Apakah yang dimaksud dengan Analisis MOST dalam Business Analysis?

Analisis bisnis adalah teknik yang digunakan untuk menjadi penghubung antara stakeholder dalam memahami berbagai hal terkait struktur, kebijakan, dan operasi organisasi dan untuk dapat memberikan solusi yang memungkinkan supaya organisasi mencapai tujuannya. Analisis bisnis memahami bagaimana organisasi berjalan untuk mencapai tujuannya dan mendefinisikan kualitas organisasi dalam menyediakan produk dan layanan kepada stakeholder eksternal.

Ada beberapa teknik analisis bisnis yang dapat digunakan dalam memfasilitasi perubahan bisnis. Beberapa teknik tersebut adalah PESTLE, Heptalysis, STEER, MOST, SCOT, CATWOE, de Bono’s Six Thinking Hats, Five Whys, MoSCoW, VPEC-T, dan SCRS.

MOST Analysis adalah teknik analisis yang sangat terstruktur untuk menyediakan target kepada anggota tim di setiap tingkat organisasi dalam perencanaan strategis dan pengembangan strategi. Bekerja dari atas ke bawah, memastikan apakah organisasi fokus pada tujuan utama mereka. MOST Analysis ini dapat menciptakan komunikasi antara anggota pada tim yang sama dengan berdiskusi pada setiap tahapnya dalam membuat strategi untuk mencapai tingkat berikutnya pada target yang ingin dicapai. Dalam perannya, MOST Analysis ini membantu organisasi menggali misi sampai ke detailnya yaitu taktik dengan cara mengajukan pertanyaan. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa hubungan misi sampai taktik tersebut logis. Analisis ini dapat diterapkan pada berbagai bidang bisnis, seperti penjualan dan pemasaran.

MOST Analysis ini terdiri dari 4 atribut, yaitu: 1. Mission (Misi)

Misi merupakan tujuan utama yang bersifat umum yang ingin dicapai oleh organisasi. Setiap organisasi pasti memiliki misi yang berbeda. Misi yang baik harus ambisius karena penting bagi kesuksesan bisnis ke depannya. Setelah misi ditetapkan, tujuan dapat dilakukan. Misi harus ditinjau ketika telah berhasil atau ditemukan kekurangan.
2. Objectives (Tujuan) Setiap tujuan harus berkontribusi untuk kesuksesan misi dan mendorong proses strategi. Dengan tercapainya tujuan, maka akan memudahkan pula misi dapat tercapai. Tujuan harus Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timely (S.M.A.R.T.), jika tidak seperti itu maka tujuan akan menjadi abu-abu dan sulit diterapkan.
3. Strategies (Strategi) Strategi adalah pilihan-pilihan yang mungkin dilakukan untuk mencapai tujuan. Strategi ini memberi keputusan untuk apa yang akan dilakukan dan bagaimana dapat dilakukan. Cukup kompleks, karena melibatkan banyak taktik dalam pencapaiannya menuju tujuan organisasi.
4. Tactics (Taktik) Taktik ini merupakan metode yang akan digunakan untuk melaksanakan strategi. Taktik yang baik harus simpel dan efektif, tidak kompleks. Dengan begitu, tahap strategi akan cepat dilewati sehingga tujuan bisa cepat selesai. Taktik mudah untuk dipahami dan dilakukan bahkan oleh orang-orang yang tidak memiliki gambaran besar dari MOST Analysis.

