Apakah saja jenis jenis ikan platy ?

Sebelum memilih ikan platy perlu mengetahui jenis jenisnya yang bagus untuk dipelihara. Lalu apakah saja jenis jenis ikan platy ?

images

Beberapa jenis ikan platy yang populer dipelihara :

1. Ikan Platy wagtail Pattern (Pola Wagtail)
Pola ini terdapat pada bagian punggung ikan platy yang memiliki warna hitam atau pola wagtail, dari semua jenis platy yang kelihatan memiliki warna hitam termasuk jenis ikan platy dari pola wagtail.

2. Ikan Platy Variegated Pattern (Pola Beraneka Ragam)
Dinamakan beraneka ragam karena pada seluruh bagian tubuh ikan platy ini terdapat warna yang hanya terdapat bercak-bercak saja. Dan ini merupakan ciri-ciri ikan platy jenis variegated pattern.

Tak hanya itu, warna dasar jenis ikan platy ini tidak menentu baik bagian sirip maupun punggung dan ekor. Ikan platy mickey mouse merupakan yang banyak dipelihara dan tekenal.

3. Ikan Platy Pepper pattern atau Pola Salt
Ciri-ciri jenis ikan platy pola salt ini terdapat bintik-bintik warna gelap dan cerah pada bagia seluruh tbuhnya. Pola warna dan bintiknya tak beraturan sehingga sulit untuk menyebutkan secara detail baik bagian sirip ekor maupun sirip punggung.

4. Ikan Platy Tuxedo Pettern (Pola Tuxedo)
Ciri yang membedakan antara jenis ikan platy yang lainnya terletak pada warna emas kemerahan.

5. Ikan Platy Rainbow Pattern (Pola Pelangi)
Ikan platy pola pelangi merupakan jenis platy yang memiliki warna merah, kuning, dan hijau pada seluruh tubuhnya. Maka tak heran jika diberi nama platy pelangi. Maksud dari warna pelangi disini bukan sperti warna asli pelangi, akan tetapi mulai dari warna gelap, ringan, dan kembali lagi warna gelap pada seluruh ekornya.

6. Ikan Platy Twin Bar (Pola Komet)
Ciri-ciri ikan platy ini ditandai pada bagian ekor atas dan ekor bawah memiliki warna hitam, untuk bagian tubuhnya terdapat warna yang bervariasi atau kombinasi warna-warna tersebut.

Berikut Jenis Ikan Platy Jika Dilihat dari Bentuk Ekornya
Pintai dan Hifin merupakan jenis ikan platy yang dikelompokkan berdasarkan bentuk ekornya.

Ikan Platy Hifin
Untuk jenis ikan platy ini masih yang biasa Anda lihat di penjual ikan hias, yaitu bentuk sirip pada bagian punggung agak memanjang.

Ikan Platy Pintai
Sedangkan untuk platy pintai dicirikan memiliki ekor yang sedikit dan memanjang pada bagian tengah ekornya. Jika kita melihat secara seksama hampir mirip dengan ikan plati pedang, akan tetapi ikan hias air tawar ini sebetulnya sangat berbeda.

Inilah sedikit informasi tentang jenis ikan platy yang dapat dikoleksi untuk mengisi aquascape di ruangan rumah.

sumber :