Apakah swasembada pangan sama dengan ketahanan pangan?

Saya sering mendengar kedua istilah ini dan masih belum bisa membedakannya. Apakah swasembada pangan sama dengan ketahanan pangan atau berbeda?

Halo kak, swasembada pangan berbeda dengan ketahanan pangan. Menurut Darsono (2012) swasembada pangan adalah terpenuhinya kebutuhan pangan baik jumlah maupun mutunya secara merata dengan harga yang terjangkau. Swasembada pangan hanya bergantung kepada sumberdaya yang dimilikinya. Sedangkan ketahanan pangan menurut Darsono (2012) adalah terjaminnya akses pangan bagi setiap individu untuk memenuhi kebutuhannya. Saat suatu negara mencapai swasembada pangan, masih dapat ditemukan masyarakatnya yang tidak terpenuhi kebutuhannya akan pangan karena hambatan akses dan distribusi pangan (Stevens et al., 2000). Contoh negara yang berhasil mencapai ketahanan pangan tanpa bergantung pada swasembada adalah Malaysia. Malaysia Strategi pangan nasional Malaysia adalah 60% swasembada dan 40% dari impor.

1 Like

Beda…
:small_blue_diamond:SWASEMBADA PANGAN** umumnya merupakan capaian peningkatan ketersediaan pangan dengan wilayah nasional, sedangkan
:small_blue_diamond:KETAHANAN PANGAN** lebih mengutamakan akses setiap individu untuk memperoleh pangan yang bergizi untuk sehat dan produktif.

1 Like