Apakah rutin berolahraga dapat meningkatkan kemampuan seksual ?


Dilansir DokterSehat.com Olahraga secara rutin memang akan sangat baik dalam membantu tubuh kita tetap bugar dan tidak mudah jatuh sakit. Namun, ada anggapan yang menyebutkan jika olahraga juga bisa meningkatkan kemampuan seksual seseorang. Pakar kesehatan menyebutkan jika anggapan ini ternyata benar adanya. Olahraga diyakini mampu membuat kemampuan seksual seseorang semakin membaik sekaligus mengatasi beberapa masalah kesehatan layaknya disfungsi ereksi. Benarkah demikian ?

Tidak hanya penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi berolahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksualmu lho. Menjaga berat badan tetap ideal dan meningkatkan stamina tubuh melalui olahraga dipercaya dapat membuat hubungan intim lebih maksimal saat berada di atas ranjang.

Berbagai macam studi telah menunjukkan adanya pengaruh olahraga terhadap kehidupan seksual seseorang. Sebuah penelitian lain juga menemukan bahwa terdapat perbedaan performa seks dan kadar testosteron di antara orang yang sering melakukan kegiatan fisik atau olahraga dengan orang yang jarang melakukannya. Berikut adalah manfaat dari rutin berolahraga untuk kehidupan seksual:

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Dengan berolahraga secara rutin, baik pria maupun wanita dapat menjaga berat badan dan bentuk tubuhnya agar tetap ideal. Bukan hanya soal penampilan, tapi bentuk tubuh yang ideal juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang yang akan berpengaruh terhadap gairah seksualnya. Para peneliti di Champan University, Amerika Serikat melakukan sebuah studi dan menemukan bahwa orang yang percaya diri dengan penampilan mereka akan lebih puas dengan kehidupan seksnya dan dapat menikmati hubungan yang sehat dengan pasangannya.

Selain meningkatkan kepercayaan diri, berat badan yang ideal juga dapat menjaga stamina agar tetap prima saat berhubungan intim. Melatih stamina penting untuk dapat memvariasikan durasi bercinta. Kadang kala pasangan hanya bisa melakukan hubungan seks secara cepat, tapi ada juga waktunya pasangan dapat melakukan hubungan intim yang romantis dan lama. Jika tubuh memiliki stamina yang baik, maka baik cepat atau lama, kamu dan pasangan dapat tetap mencapai kenikmatan bercinta yang maksimal.

Mencegah Disfungsi Ereksi
Olahraga dapat menjaga kelancaran sirkulasi darah, termasuk aliran darah yang menuju ke penis. Jadi, pria yang berolahraga secara rutin mampu menjaga kemampuan ereksinya tetap optimal.

Meningkatkan Gairah Seksual
Hormon testosteron mempunyai peranan penting dalam membangkitkan gairah seksual seseorang, baik pada laki-laki maupun wanita. Kamu bisa menaikkan kadar hormon ini dengan cara rutin berolahraga. Menurut hasil studi yang dilakukan di University of Texas, wanita yang berlatih kardio selama 20 menit lebih mudah bergairah saat melihat adegan erotis pada sebuah film, daripada wanita yang tidak berolahraga. Ini berarti, dengan berolahraga, kamu akan jadi lebih mudah dan lebih cepat terangsang ketika berhubungan intim.

Dapat Orgasme Lebih Baik
Senam kegel diketahui baik untuk melatih otot dasar panggul. Wanita yang rajin melakukan senam kegel akan lebih mampu mengendalikan kontrasi otot-otot vagina dan mengontrol reaksi orgasme. Sementara bagi pria, senam kegel bermanfaat agar pria lebih mudah mengendalikan ejakulasi dini. Kebanyakan pria yang rajin berolahraga juga dapat bertahan lebih lama saat berhubungan intim.

Jadi, jangan malas untuk berolahraga ya. Usahakan untuk berolahraga minimal seminggu dua kali, yang terdiri dari latihan aerobik dan latihan beban, untuk mendapat performa seks standar. Untuk performa seks yang optimal, kamu harus melakukan dua kali latihan aerobik dan dua kali latihan beban dalam seminggu.