Apakah perlu menunggu sampai skincare diserap kulit?

skincare-layering-waktu-tunggu

Saya adalah pemakai skincare berlapis-lapis, pasti pernah bertanya sendiri: sebaiknya antara pemakaian toner dan serum, atau essence dan moisturizer, apakah harus menunggu sampai produk sudah terserap, atau bisa langsung templok skincare selanjutnya? Kalau di layer-layer tanpa jeda, bisa nggak sih cancel out efek produk yang dipakai sebelumnya?

Kalau tidak ditulis di kemasan dan tidak mencampur skincare yang kontradiktif dengan satu sama lain, jawaban singkatnya adalah: kamu tidak perlu menunggu. Menurut skincare expert Paula Begoun, kulit kita bisa menyerap produk dengan cepat dan bisa handle banyak produk skincare dalam sekaligus. Karena layering skincare sudah menjadi cukup mainstream, produk skincare zaman sekarang juga sudah diformulasikan biar bisa dicampur-campur dengan produk lain. Jadi, menunggu produk menyerap satu persatu agar bisa bekerja lebih efektif hanyalah sebatas mitos.

Bahkan dengan produk AHA dan BHA, banyak dermatologis yang bilang bahwa sebenarnya tidak perlu menunggu terlalu lama, karena formulasi produk-produk ini biasanya tidak gampang terpengaruh produk lain, kecuali retinol.

sumber: