Apakah Sariawan merupakan tanda penyakit AIDS ?

Aids

HIV/AIDS adalah penyakit infeksi yang mempunyai manifestasi dalam rongga mulut dan, Infeksi oportunistik yang paling sering ditemukan dalam mulut penderita AIDS adalah infeksi virus herpes simplex, candidiasis dan varicella zoster. Apakah Sariawan merupakan tanda penyakit AIDS ?

Ketika seseorang terinfeksi AIDS, maka yang terjadi adalah penurunan daya tahan tubuh. Ketika terjadi penurunan daya tubuh akibat kerusakan sistem kekebalan tubuh pada penderita AIDS, maka sangat mungkin terjadi beberapa infeksi pada tubuh, termasuk diantaranya pada rongga mulut.

Kondisi ini disebut sebagai infeksi oportunistik yang tampilan klinisnya dalam rongga mulut cukup bermacam-macam. Infeksi oprtunistik meliputi infeksi yang disebabkan oleh :

  • Infeksi jamur,

  • Infeksi bakteri,

  • Infeksi virus.

Seringnya mengalami sariawan memang dapat dikaitakan dengan beberapa jenis penyakit dan keadaan seperti hormonal, stres, genetik, trauma, terapi obat-obatan, defisiensi vitamin dan sensitifitas terhadap makanan. Untuk mengetahui keadaan yang terkait dengan kondisi sariawan yang sering terjadi apakah terkait penyakit infeksi maka diperlukan pemeriksaan secara langsung dan pemeriksaan yang lebih mendalam. Anda dapat memeriksakan keadaan ini ke dokter spesialis penyakit mulut (SpPM).

http://doktersehat.com/hiv-penyakit-kulit-terkait-hivaids-2-sariawan-dan-dermatitis-seboroik/