Apakah sebuah perusahaan bisa sukses tanpa adanya manajer produk ?

Dewasa ini mulai banyak orang-orang yang mendirikan perusahaan baru dengan berbagai macam output dan tujuan. Perusahaan tersebut menghasilkan produk yang nantinya akan di tawarkan kepada konsumen. Tetapi karena satu dan lain hal, perusahaan tersebut belum atau tidak mempunyai Product Manager. Apakah perusahaan tersebut dapat bersaing dengan perusahaan lain yang mempunyai Product Manager?

Sukses atau tidaknya suatu bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu nya adalah peran dari dari Product Manager dalam menangani produk perusahaan. Product Manager mempunya peran penting yaitu meningkatkan kinerja perusahaan menjadi lebih pesat dan membuat produk yang ditangani menjadi lebih sukses.

Menurut Hadikusuma Wahab, VP of Product dari KMK Online, profesi yang menjadi ujung tombak dari kualitas sebuah produk ini harus mampu membuat atau meningkatkan kualitas sebuah produk sembari mempertahankan visi, strategi, desain, dan eksekusi dari produk yang dibuat. Selain itu, seorang Product Manager juga harus mampu membuat produk yang tepat bagi masyarakat sembari menjaga keseimbangan kerja dalam tim melalui komunikasi yang baik.

Lalu, apakah perusahaan yang tidak mempunyai Product Manager bisa sukses ?

Seiring dengan bertambah besarnya sebuah produk , kerjasama antara Product Manager dengan CEO akan sangat efektif dan dibutuhkan untuk dapat menghadirkan produk yang dibutuhkan konsumen. Dengan adanya Product Manager, CEO dapat lebih berkonsentrasi pada keberhasilan visi serta strategi yang tepat untuk memasarkan sebuah produk. tetapi tidak menutup kemungkinan perusahaan yang tidak atau belum memiliki product manager tidak bisa sukses. Akan tetapi perusahaan tersebut akan kesulitan bersaing dengan kompetitor yang sudah memiliki Product Manager.

Sumber:
https://id.techinasia.com/pentingnya-product-management-dalam-kualitas-produk