Apakah yang dimaksud dengan lensa sapu jagat?

Lensa kamera adalah sebuah mata dan bagian penting dalam sebuah kamera. Lensa kamera merupakan bagian kamera yang tanpanya fungsi dari sebuah kamera tidak akan terwujud. Apakah yang dimaksud dengan lensa sapu jagat ?

1 Like

Lensa kamera sapu jagat ini dikenal juga dengan sebutan lensa kamera all-around, yang merupakan sebutan untuk lensa kamera yang memiliki focal range dari lebar sampai sempit. Lensa ini juga memiliki focal length dari wide sampai tele. Lensa dengan model seperti ini memiliki variasi harga, ada yang mahal dan ada juga yang murah.

Seorang fotografer yang suka gonta-ganti lensa kamera kadang suka kerepotan dalam aktifitasnya, karena terpaksa membawa banyak lensa tambahan dalam setiap momen yang berbeda. Untuk fotografer yang suka dan hobi travel fotografi, aktifitas menggonta-ganti lensa menjadi kegiatan yang tidak efektif karena tentunya sangat memakan waktu, dan bawaan pun menjadi banyak. Pada umumnya, fotografer yang hobi travel sangat mempertimbangkan fleksibilitas, sedangkan bagi fotografer pemula, kemudahan menjadi hal yang dicari, mereka lebih menginginkan lensa yang bisa digunakan untuk segala jenis kegiatan. Karena itu dilihat dari kacamata yang hobi travel dan tidak suka repot, dan juga dari kacamata pemula, lensa sapu jagat ini menjadi lensa yang paling cocok dan diminati, karena lensa sapu jagat mampu melengkapi kebutuhan para fotografi, sehingga fotografer tidak perlu repot-repot mengganti lensa.

Berikut adalah beberapa kamera yang mengeluarkan berbagai jenis lensa sapu jagat :

  • Canon 18-200 mm f/3.5-5.6 IS
  • Nikon 18-200 mm VR f/3.5-5.6 VR versi II
  • Tamron 18-270 mm f/3.5-6.3 PZD VC Macro
  • Tamron 18-250 mm f/3.5-6.3 Macro
  • Tamron 16-300 mm f/3.5-6.3 VC PZD Di II
  • Sigma 18-200 mm f/3.5-6.3 OS HSM Macro C

Kelebihan lensa sapu jagat:

  • Fleksibel dan ringkas untuk berbagai situasi foto karena tidak perlu gonta-ganti lensa
  • Ekonomis karena cukup memiliki satu lensa ketimbang harus membeli beberapa lensa dengan focal length yang berbeda-beda

Kelemahan lensa saput jagat:

  • Bukan termasuk lensa kelas premium. Sehingga kualitas fisik maupun hasil foto tidak sebaik lensa dengan range focal length yang pendek apalagi bila dibandingkan dengan lensa fix.

Karena lensa sapu jagat ini memiliki jangkauan fokus yang luas, dari lebar sampai panjang. Karena itu lensa ini mampu mengakomodasi semua kebutuhan pemotretan mulai dari potrait, landscape, ataupun tele.