[details=Referensi]http://www.strategyconsultingltd.com/business-consulting/m-o-s-t-analysis-explained/
http://www.free-management-ebooks.com/news/most-analysis-mission-objectives-strategy-tactics/
https://www.focus-on-training.co.uk/business-analysis-resources/what-is-most-analysis/
https://en.wikipedia.org/wiki/Business_analysis#SCOT[/details]

saat kita akan membuat start up apakah MOST analysis ini dapat menjadi pilihan utama untuk menganalisis bisnis model kita?dalam membuat taktik dan strategi perlukah kita membuat berapa lama jangka waktu taktik dan strategi ini akan dapat efektif bekerja?karena kita ketahui bisnis terutama bisnis teknologi berkembang sangat pesat sehingga terkadang beberapa strategi dan taktik yang lama belum tentu dapat menjadi pilihan

1 Like

Apa itu MOST Analysis

Dalam bisnis tentunya terdapat goal dan tujuan yang ingin dicapai. Seperti pada bisnis profit yang tentunya mengininkan pencapaian keuntungan sebesar-besarnya, atau usaha non-profit yang memiliki tujuan lain. Tujuan dan target yang ingin dicapai dituangkan ke dalam business plan. Business plan yang baik tentunya menentukan tingkat kesuskesan usaha / bisnis yang dijalankan. Namun tidak jarang dalam implementasi dan berjalannya bisnis, rencana dan target awal yang telah ditentukan menjadi terlupakan dan tertutupi oleh kegiatan bisnis sehari hari. Disinilah peran dari MOST analysis. MOST analysis menyediakan cara untuk mencapai tujuan tersebut secara terstruktur dengan cara memberikan arahan dan fokus secara tersetruktur dari level atas ke bawah yang bersifat umum sampai ke khusus. Memecah goals / target menjadi kegiatan dan activity yang dapat dilakukan sehari-hari. MOST analysis terdiri dari :

  • Mission

  • Objective

  • Strategy

  • Tactics

Mission

Mission atau misi berupakan tujuan umum yang ingin dicapai dalam bisnis. Bisnis yang berbeda tentunya memiliki misi (tujuan) yang berbeda beda, terutama usaha yang berjenis non-profit. Namun tidak berarti semua bisnis profit mengininkan keuntungan sebesar besarnya, karena terdapat beberapa kondisi dimana keuntungan dikorbankan demi memiliki pasar yang luas. Misi yang baik harus bersifat ambisius namum harus dapat dicapai. Misi juga harus didefinisikan sesuai dengan tujuan dan arah yang diinginkan untuk bisnis kedepannya, karena misi merupakan alasan kenapa bisnis ada dan apa yang ingin dicapai. Misi harus didefinisikan secara jela dan spesifik. Semakin spesifik misi maka semakin mudah untuk mendefinisikan poin-poin berikutnya pada MOST analysis.

Objective

Objective atau objektif merupakan target target kecil yang merupakan bagian dari misi yang berada pada level abstraksi yang lebih rendah. Gabungan objektif harus mendukung tercapainya misi. Dalam menyusun objektif hal yang harus diperhatikan adalah Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timely (SMART). dengan memperhatikan aspek SMART tersebut maka objektif yang telah ditentukan akan menjadi jelas (tidak ambigu) dan mudah untuk dicapai. Konsep timely juga harus diperhatikan karena objektif harus dapat dicapai dalam waktu yang telah ditentukan. Jika terdapat objektif yang tidak mendukung misi maka objektif tersebut harus di-review dan ditinjau kembali.

Strategy

Strategy atau strategi merupakan cara-cara yang dapat digunakan untuk mencapai objektif. Strategi dituliskan sebagai pilihan pilihan yang mungkin dilakukan untuk mencapai objektif guna merealisasikan misi. Strategi merupakan gambaran detil mengenai implementasi. Dalam MOST analysis strategi dituliskan dalam list mengenai bagaimana cara dan detil implementasi terkait objektif yang menjadi fokus.

Tactics

Tactics atau taktik merupakan metiode yang digunakan untuk melaksanakan strategi. Taktik harus bersifat detil dan spesifik karena taktik akan menjadi arahan untuk menjalankan aktifitas sehari hari. Taktik harus dituliskan secara sederhana dan mudah dipahami sehingga orang dapat dengan mudah memahami apa yang harus dilakukan bahkan jika tidak memahami MOST analysis pada level diatas taktik. Taktik yang baik juga harus mengikuti konsep SMART. Jika taktik tidak mendukung pencapaian misi, maka taktik harus ditinjau kembali.

Referensi