Apakah tomat termasuk buah atau sayur?

Tomat

Tomat itu buah atau sayur? Tiap negara mempunyai pendapat yang berbeda apakah tomat itu buah atau sayur. Bagaimana pendapatmu ?

Definisi buah dan sayur
Menurut para ilmuwan, buah adalah bagian dari tanaman yang mempunyai biji di dalamnya. Kalau menurut para ahli kuliner, buah adalah bagian dari tanaman yang dapat dimakan dan rasanya manis.
Sedangkan sayur, menurut para ahli kuliner, adalah bagian dari tanaman yang bisa dimakan dan rasanya gurih. Sayuran bisa berbentuk daun (bayam), batang (seledri), akar (wortel), dan bunga (brokoli). Para ilmuwan tidak memiliki definisi untuk sayur.

Dari definisi buah dan sayur, bisa disimpulkan sebenarnya tomat itu apa. Tapi ternyata para ilmuwan dan pakar kuliner tetap berbeda pendapat. Menurut para ilmuwan, tomat adalah buah karena mempunyai biji di dalamnya. Namun menurut para pakar kuliner, tomat adalah sayur karena rasanya yang lebih gurih daripada manis.
Pada 1893, pertanyaan ini bahkan sampai dibawa ke Mahkamah Agung Amerika Serikat. Pengadilan ini menyidangkan kasus Nix melawan Hedden yang berhubungan dengan tomat itu buah atau sayur. Menurut hasil persidangan ini, tomat adalah sayur karena dilihat dari kebiasaan memasak. Alasannya, tomat lebih sering dimasak bersama ikan dan daging.

Bukan satu-satunya buah yang jadi sayur
Ternyata tomat bukan satu-satunya buah yang diperlakukan sebagai sayur. Terong, mentimun, paprika, dan labu juga merupakan contoh buah yang dianggap sebagai sayur. Tak penting tomat itu buah atau sayur. Hal yang terpenting adalah tomat tetap bergizi untuk tubuh manusia. Tapi menurutmu tomat itu buah atau sayur sih?

sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170615195937-262-222091/tomat-sayur-atau-buah-perdebatan-abadi-yang-kini-terjawab