Apakah uang dapat menyebarkan penyakit?

Uang

Uang adalah nilai tukar yang sah yang terdapat di seluruh negara di dunia, perputaran uang sangatlah cepat dari tangan orang ke orang lain. Apakah benar jika uang menjadi sumber penyakit ?

Bukti penelitian menyatakan uang sumber penyebaran penyakit

Uang dikatakan sebagai salah satu media penyebaran penyakit memang benar adanya. Bukan sekadar mengada-ada ataupun menakut-nakuti. Berikut adalah beberapa penelitian yang menyatakan uang cash termasuk barang kotor yang penuh kuman atau bakteri penyakit.

  1. Sebuah penelitian di Regional Sophisticated Instrumentation Center (RSIC), India, menemukan kuman yang dapat menyebabkan TBC, meningitis, radang amandel, tukak lambung, infeksi tenggorokan, infeksi saluran genital, dll.
  2. The Centers for Disease Control (CDC), Amerika Serikat, memperkirakan bahwa 36.000 orang Amerika meninggal setiap tahun diakibatkan flu. Sepuluh persen dari mereka menerima bakteri flu dari uang kertas.
  3. Sebuah studi penelitian tentang USA riwayat mata uang oleh Forensic Science International melaporkan bahwa 92% dari catatan memiliki jejak kokain yang merupakan sumber untuk hepatitis C.
  4. Hasil penelitian dari jurnal internasional klinik gigi pada catatan mata uang: Peneliti mengumpulkan lima denominasi uang rupee. Denominasi tersebut adalah Rs.5, Rs.10, Rs.20, Rs.50, dan Rs.100. Uang-uang ini didapat dari pasar sayur, perumahan, toko-toko, pengemis, bank, pom bensin, pembuat sepatu, dll.
  5. Hasil studi menemukan bahwa 100% dari uang itu terkontaminasi dengan berbagai mikroorganisme bahaya bagi kesehatan. Seperti escherichia coli, staphylococcus aureus, salmonella enteritidis, proteus, dll.

Bakteri-bakteri yang dapat ditemukan pada uang kertas

  • Escherichia coli: menyebabkan diare, kram perut, mual, muntah, anemia, infeksi urin, dan gagal ginjal.
  • Salmonella enteritidis: menyebabkan salmonella dengan gejala diare, kram perut, demam, muntah, dll.
  • Streptococcus: menyebabkan infeksi ringan seperti pada tenggorokan dan kulit.
  • Staphylococcus aureus: menyebabkan infeksi kulit ringan, jerawat, bisul, abses, dll.

Bakteri tersebut bila masuk ke dalam tubuh dapat Menyebabkan penyakit lebih serius. Di antaranya:

  1. Meningitis, pada otak
  2. Osteomyelitis, pada sum-sum tulang
  3. Pneumonia, pada paru-paru
  4. Septic arthritis, pada sendi
  5. Endokarditis, pada katup jantung, dan
  6. Sindrom syok toksik (TSS).

Sumber : Uang sumber penyakit