Apakah Permukaan Awan itu Keras atau Lembut?

Awan yang melayang-layang, ada yang tipis, ada yang tebal. Warna awan pun beragam, ada yang putih cemerlang, ada juga yang kelabu kelam. Bagaimana bentuk awan-awan itu? Aha, awan-awan yang tipis itu berbentuk seperti kapas-kapas raksasa, bukan?

Jika awan-awan tipis yang putih cemerlang itu bak kapas-kapas raksasa, lalu bagaimana menurutmu sifat permukaannya? Kasar seperti permukaan kayu atau halus dan lembut bagaikan permukaan kapas?

Asap merupakan udara yang bercampur dengan partikulat padat hasil pembakaran, sedangkan awan adalah udara yang bercampur dengan uap air, es, dan salju. Meskipun ada zat padat seperti es dan salju, namun sebagian besar materi yang menyusun awan adalah gas. Apalagi letak awan melayang-layang di udara dan menyatu dengan atmosfer yang merupakan gas raksasa yang menyelimuti bumi. permukaan awan tidak dapat dirasakan dan didefinisikan sebagaimana zat padat atau zat cair lainnya sebagai keras atau lembut. Tapi kita dapat merasakan permukaan zat-zat yang jatuh dari awan seperti air hujan, es, salju.

Sumber: