Apakah Sosial Media mempunyai pengaruh yang buruk bagi generasi muda di indonesia ?

image

  • Agree
  • Not Agree

0 pemilih

Pada masa modern ini, hidup kita sudah tidak lepas dari yang namanya teknologi. Sosial media merupakan salah satu teknologi yang berperan penting kehidupan sekarang ini.

Apakah kalian setuju bahwa social media mempunyai pengaruh yang buruk bagi generasi muda di Indonesia ?

3 Likes

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Saya tidak setuju bahwa social media mempunyai pengaruh buruk, sebab itu tergantung seberapa pengguna tersebut dapat menggunakan social media tersebut dengan bijak. sebab social media itu bias menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan opini serta ide idenya. dan dari social media juga Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.mengakses informasi tentang segala hal yang baru.

Source : http://au.professionals.reachout.com/benefits-of-internet-and-social-media

:white_check_mark: Agree

grafik di atas menunjukkan pengguna harian media sosial di kalangan remaja. dari grafik tersebut, dapat kita ketahui bahwa terdapat lebih dari 50% pengguna media sosial remaja yang menggunakan media sosial tiap harinya. grafik tersebut dapat menggambarkan salah satu pengaruh buruk dalam sosial media yaitu kemudahan dalam berkomunikasi. Semakin mudahnya pengaksesan sosial media pada masa ini, membawa dampak yang buruk bagi generasi muda zaman sekarang. contohnya adalah kemudahan berkomunikasi dalam sosial media yang dapat membuat orang lupa akan dunia luar. mereka akan berpikir bahwa berkomunikasi melalui sosial media lebih mudah dan lebih praktis sehingga mereka lebih memilih sosial media dibandingkan berhadapan langsung dengan dunia luar.

Source : http://www.speechprosody2012.org/academic-essay-sample-social-network-impact-on-youth.asp

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Tidak setuju, karena sosial media tidak hanya mempunyai pengaruh buruk tapi juga mempunyai pengaruh baik bagi generasi muda di Indonesia, sebagai berikut :

1). jaringan sosial bisa membantu bisnis dalam berbagai macam cara. Untuk pemasaran seperti radio, iklan tv, dan iklan cetak sudah benar-benar usang sekarang dan menuntut untuk ribuan dolar. Tapi, dengan adanya media sosial bisnis sudah bisa terhubung secara gratis ke pelanggan. Anda dapat menurunkan biaya pemasaran anda ke tingkat yang signifikan dengan melalui Facebook, Twitter, Linkedln atau situs media sosial lainnya.
2). Peningkatan popularitas situs sosial telah mendapatkan banyak perhatian sebagai salah satu pilihan untuk berkomunikasi, adapun yang paling layak untuk para blogger, penulis dan pencipta konten.
3). Jejaring sosial juga telah membuka kesempatan bagi semua penulis dan blogger.
4). Jaringan sosial telah menghapus semua hambatan komunikasi dan interaksi. mahasiswa dapat berbagi dan berkomunikasi dengan orang berpikiran tentang topik tertentu.
5). Hal ini juga sangat berdampak untuk menyatukan orang-orang, dan sangat penting untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat

Source : https://www.linkedin.com/pulse/positive-negative-effects-social-media-society-ali-kingston

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Bagaimana sosial media benar- benar mempengaruhi kehidupan kita dan masyarakat pada umumnya? pendapat saya, media sosial memiliki dampak positif. Saya tidak setuju jika sosial media dikatakan mempunyai pengaruh buruk bagi generasi muda di Indonesia, karena disamping itu sosial media juga memiliki pengaruh baik. Saa sepenuhnya mendukung melebarnya sosial media di dunia dan memudahkan kita untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Dimana hal ini telah pasti membuat kita lebih dekat ke bagian lain dari dunia.
Karena hal ini bebas, saya juga dapat berbagi tentang elemen kehidupan, seperti foto-foto diri kita sendiri dan orang-orang yang ada dalam kehidupan kita sendiri. Mereka dapat merasakannya, seperti menjadi bagian dari dunianya sendiri, walaupun jarak yang membuat mereka terpisah.
Sosial media telah memungkinkan bagi individu bagi individu yang berfikiran sama untuk membahas topik penting memperluas pengetahuan pribadi mereka dan menemukan hal-hal baru yang sebelumnya mereka tidak ketahui. Contohnya remaja di seluruh dunia sekarang telah terlibat dalam politik negara, pemilihan Presiden di AS adalah bukti dari itu, dan ini juga membuktikan bahwa sosial media telah memberikan konstribusi untuk peningkatan dalam skala besar.
Situs seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Ask.fm, YouTube, SnapChat, Line, Bbm dan lain-lain sangat efektif untuk menyebarkan kata dan mendapatkan dukungan secara tidak langsung.
Tidak ada keraguan untuk mengatakan sosial media mempunyai pengaruh buruk bagi generasi muda di Indonesia, apalagi untuk tidak mencintai sosial media :slight_smile:

Source : http://www.seochat.com/c/a/social/social-media-and-society-the-good-the-bad-and-the-ugly/

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Seperti yang kita ketahui sendiri, sosial media telah berkembang pesat sejak tahun 2006 khususnya untuk situs Facebook dan Twitter, menangkap jutaan pengguna hanya dalam beberapa tahun, tingkat pertumbuhan tiba-tiba sangat tinggi dan ini telah membawa keuntungan bagi masyarakat.

Namun, kita juga telah ketahui bahwa hal itu juga mempengaruhi masyarakat dalam cara yang negatif, dapat di gunakan dalam hal baik dan buruk. Tapi itu semua tetap pada penggunaan untuk menyelesaikan sesuatu secara positif dengan menggunakan sosial media.

Adapun 5 keuntungan sosial media untuk masyarakat :

  1. Konektivitas
    keuntungan dari sosial media adalah konektivitas. semua orang di dunia dapat terhubung dengan siapa pun dan dari mana pun. Anda dapat terhubung dengan siapa pun untuk belajar dan berbagi pemikiran, itulah keindahan sosial media.

  2. Pendidikan
    Dalam hal pendidikan, sosial media memilki banyak manfaat bagi siswa dan guru, karena sangat mudah untuk mendidik dari orang lain yang lebih ahli dan profesional melalui sosial media. Terlepas dari lokasi dan latar belakang pendidikan Anda, Anda dapat mendidik diri sendiri tanpa membayar untuk itu

  3. Bantuan
    Disini anda dapat berbagi masalah-masalah yang anda dapatkan untuk mendapatkan berbagai macam bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  4. Informasi dan Update
    Keuntungan utama dari sosial media adalah bahwa anda bisa mengetahui atau memperbarui diri anda dengan kejadian-kejadian terbaru yang ada di seluruh dunia. sebagai contoh kecilnya televisi ini tidak menyampaikan informasi atau pesan yang sebenarnya, tapi dengan bantuan sosial media anda bisa mengetahui apa saja fakta-fakta dari informasi yang disampaikan tadi dengan melakukan penelitian.

  5. Kesadaran
    Ini adalah sosial media yang telah menemukan barang baru dan inovatif yang dapat meningkatkan kehidupan pribadi, juga menciptakan kesadaran dan berinovasi cara hidup manusia. Jadi, setiap individu masyarakat bisa mendapatkan keuntungan dari sosial media dan faktor kesadarannya.

Di atas adalah sebagian kecil keuntungan dari sosial media untuk masyarakat. Ini juga adalah cara untuk memutuskan masuk di sosial media.

Source : https://www.techmaish.com/advantages-and-disadvantages-of-social-media-for-society/

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Dalam dunia yang modern ini kita sudah merasa teknologi merupakan bagian terpenting dari hidup kita. khususnya social media. social media memang tidak diperuntukan bagi semua umur, namun bagi remaja social media sudah menjadi kewajiban untuk memilikinya. Saya tidak setuju jika kemudahan berkomunikasi merupakan salah satu faktor yang buruk, sebab dari kemudahan berkomunikasi kita bisa mendapatkan beberapa hal yang positif. contohnya :

  1. TEMAN
    Dengan adanya social media, kita bisa mendapatkan teman yang lebih banyak. jadi tidak hanya memiliki teman di sekitar rumah kita atau sekedar di sekolah / tempat les. dengan social media kita dapat berteman dengan siapa saja. ada yang bilang bahwa social media itu mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. saya sebenarnya tidak setuju dengan hal itu, sebab dengan kemudahan berkomunikasi yang ditawarkan social media, justru kita bisa tetap dekat dengan teman yang dari dulu sudah dekat dengan kita, kita bisa tetap hangout dengan teman kita. namun jika dulu kita mengajak teman kita untuk main dengan cara mendatangi rumahnya, sekarang kita bisa melalui social media untuk mengajak teman dekat kita hangout. jadi gunanya social media disini hanya mempermudah kita berinteraksi dengan teman dekat/teman jauh kita.

  2. EMPATI DAN SIMPATI
    Sejak adanya Sosial media, masing masing dari kita pasti pernah bercerita tentang diri kita atau bercerita tentang apa yang kita rasakan di sosial media.keluh kesah, problem yang sedang kita alami. dimana hal itu memang sangat natural bagi kita. dengan seperti itu kita berharap bahwa akan ada orang yang peduli dengan kita, nah dari hal ini kita bisa melatih perasaan empati dan simpati kita terhadap orang lain. kita bisa saling cerita tentang keluh kesah masing2, mencari jalan keluar dari masalah yang teman kita sedang hadapi.

