Apakah singkong dan jagung lebih tinggi kadar kabohidratnya daripada padi (beras)?

Jagung

Izin bertanya, kak sebenarnya kalau kita banding-bandingkan yaa, apakah singkong dan jagung lebih tinggi kadar kabohidratnya daripada padi (beras)? kalau iya seharusnya kedua komoditas itu lebih bagus dong jika menjadi bahan pangan utama masyarakat Indonesia

1 Like

Padi, singkong, dan jagung merupakan bahan makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sumber karbohidrat. Karbohidrat tergolong makromolekul yang dibutuhkan manusia setiap harinya. Karbohidrat akan diolah di dalam tubuh menjadi energi untuk menjalani amtivitas keseharian.

Padi, singkong, dan jagung memiliki kandungan karbohidrat yang berbeda. Menurut (Novianti, Tiwow, & Mustapa, 2017) padi memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 76,2%, sementara jagung mengandung 73-75% karbohidrat. Singkong memiliki kandungan karbohidrat terendah yaitu 46,87% (Feliana, Laenggeng, & Dhafir, 2014).

Artinya kak dari segi kandungan karbohidrat padi memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kedua komoditas tersebut, tetapi tingginya angka konsumsi beras (padi) justru akan menimbulkan masalah seperti ancaman ketahanan pangan, impor yang tinggi, dan masalah lainnya. Maka dari itu sebaiknya kita melakukan diversifikasi pangan guna mencegah hal tersebut kak.