Apakah pergantian ibu kota negara indonesia adalah pilihan yang tepat?

foto: republika, Mgrol101

Begitu banyak masyarakat yang membahas persoalan pergantian ibu kota ini, mulai dari yang mendukung dan menolak. Mungkin salah satu alasan beberapa orang menolak dikarenakan hutang negara yang begitu banyak hingga jika dibebankan dengan pemindahan ibu kota hutang negara kian subur. Menurut opini saya pribadi saya mendukung pergantian ibu kota negara ini ke kalimantan timur karena setidaknya ada empat alasan yang mendasari pemindahan ibu kota ini:

  1. Penduduk Jawa terlalu padat
  2. kontribusi ekonomi terhadap PDB
  3. krisis ketersediaan air
  4. konversi lahan di jawa mendominasi

referensi:
https://nasional.kompas.com/read/2019/08/27/09284821/4-alasan-mengapa-ibu-kota-indonesia-harus-keluar-dari-pulau-jawa?page=all.

Menurut saya pergantian ibu kota ini merupakan pilihan yang cukup tepat. Dengan adanya pemindahan ibu kota ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur akan lebih baik lagi. Hal ini tentunya akan meratakan fasilitas dan ekonomi antar pulau di seluruh Indonesia. Tidak ada lagi kesenjangan antara pulau Jawa dan luar pulau Jawa.

Selain itu, lokasi Kalimantan Timur yang jarang terjadi bencana seperti banjir, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, gempa bumi, hingga tanah longsor menjadi salah satu alasan mengapa menurut saya pemindahan ibu kota ini hal yang tepat. Dengan minimnya gangguan bencana alam tersebut, kegiatan pemerintah akan berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, saya pribadi memandang ini sebagai pilihan yang apik. Mengingat saat ini Ibu Kota penuh dengan polusi, padat penduduk, kurangnya ruang terbuka hijau, dan daerah resapan . Semakin padatnya penduduk membuat kesenjangan sosial bukan lagi hal yang tidak mungkin terjadi. Namun, pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur juga perlu perencanaan yang matang sehingga tidak merusak hutan-hutan lindung di Kalimantan dengan tetapi mengedepankan desain Ibu Kota yang ideal.

Menurut saya, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur merupakan langkah tepat karena melihat ibu kota yang sekarang, DKI Jakarta, sudah sangat padat, sehingga dapat menghambat kegiatan pemerintahan. Pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur juga diharapkan dapat membuat pemerataan ekonomi menjadi lebih baik karena pasti akan tercipta stimulus-stimulus ekonomi baru dari pembangunan ibu kota di sana. Formula yang membedakan antara pusat bisnis dan pusat pemerintahan juga sudah banyak diaplikasikan di banyak negara, seperti Amerika Serikat dengan New York-Washington DC, Australia dengan Sydney-Canberra, dan masih banyak lagi. Jadi lebih baik satu daerah difokuskan menjadi pusat pemerintahan saja tanpa menanggung beban lainnya