Apakah perbedaan pada celana wanita dan pria?

Seringkali penggunaan celana dibedakan berdasarkan gender/jenis kelamin penggunanya. Ketika berbelanja pun, area celana wanita akan berbeda dengan celana pria. Sebenarnya apakah yang membedakan antara jahitan celana pria dan wanita?

image

Untuk bahan jeans, dari bahannya sendiri, ternyata masing-masing jeans yang didesain untuk pria dan wanita memiliki bahan yang berbeda. Biasanya, fabric atau bahan jeans dengan berat 8 sampai 10 oz, rata-rata untuk denim perempuan karena lebih tipis. Sedangkan untuk pria, rata-rata beratnya 10 sampai 13 oz karena lebih tebal.

Perbedaan bahan tersebut juga menyebabkan jeans wanita cenderung lebih ringan untuk dipakai daripada jeans pria yang berat dan tebal.

Biasanya untuk produk perempuan ada shape fitter, yang memperhatikan lekuk tubuh perempuan, seperti panjang kaki atau tinggi dari pinggul ke pinggangnya semua harus diperhatikan. Kalau jeans model laki-laki tidak terlalu memperhatikan shape.

Untuk modelnya sendiri, jeans yang didesain untuk kaum adam cenderung berbentuk lurus. Selain itu, biasanya pada jeans wanita lebih beragam modelnya, seperti high waist (celana potongan tinggi hingga pusar) atau wide-leg (melebar di bagian kaki).

Sedangkan, untuk bentuk jeans pria dan wanita, model jeans dibedakan dari potongannya pada tubuh.

Sumber: