Apakah yang dimaksud dengan Biseksual atau Bisexuality?

Dari sekian banyak orientasi seksual yang ada, salah satu seksual yang ada, salah satu orientasi yang sering disalah pahami. Kelainan seperti apakah itu biseksual?

Biseksual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama kuat pada laki-laki dan perempuan, baik secara emosional, romantis, intelektual, dan/ atau seksual. Ketertarikan ini bisa terjadi pada dua orang di saat yang bersamaan atau satu orang dan lainnya berlainan waktu.

Begini, sederhananya kalau Anda adalah seorang pria heteroseksual, Anda tentu akan mendapatkan kepuasan batin dan seksual dengan pasangan perempuan. Sementara itu, seorang pria biseksual akan mendapatkan kepuasan batin dan seksual baik dengan laki-laki maupun perempuan.

Menurut Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPGDJ) edisi kelima, biseksual tidak termasuk gangguan jiwa. Suatu kondisi psikis bisa dikatakan gangguan jiwa bila sudah terus-terusan mengganggu suasana hati, kemampuan berpikir, serta perilaku seseorang sampai ia tidak bisa menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Sedangkan orang biseksual memiliki suasana hati, kemampuan berpikir, dan perilaku yang normal layaknya seorang heteroseksual. Tidak ada perbedaan dalam hal mood, kompetensi kerja atau belajar, dan emosi. Orang biseksual juga tidak terganggu sama sekali dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Seperti halnya orang heteroseksual tidak terganggu untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari karena orientasi seksual Anda adalah dengan lawan jenis, misalnya.

Sumber : Bisexuality

Biseksual secara kebahasaan terdiri dari kata “bi” yang artinya dua sedangkan “seksual” bermakna persetubuan antara laki-laki dan perempuan. Sehingga dapat disimpulkan secara Bahasa, bahwa Biseksual adalah orang yang tertarik kepada kedua jenis kelamin yaitu baik laki-laki ataupun perempuan.

Seorang remaja pada masa perkembangannya terkadang mengalami fase kebingungan apakah dia tertarik pada orang yang berlainan gender (heteroseksual) atau tertarik pada orang yang memiliki gender yang sama (homoseksual) bahkan beberapa mengalami ketertarikan pada semua gender (biseksual).

Seorang pelaku biasanya menjalin hubungan asmara dalam kurun waktu tertentu dengan seseorang dari gender yang sama kemudian di waktu yang berlainan pelaku biseksual akan menjalin hubungan yang serius dengan seseorang dari gender yang berbeda. Maka orang seperti ini bisa dikategorikan sebagai pelaku biseksual.