SUMBER : http://www.makeuseof.com/tag/positive-impact-social-networking-sites-society-opinion/

Pengaruh yang ditimbulkan media massa berdasarkan teori kontemporer

Pada saat ini Pengaruh media terhadap masyarakat telah menumbuhkan pembaharuan yang cepat dalam masyarakat. Pembaharuan yang berwujud perubahan ada yang ke arah negatif dan ada yang ke arah positif. Pengaruh media tersebut berkaitan dengan aspek-aspek lain seperti sifat komunikator, serta tanggapan dari masyarakat.

Sadar atau tidak sadar masyarakat sering dipengaruhi oleh media massa, misalnya media membujuk untuk menggunakan suatu produk tertentu ataupun secara tidak langsung membujuk untuk mendukung ideologi politik tertentu maupun partai tertentu. dengan hal itulah, ada beberapa teori kontemporer yang berkaitan dengan pengaruh komunikasi massa yang digolongkan dalam empat bagian, yaitu:

  1. Teori perbedaan Individu
    Menurut teori ini terdapat kecendrungan baru dalam pembentukan watak sesorang melalui proses belajar. Adanya perbedaan pola pikir dan motivasi pada pengalaman belajar. Perbedaan individu disebabkan karena perbedaan lingkungan yang menghasilakan perbedaan pandangan dalam menghadapi sesuatu. Lingkungan akan mempengaruhi sikap, nilai-nilai serta kepercayaan yang mendasari kepribadian mereka dalam menaggapi informasi yang datang. Dengan demikian pengaruh media terhadap individu akan berbeda-beda satu sama lain.

  2. Teori Penggolongan Sosial
    Penggolongan sosial lebih didasarkan pada tingkat penghasilan, seks, pendidikan, tempat tinggal maupun agama. Dalam teori ini dikatakan bahwa masyarakat yang memiliki sifat-sifat tertentu yang cenderung sama akan membentuk sikap-sikap yang sama dalam menghadapi stimuli tertentu. Persamaan ini berpengaruh terhadap tanggapan mereka dalam menerima pesan yang disampaikan media massa.

  3. Teori Hubungan Sosial
    Menurut teori ini kebanyakan masyarakat menerima pesan yang disampaikan media banyak di peroleh melalui hubungan atau kontak dengan orang lain dari pada menerima langsung dari media massa. Dalam hal ini hubungan antar pribadi mempunyai pengaruh yang kuat terhadap penyampaian informasi oleh media.

  4. Teori Norma-Norma Budaya
    Teori ini menganggap bahwa pesan informasi yang disampaikan oleh media massa dengan cara-cara tertentu dapat menimbulkan pengertian yang berbeda-beda oleh masyarakat sesuai dengan budayanya. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa media mempengaruhi sikap individu tersebut. Ada beberapa cara yang ditempuh oleh media massa dalam mempengaruhi norma-norma budaya.

    • Informasi yang disampaikan dapat memperkuat pola-pola budaya yang berlaku serta meyakinkan masyarakat bahwa budaya tersebut masih berlaku dan harus di patuhi.

    • Media massa dapat menciptakan budaya-budaya baru yang dapat melengkapi atau menyempurnakan budaya lama yang tidak bertentangan.

    • Media massa dapat merubah norma-norma budaya yang telah ada dan berlaku sejak lama serta mengubah perilaku masyarakat itu sendiri.

:white_check_mark: Agree

Dalam dunia yang modern ini, dalam kecanggihan sosial media banyak membawa dampak yang buruk bagi generasi muda. salah satunya seperti dalam kemudahan dalam berkomunikasi yang dapat membuat orang lupa dengan dunia luar seperti yang saya jelaskan diatas. selain itu, faktor-faktor yang lain yang saya rasa membuat sosial media mempunyai pengaruh yang buruk bagi generasi muda antara lain adalah

  1. Berisi hal-hal yang menarik dan disukai oleh generasi muda
    karena alasan tersebut, generasi muda saat ini menjadikan sosial media menjadi prioritas mereka, bahkan sosial media menjadi prioritas utama dibandingkan dengan sekolah dan keluarga.

  2. Dapat dimanipulasi

    Sekarang generasi muda di sosial media sering kali menggambarkan dirinya seperti orang lain yang bukan dirinya seperti pada gambar diatas.

  3. Dapat menjadi wadah untuk cyberbully
    saat ini sering sekali kita temui bahwa generasi muda melakukan aksi cyberbully melalui sosial media mereka. hal ini dapat mengakibatkan depresi dan membunuh karakter seseorang.

Source : http://www.loebigink.com/how-does-social-media-effect-youth/

Karena tidak semua manusia dapat menggunaka sosial media dengan bijak dan dapat membagi waktunya dengan benar dikarenakan terusik oleh sosial media tanpa disadari “semakin mudah bukan berarti hanya berdampak positif tetapi juga menciptakan masalah dan perubahan sosial yang cepat” THIS MY OPINION