Apakah yang dimaksud dengan Kista Ginjal?

Kista ginjal

Kista ginjal adalah kantong berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Apakah yang menjadi penyebab Kista Ginjal?

Kista Ginjal adalah suatu penyakit keturunan dimana pada kedua ginjal ditemukan suatu kantung tertutup yang dilapisi jaringan epitel dan berisi cairan atau bahan setengah padat. Ginjal menjadi lebih besar tetapi memiliki sedikit jaringan ginjal yang masih berfungsi (Robbins, 1999).

Kista Ginjal adalah suatu penyakit ginjal yang akan ditandai dengan tumbuhnya gelembung-gelembung balon berisi cairan yang dapat merusak ginjal (M. Yusuf, 2009).

Kista Ginjal adalah adanya suatu rongga yang berdinding epitel dan berisi cairan atau material semisolid pada ginjal baik hanya pada satu ginjal maupun pada kedua ginjal, baik korteks maupun pada medulla.


Gambar Kista Ginjal

Etiologi

Penyebab utama dari terjadinya Kista Ginjal sampai saat ini belum diketahui namun terdapat beberapa faktor predisposisi yang menjadi penyebab munculnya penyakit Kista Ginjal. Adapun beberapa faktor tersebut antara lain :

  • Genetik
    Penyakit ginjal bawaan ini bisa saja muncul karena faktor keturunan. Kelainan genetik yang menyebabkan penyakit ini bisa bersifat dominan atau resesif, artinya bisa memiliki 1 gen dominan dari salah satu orang tuanya (autosomal dominant) atau 2 gen resesif dari kedua orang tuanya (autosomal resessive). Penderita yang memiliki gen resesif biasanya baru menunjukkan gejala pada masa dewasa. Penderita yang memiliki gen dominan biasanya menunjukkan penyakit yang berat pada masa kanak-kanak.

  • Usia
    Angka kejadian penyakit Kista Ginjal meningkat sesuai usia. Sekitar 20 pada usia di atas 40 tahun dan 30 pada usia 60 tahun, namun secara umum Kista Ginjal lebih banyak diderita pada usia 30-40 tahun.

  • Jenis Kelamin
    Penyakit Kista Ginjal ini sering ditemukan pada pria dibanding wanita.

Patofisiologi


Banyak teori menjelaskan tentang mekanisme terjadinya Kista Ginjal. Diantara teori-teori tersebut adalah :

  • Terjadi kegagalan proses penyatuan nefron dengan duktus kolekting (saluran pengumpul).

  • Kegagalan involusi dan pembentukkan kista oleh nefron generasi pertama.

  • Defek pada membrane basal tubulus (tubular basement membrane).

  • Obstruksi nefron oleh karena proliferasi epitel papila.

  • Perubahan metabolisme yang merangsang terjadinya kista.

Kedua ginjal menjadi tidak normal, walaupun salah satu mungkin lebih besar daripada yang lain. Didalamnya terdapat kista-kista yang difus, dengan ukuran yang bervariasi antara beberapa 1 cm sampai 10 cm.

Apabila di dalam ginjal seseorang terdapat suatu massa seperti kista yang jika dibiarkan maka kista ini akan menekan ginjal. Secara perlahan ini akan mengakibatkan terjadinya penurunan fungsi ginjal. Untuk mempertahankan homeostasis maka tubuh melakukan suatu kompensasi dengan meningkatkan aktivasi hormon renin yang diubah menjadi angiostensin I yang kemudian diubah menjadi angiostensin II, yaitu senyawa vasokontriktor paling kuat. Vasokonstriksi dapat meningkatkan tekanan darah. Aldosteron disekresikan oleh kortek adrenal sebagai reaksi terhadap stimulasi oleh kelenjar hipofisis dan pelepasan Adeno (ACTH) sebagai reaksi terhadap perfusi yang jelek atau peningkatan osmolalitas serum. Akibatnya terjadi peningkatan tekanan darah.

Selain itu penurunan fungsi ginjal juga berdampak pada terjadinya penimbunan sisa-sisa hasil kemih (azotemia) yang mengakibatkan terjadinya penurunan glomerolus filtrasi rate (GFR), sehingga terjadi peningkatan ureum kreatinin dalam darah. Salah satu organ yang mengalami dampak ini adalah saluran GI, terjadinya gangguan metabolisme protein dalam usus serta asidosis metabolik yang berakhir pada gejala nausea dan anoreksia (Smeltzer, 2001).

Pada kondisi lain edema pada pasien Kista Ginjal disebabkan rendahnya kadar albumin serum yang mengakibatkan rendahnya tekanan osmotik plasma, kemudian akan diikuti peningkatan transudasi cairan dan kapiler ke ruang interstitial sesuai dengan hukum Starling. Akibatnya volume darah yang beredar akan berkurang ( underfilling ) yang selanjutnya mengakibatkan perangsangan sekunder sistem renin-angiostensin-aldosteron yang meretensi natrium dan air pada tubulus distalis. Hipotesis ini menempatkan albumin dan volume plasma berperan penting pada proses terjadinya edema (Aru W. Sudoyo, dkk, 2006).

Jika kista yang tumbuh pada ginjal terutama daerah korteks maka peregangan kapsula renalis sehingga jaringan ginjal membengkak. Hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada daerah pinggang sampai ke bahu.

Manifestasi klinis


Banyak penderita tidak memberikan keluhan tentang penyakit ini (asimptomatik). Kista baru diketahui saat orang tersebut menjalani pemeriksaan USG. Berikut ini akan dijelaskan beberapa gejala yang sering timbul pada penyakit Kista Ginjal antara lain :

  • Nyeri Pinggang
    Nyeri pada area dari ginjal-ginjal dapat disebabkan oleh infeksi kista, perdarahan ke dalam kista-kista, atau peregangan atau penekanan dari jaringan yang berserat disekitar ginjal dengan pertumbuhan kista.

  • Hipertensi
    Terjadi karena iskemi segmental atau adanya obstruksi. Sehingga mengaktifkan hormon renin yang menyebabkan terjadinya vasokontriksi dan berakhir menjadi Hipertensi.

  • Sakit Kepala
    Sakit kepala yang berat disebabkan oleh aneurysms pembuluh-pembuluh darah yang menggelembung di tempat di dalam otak. Sakit kepala juga dapat disebabkan tekanan darah tinggi.

  • Infeksi Saluran Kencing
    Sama halnya batu di saluran kemih, Kista Ginjal juga menyebabkan timbulnya infeksi pada ginjal maupun saluran kencing. Gejala infeksi ini pada umumnya sama seperti demam, diikuti gangguan berkemih. Saat kencing terasa nyeri dan panas, kemudian sering kali merasa ingin kencing, akan tetapi kalau sudah berkemih biasanya tidak bisa lancar, terkadang juga bisa timbul kencing darah (hematuria). Infeksi menahun seperti ini yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

  • Kelelahan
    Hal ini terjadi karena penurunan produksi hormon eritropoiten yang berperan dalam produksi sel darah merah sehingga terjadilah anemia, akibatnya orang yang menderita penyakit kista ginjal mudah sekali mengalami kelelahan.

  • Mual dan anoreksia
    Rasa mual dan anoreksia muncul karena telah terjadi gangguan metabolisme protein dalam usus, selain itu meningkatnya ureum dalam darah menyebabkan terjadinya asidosis metabolik sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung.

  • Penurunan atau peningkatan berat badan
    Penurunan berat badan dapat terjadi karena rasa mual dan anoreksia sehingga intake nutrisi tidak adekuat. Selain itu penurunan fungsi ginjal. juga berdampak pada penumpukan cairan dalam tubuh dan bisa menyebabkan terjadinya oedem pada seluruh tubuh sehingga orang yang menderita kista ginjal juga dapat mengalami peningkatan berat badan.

Komplikasi


Pengalaman penyakit Kista Ginjal pada setiap orang tidaklah sama. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah infeksi. Meskipun sangat jarang, atau kadang-kadang terjadi perdarahan di kista. Apabila kista menekan atau menjepit ureter dapat terjadi Hidronefrosis, dan dapat berlanjut menjadi Pyelonefrosis akibat statis urine.

Kadang jumlah kista relatif banyak dan kadang terletak di piala ginjal (daerah sentral), maka bisa mengganggu fungsi eksresi (pengeluaran bahan) ginjal. Akhirnya, penderita mengalami Gagal Ginjal Kronik.

Tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih berat lagi dan mempercepat perkembangan kista. Komplikasi akibat darah tinggi yang lama dapat mengganggu otak dan jantung. Jika ternyata ditemukan pula ada kelainan pembuluh darah otak (aneurysma), yang mana sewaktu-waktu pembuluh darah otak yang berkelainan tersebut bisa pecah dan terjadilah perdarahan otak. Demikian pula dengan kelainan terbentuknya kantung pada dinding usus (diurticulosis) juga bisa bermasalah.

Penatalaksanaan


Penatalaksanaan kasus ini adalah konservatif, dengan evaluasi rutin menggunakan USG. Apabila kista sedemikian besar, sehingga menimbulkan rasa nyeri atau muncul obstruksi, dapat dilakukan tindakan bedah. Sementara ada kepustakaan yang menyatakan bahwa Kista Ginjal yang besar merupakan indikasi operasi, karena beberapa kista yang demikian cenderung mengandung keganasan. Tindakan bedah yang dapat dilakukan pada kista adalah aspirasi percutan.

Bedah terbuka

  1. Eksisi

  2. Eksisi dengan cauterisasi segmen yang menempel ke parenkim.

  3. Drainase dengan eksisi seluruh segmen eksternal kista.

  4. Heminefrektomi

Laparoskopi

Pada tindakan aspirasi percutan harus diingat bahwa kista merupakan suatu kantung tertutup dan avaskuler, sehingga teknik aspirasi harus betul-betul steril, dan perlu pemberian antibiotik profilaksis. Karena apabila ada kuman yang masuk dapat menimbulkan abses. Seringkali kista muncul lagi setelah dilakukan aspirasi, meskipun ukurannya tidak sebesar awalnya.

Pemeriksaan Laboratorium


Pemeriksaan laboratorium dapat mendukung dalam menegakkan diagnosa terutama pada pemeriksaan foto polos abdomen, mungkin terlihat suatu bayangan massa yang menumpuk dengan bayangan ginjal.

Apabila beberapa kriteria tidak didapatkan, misalnya ditemukan adanya septa, dinding yang ireguler, kalsifikasi atau adanya area yang meragukan, perlu pemeriksaan lanjutan Computer Tomografi Scaning (CT-Scan), Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau aspirasi pemeriksaan CT-Scan pada Kista Ginjal sangat akurat.

Pada pemeriksaan lain juga akan ditemukan suatu kondisi dimana laju endap darah akan meninggi dan kadang-kadang juga ditemukan hematuria. Bila kedua kelainan labolatorium ini ditemukan, maka prognosis diagnosa buruk. Pemeriksaan pielografi intravena dapat memperlihatkan gambaran distori, penekanan dan pemanjangan susunan pelvis dan kalises. Dari pemeriksaan renoarteriogram didapatkan gambaran arteri yang memasuki masa tumor. Foto thoraks dibuat untuk mencari metastasi kedalam paru-paru (Japaries,willie,1995).