Apakah saat bagian hidung anjing dingin seperti es pertanda anjing sedang sakit?

image

Terkadang bagian hidung anjing kerap dingin seperti es. Apakah hal tersebut menandakan anjing sedang sakit?

Suhu inti rektal berarti jauh lebih dari suhu hidung. Jika anjing Anda berakting normal, periksa lagi dalam satu jam dan lihat apakah sudah berubah. Jika anjing Anda tidak makan, muntah dan / atau lesu, maka itu mungkin sakit dan jika sakit, Anda mungkin harus melihat dokter hewan tentang anjing Anda. Hhidung, telinga, kulit digunakan dalam termoregulasi tetapi hidung bukan merupakan indikator demam atau hipotermia.

Menurut Pets.WebMd, keyakinan umum bahwa anjing yang sehat memiliki hidung yang dingin atau basah dan anjing yang sakit memiliki hidung yang kering atau panas, sebenarnya salah.
Suhu hidung anjing benar-benar berubah atau berfluktuasi setiap hari dan itu bisa jadi hanya cuaca atau waktu dalam setahun.

Indikator yang jauh lebih baik untuk dilihat adalah apakah hewan peliharaan Anda bertingkah aneh, bukan dirinya yang normal, dan kemungkinan tidak makan atau minum. Belum tentu hidung anjing yang sehat bisa terasa dingin saat disentuh dan terasa hangat beberapa saat kemudian. Jaringan dari hidung anjing seperti itu-itu berfluktuasi sepanjang hari.

Ukuran yang lebih baik adalah kandungan kelembaban hidung. Hidung kering bisa menunjukkan dehidrasi. Hidung dengan kulit yang retak dan pecah dapat menunjukkan sejumlah penyakit, mulai kudis hingga alergi. Biasanya anjing yang sehat memiliki hidung lembap yang dingin atau hangat saat disentuh.