Apakah yang dimaksud dengan beriman kepada Allah SWT?

akhlak
takwa

(Dina) #1

Salah satu ciri orang yang bertakwa adalah beriman kepada Allah SWT.

Iman adalah membenarkan dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan memperbuat dengan badan (beramal).

Beriman kepada Allah SWT adalah ;

  1.  Membenarkan dengan yakin akan adanya Allah SWT;
    
  2.  Membenarkan dengan yakin akan keesaan-Nya, baik dalam perbuatan-Nya menciptakan alam makhluk seluruhnya, maupun dalam menerima ibadat segenap makhluk-Nya;
    
  3.  Membenarkan dengan yakin, bahwa Allah SWT bersifat dengan segala sifat sempurna, suci dari segala sifat kekurangan dan suci pula dari menyerupai segala yang baharu (makhluk).
    

Pada hakekatnya kepercayaan atau iman kepada Allah SWT sudah dimilki manusia sejak lahir, bahkan manusia telah menyatakan keimanannya kepada Allah SWT ketika berada di alam arwah. Allah SWT berfirman :

“Dan ingatlah ketika TuhanMu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) : “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab : “Betul Engkau Tuhan kami, kami bersaksi.” (QS. Al-A’raf : 172).

Dzat Allah SWT adalah sesuatu yang ghaib sehingga akal manusia tidak mungkin dapat memikirkan dzat Allah SWT. Ketika Rasulallah SAW mendapat kabar tentang adanya sekelompok orang yang berusaha memikirkan dan mencari hakekat dari dzat Allah SWT, maka Rasulallah SAW melarang mereka melakukan hal itu. Rasulallah SAW bersabda :

“ Dari Ibnu Abbas RA, diceritakan bahwa ada suatu kaum yang memikirkan tentang (hakekat) dzat Allah Azza Wajalla, maka Nabi bersabda : “Pikirkanlah tentang ciptaan Allah dan janganlah kamu memikirkan (hakekat) dzat Allah.” (HR. Abu Asy-Syaikh).

Sebagai perwujudan dari keyakinan akan adanya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa adalah dengan pengabdian kita dalam bentuk peribadatan, kepatuhan dan ketaatan secara mutlak serta tidak menghambakan diri kepada selain Allah SWT dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu yang lain.


Apakah yang dimaksud dengan Takwa dan apa maknanya?