk activities akan disimpan untuk kepentingan dari projek dan bagaimana proses manajemen risiko akan di audit.

Sumber: A Guide to the Project Management Body of Knowledge - 5th Edition