Apakah ‘Term of Service’ Bisa Membebaskan Penyedia Layanan dari Hukum?

56876_75838_hakim

Saya mau tanya sebuah kasus yang dialami jika seorang yang membuat fasilitas website layanan sms gratis disalahgunakan oleh pengguna (untuk melakukan teror, ancaman, sms spam dll), dan bagaimana dampak hukum bagi penyedia jika pengguna menyalahgunakan layanan tersebut? Apakah penyedia layanan bisa dijerat dengan hukum jika term of service telah dicantumkan di web?

Konten komunikasi teks bersifat privat dan tidak wajib di-filter atau dimoderasi oleh penyedia layanan. Terkecuali pengguna SMS gratis memanfaatkannya untuk pengiriman SMS massal atau spamming yang dapat mengganggu kinerja layanan, maka filter/moderasi dapat diterapkan. Meskipun penyedia layanan tidak melakukan filter/moderasi, menurut pendapat kami, penyedia layanan tidak dapat dimintai tanggung jawab secara pidana terhadap konten komunikasi yang dikirim karena filter/moderasi tanpa alasan yang tepat dapat dianggap melanggar privasi pengguna.

Jadi dalam kasus penyediaan layanan SMS gratis, penyedia layanan tidak dapat dimintai pertanggungjawaban secara pidana jika ternyata konten yang terkirim dalam layanannya berkaitan dengan suatu tindak pidana. Namun jika layanan tersebut mengakibatkan kerugian secara perdata, misalkan penggunaan layanan untuk pengiriman spam dan terbukti merugikan pihak lain serta tidak ada upaya dari penyelenggara SMS gratis untuk mengatasinya, penyelenggara tetap dapat digugat.

Kemudian mengenai Term of Service (“ToS”), dalam konteks pidana, isi ToS yang berisi pelepasan tanggung jawab pidana dapat saja diabaikan berdasarkan teori dolus eventualis (sadar akan kemungkinan). Konkretnya adalah, pemilik sebuah layanan tidak dapat mengelak untuk dimintai pertanggungjawaban hukum jika pemilik dapat memprediksi layanannya digunakan secara langsung untuk perbuatan pidana atau layanannya semata-mata dibuat untuk memfasilitasi tindak pidana. Tapi, itu semua tergantung case by case. Tidak bisa semua kasus diperlakukan sama.

sumber: www.hukumonline.com