Apakah pertanyaan yang tepat untuk diajukan terkait dengan user feedback pada survey online?

Survey online adalah salah satu cara pengumpulan data yang sangat mudah dan dapat menghemat waktu. Dengan melakukan survey online, penanya dapat mengetahui kebutuhan pengguna. Namun, seringkali penanya tidak mendapatkan feedback yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah karena penanya tidak mengajukan pertanyaan yang tepat.

Apa pertanyaan yang tepat agar penanya mendapatkan feedback yang sesuai harapan?

2 Likes

Jika feedback yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan, maka diperlukan pertanyaan yang tepat. Berikut adalah 15 referensi pertanyaan yang dapat memberikan user feedback sesuai harapan pengguna pada survey online :

  1. Maukah anda merekomendasikan <website / produk> kepada teman anda?
    Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui opini pengguna tentang situs web atau produk apa adanya. Bagaimanapun, seseorang tidak mungkin merekomendasikan sesuatu tanpa penilaian dari diri mereka sendiri. Alih-alih hanya menangkap respon ‘Ya’ atau ‘Tidak’, akan lebih baik jika respon yang didapat ‘Ya, saya akan merekomendasikannya karena …’ atau ‘Tidak, saya tidak akan merekomendasikannya karena …’ sehingga penanya juga dapat mengetahui apakah pengguna akan atau tidak akan merekomendasikannya.

  2. Bagaimana anda menggambarkan <website / produk> dalam satu atau beberapa kata?
    Ini adalah pertanyaan bagus untuk menangkap persepsi tentang sebuah situs web atau produk. Penanya dapat mengizinkan pengguna memasukkan kata-kata mereka sendiri atau memilih satu atau lebih dari kata atau kalimat yang disediakan. Cara yang baik untuk menganalisa hasil dari pertanyaan ini adalah dengan menggunakan word cloud generated seperti Wordle.

  3. Jika <website / produk> adalah sebuah mobil, akan seperti apa mobil itu?
    Pertanyaan ini terdengar sedikit aneh, tapi dengan meminta pengguna untuk membandingkan situs web atau produk dengan sesuatu yang lain, penanya dapat menyelidiki persepsi mereka tentang hal itu.

  4. Bagaimana jika <website / produk> dibandingkan dengan kompetitor?
    Cara yang bagus untuk menyelidiki kekuatan dan kelemahan dari suatu situs web atau produk adalah dengan meminta pengguna untuk membandingkannya dengan hal serupa yang telah mereka gunakan. Selain bertanya bagaimana membandingkan keduanya, penanya mungkin juga dapat bertanya ‘Mana yang lebih anda sukai?’ untuk mengetahui secara pasti bagaimana pandangan situs web atau produk bagi kompetitor.

  5. Jika anda sudah melakukan peninjauan terhadap <website / produck>, berapa skor yang akan anda berikan dari skala 1-10?
    Pembeli online biasanya menggunakan ulasan dan penilaian untuk memutuskan membeli suatu barang, lalu mengapa tidak meminta pengguna untuk meninjau situs web atau produk? Penanya dapat meminta penilaian secara keseluruhan atau meminta mereka untuk menilai area tertentu. Skor yang paling sering digunakan adalah skor 10 poin karena lebih fleksibel. Selain itu, penanya juga dapat menanyakan, ‘Mengapa anda memberi skor ini?’ sehingga penanya dapat mengetahui alasannya.

  6. Apa yang paling membuat anda frustrasi tentang <website / produk>?
    Banyak situs web atau produk yang hanya berfokus pada banyaknya fitur, daripada memastikan fitur yang ada bekerja dengan sangat baik. Menanyakan apa yang saat ini membuat frustrasi pengguna adalah cara yang bagus untuk menyelidiki bagaimana fitur yang ada dapat ditingkatkan. Penanya dapat menanyakan apa yang paling membuat pengguna frustrasi atau meminta 3 frustrasi teratas mereka.

  7. Secara keseluruhan, kemudahan apa saya yang anda temukan pada <website / produk>?
    Ini adalah pertanyaan yang bagus untuk menyelidiki kegunaan produk atau layanan. Kemungkinan jawaban bisa ‘Sangat mudah digunakan’, ‘Mudah digunakan’, ‘Tidak mudah atau sulit untuk digunakan’, ‘Sulit untuk digunakan’ dan ‘Sangat sulit untuk digunakan’. Jangan lupa untuk menanyakan alasannya juga sehingga penanya dapat menyelidiki faktor-faktor di baliknya.

  8. Mengapa anda mengunjungi ini?
    Walaupun sudah melakukan analisis, sulit untuk mengetahui alasan sebenarnya pengguna mengunjungi situs web tersebut. Apakah untuk mencari tahu beberapa informasi atau untuk melakukan transaksi atau sesuatu yang bahkan penanya tidak tahu? Selain bertanya mengapa pengguna mengunjungi situs web, penanya mungkin juga dapat bertanya ‘Apakah anda berhasil?’ dan ‘Masalah apa yang anda alami?’. Hal ini memungkinkan penanya untuk menyelidiki seberapa baik situs web dalam mendukung tujuan atau tugas seseorang.

  9. Jika anda bisa mengubah satu hal tentang <website / produk> apa jadinya dan mengapa?
    Ini adalah pertanyaan yang bagus untuk menggali frustrasi utama atau kelalaian fitur. Pertanyaan tersebut juga sedikit memaksa pengguna untuk mempertimbangkan apa yang paling penting bagi mereka. Penanya juga dapat mengajukan tiga hal yang ingin diubah oleh mereka.

  10. Fitur mana yang sangat penting untuk anda hingga anda tidak bisa hidup tanpa fitur tersebut?
    Ini adalah pertanyaan yang bagus untuk menyelidiki fitur ‘pembunuh’. Melalui proses analisa, akan didapatkan informasi mengenai fitur mana yang paling populer namun tidak terlalu penting bagi pengguna.

  11. Apa yang paling anda sukai dari <website / produk>?
    Walaupun sudah melakukan analisa tentang apa yang perlu diperbaiki dari sebuah situs web atau produk, jangan lupa juga untuk mengetahui fitur apa yang saat ini berjalan sangat baik.

  12. Apa yang sedikit anda sukai atau tidak disukai dari <website / produk>?
    Pertanyaan ini adalah pelengkap yang baik untuk menanyakan apa yang paling disukai dan tidak disukai pengguna tentang situs web atau produk. Untuk pertanyaan ini, penanya bisa menanyakan 3 teratas dari kesukaan dan ketidaksukaan mereka.

  13. Fitur mana yang tidak masalah bagi anda jika fitur tersebut tidak ada?
    Ketika membahas pemilihan fitur, penanya perlu mengetahui fitur mana yang mungkin dipangkas dari situs web atau produknya.

  14. Bagaimana kita bisa memperbaiki <website / produk> menjadi lebih baik? Kirimkan ide dan saran anda kepada kami!
    Ini adalah pertanyaan yang bagus untuk mendapatkan feedback dari pengguna umum, bersama dengan gagasan dan saran fitur. Bahkan jika memungkinkan, dapat dibuat sebuah forum untuk analisis feedback lanjutan menggunakan layanan seperti Uservoice. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memberikan pendapat berupa gagasan dan saran.

  15. Apakah ada lagi yang ingin anda bagikan atau masih anda pendam sendiri?
    Ini adalah pertanyaan terakhir yang bagus karena memberi kesempatan kepada pengguna untuk menyampaikan tentang apapun yang mungkin telah terlewatkan selama survey, serta memperjelas bahwa penanya tertarik untuk mendengarkannya.

15 useful user feedback questions for online surveys - UXM