Apakah polybag yang tidak terpakai lagi dapat mencemari lingkungan?

Seperti yang kita ketahui, media tanam berupa polybag banyak digunakan dalam kegiatan bercocok tanam. Seiring dengan pertumbuhan tanaman, terkadang tidak memungkinkan untuk tanaman tetap ditanam di polybag sehingga si polybag tidak terpakai lagi (atau bisa dipakai lagi tapi lama kelamaan kondisinya tidak memungkinkan lagi atau rusak). Lantas, apakah polybag yang tak terpakai lagi tersebut dapat menimbulkan pencemaran?

1 Like

Kalo menurut opini saya, polybag yang sudah tidak terpakai berpotensi besar untuk mencemari lingkungan kak, khususnya tanah. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa bahan utama polybag adalah plastik. Nah, pada konsepnya plastik merupakan salah satu bahan yang sulit untuk diuraikan, bahkan sampah plastik menjadi permasalahan yang cukup besar kan di Indonesia. Oleh karena itu, jika ada polybag yang sudah tidak terpakai maka alangkah baiknya polybag tersebut didaur ulang kembali atau dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

1 Like

Betul sekali kak penggunaan polybag tentu nantinya akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan dan jika sudah terlanjur menggunakan polybag maka sebaiknya dioptimalkan dengan daur ulang, tetapi jika baru berniat akan menggunakan polybag ada baiknya niat tersebut diurungkan dan menggunakan alternaltif lain pengganti polybag seperti daun pisang. Penerapan green polybag dengan daun pisang memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan polybag seperti berkurangnya modal petani karena tidak perlu membeli polybag dan membantu mengurangi produksi sampah di Indonesia kak.

1 Like