Apakah susunan Gigi dapat mempengaruhi bentuk Wajah ?

ortodonsia
kawat_gigi

(Hana Attaumi) #1

Penggunaan kawat gigi biasanya digunakan untuk memperbaiki susunan gigi yang dirasa tidak baik. Lalu, apakah susunan Gigi dapat mempengaruhi bentuk Wajah ?


(Ayana Nataniya) #2

Untuk mendapatkan bentuk wajah yang sempurna, tindakan yang harus Anda lakukan adalah menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Ini karena susunan yang harmonis antar gigi maupun rahang atas dan bawah akan memberikan efek pada bentuk wajah. Dimensi vertikal dari susunan tersebut juga turut berperan dalam menentukan ekspresi wajah.

Contohnya, bila seseorang tidak memiliki gigi, maka wajahnya akan membentuk ekspresi sedih akibat sudut bibir yang cenderung membentuk lipatan. Sebaliknya, bila seseorang memiliki gigi yang panjang, tinggi atau tidak tertata dengan rapi, maka wajahnya cenderung akan membentuk ekspresi tegang.

Susunan gigi dan bentuk rahang yang turut memengaruhi bentuk wajah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya maloklusi, ukuran gigi, rasio rahang bawah dan rahang atas, bentuk kepala, otot di sekitar mulut, profil skeletal dan kebiasaan sehari-hari. Jika Anda secara kebetulan memiliki masalah tersebut dan ingin memperbaiki keadaan, maka tindakan yang dapat dijadikan sebagai solusinya adalah perawatan ortodonti.