Apakah Plastik Gunpla Tahan Banting?

index

Model Gundam adalah model kit yang menggambarkan kendaraan dan karakter alam semesta Gundam fiksi oleh Bandai. Kit ini telah menjadi populer di kalangan penggemar anime mecha dan penggemar model di Jepang dan di negara-negara Asia terdekat lainnya sejak tahun 1980-an. Pemodelan Gundam menyebar pada 1990-an dengan Amerika Utara dan Eropa yang terkena Gundam melalui televisi, video dan manga. Model Gundam, serta hobi merakit dan melukis mereka, dikenal di Jepang sebagai Gunpla (ガ ン プ ラ Ganpura), sebuah portmanteau dari “model plastik Gundam”, plastik yang menjadi bahan paling umum untuk perangkat eceran.

1 Like

Masalahnya ada di plastiknya. Plastik yang bandai ya begitu, bisa dibilang agak elastis/bend-able untuk sesuati yang plastis/non bend-able; sementara plastik bootlef, AFAIK, kebanyakan lebih rigid/plastis/kaku, biarpun ada yang memilih rute lain/lebih elastis.
Kenapa Bandai bikin segitu,?
Karena ketika saat proses motong part dari runner dan merapikan. Supaya building experience nyaman, plastik harus bisa dipotong dari runner dan dibersihkan nubmarknya dengan nyaman. Kalo tekniknya bener, nubmark bisa hilang tanpa perlu painting. Kuncinya adalah ya seperti yang tadi, elastisitas plastik, kalo dia terlalu lentur, rasanya akan agak kayak motong karet/PC, dan biasanya hasilnya bukan nubmark putih pecah, tapi sisa kecil nubmark yang tidak bisa dipotong hobby knife, dan tidak bisa dikikir(karena elastis, malah nanti bekas gesek rusak kali dikikir). Kalau terlalu rigid/plastis, you know lah, motongnya keras, dibersihin pake hobby knife keras, menjauh dari building experience.

Sumber
mygundamtricks