Apakah perbedaan lulur dan scrub?

Banyaknya perawatan tubuh sering kali membuat kita bingung yang mana yang sebenarnya kita butuhkan dan harus gunakan. Karena rupanya masih banyak yang bingung akan perbedaannya. Formula dan cara pengaplikasiannya pun hampir sama. Meski begitu, banyak yang asal pakai saja kedua treatment tanpa tahu perbedaannya.

Perbedaan lulur dengan scrub:

  • Tekstur butiran lulur lebih kasar dibanding scrub. Pemilik kulit sensitif lebih baik memilih perawatan scrub dibanding lulur.

  • Cara pengaplikasian scrub dan lulur berbeda. Mengaplikasikan scrub sebaiknya setelah mandi pada kulit lembap. Balurkan scrub secara merata sambil digosok perlahan ke arah atas. Lulur diaplikasikan sebelum mandi, balurkan merata pada seluruh tubuh, diamkan sejenak hingga setengah kering. Gosok sambil sedikit dipijat hingga seluruh butiran lulur terangkat. Bilas seluruh tubuh hingga bersih.

  • Umumnya, lulur dijual dalam tekstur bubuk. Campurkan lulur dengan air atau air mawar sebelum mengaplikasikan pada tubuh. Di pasaran dijual juga lulur cair yang dikemas dalam botol dan lulur bertekstur pasta. Anda tak perlu menambahkan air pada kedua lulur ini. Kocok terlebih dulu lulur dalam kemasan botol sebelum digunakan.

Sumber: