Apakah yang dimaksud dengan gesper?

Istilah ini mungkin sering terdengar ditelinga kita, tetapi kita juga bingung apakah yang dimaksud dengan gesper pada sabuk? Apakah namanya benar gesper atau hanya istilah saja?

unnamed
Gesper menurut dari KBBI adalah gelangan besi dan sebagainya yang berlidah untuk menghubungkan (mengikatkan) ujung ikat pinggang dan sebagainya. Sesuai dengan pengertian nya, gesper biasa dipasang untuk mengikat kan kedua ujung dari sabuk yang kita gunakan.

Biasanya gesper adalah tempat bagi perusahaan yang memproduksi sabuk tersebut untuk meletakkan nama brandnya. Tetapi juga tidak sedikit yang ingin menampilkan kesan simpel dan bersih sehingga bentuk gespernya tidak menunjukkan brand perusahaan nya. Bahan dari gesper ini sendiri bisa terbuat dari besi ataupun bahan plastik. Warnanya pun akan menyesuaikan warna dari sabuk itu sendiri.

Jika anda ingin menggunakan sabuk untuk meningkatkan kualitas dari fashion anda, ukuran gesper ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Ukuran gesper yang terlalu besar ataupun nama brand yang terlalu mencolok akan mengganggu penampilan anda.

Sumber: