Apakah Perbedaan Antara Software Engineer dan Programmer?


(Vina Shaw) #1

Sumber: software

Bagi sebagian orang, perbedaan antara Software Engineer dan Programmer memang sedikit membingungkan, bahkan ada yang menyimpulkan Software Engineer adalah seorang Programmer, dan sebaliknya Programmer adalah seorang Software Engineer.

Bagaimana pandangan anda tentang perbedaan kedunya? Berikan pendapat dan opini Anda dibawah ini.


(Abdul Latif) #2

Perbedaan antara Software Engineer dan Programmer memang sedikit membingungkan, tetapi sesungguhnya perbedaan antara kedua bidang ini yaitu jika seorang Software Engineer, dia memiliki sertifikat sebagai seroang Software Engineer, memiliki latar belakang pendidikan sebagai Software Engineer, dan memahami konsep pengembangan software.

Sedangkan seorang Programmer dapat juga disebut coder. Menjadi seorang programmer tidak harus memiliki background pendidikan IT, ataupun pandai membuat desain alur suatu program, karena biasanya alur program sudah disediakan oleh divisi lain, jadi seorang programmer hanya akan mengikuti alur yang telah disediakan. Seorang programmer dituntut untuk menerjemahkan alur program yang telah dirancang menjadi program utuh yang dapat digunakan.


(Rizal Setya Perdana) #3

Menurut saya programmer adalah salah satu “peran” yang dimiliki oleh software engineer. Istilah software engineer dalam Bahasa Indonesia adalah perekayasa perangkat lunak. Proses rekayasa perangkat lunak sendiri terdiri dari banyak step/langkah yang saling terkait dan mempengaruhi. Mulai dari langkah paling awal adalah requirement gathering engineering atau proses rekayasa kebutuhan sampai tahap testing. Keseluruhan rangkaian proses tersebut merupakan tugas dari software engineer dimana salah satu tahapnya adalah implementasi desain sistem yang dilakukan oleh seorang programmer. Jadi, kesimpulannya adalah programmer merupakan salah satu sub bagian pekerjaan dari software engineer.


(Rizqy Anwar Hidayatullah) #4

Menurut saya software engineer memiliki peranan meneliti dan merancang sistem software untuk memenuhi keperluan client atau perusahaannya. Setelah sistem sudah secara penuh sudah dirancang. lalu software engineer menguji, debug, dan memelihara sistem tersebut. Software engineer kadangkali merupakan computer programmer atau software developer. Bergantung pada tipe organisasi, software engineer dapat menjadi spesialis dalam sistem atau aplikasi. Poin pembeda software engineer disini adalah mereka dapat mengembangkan sebuah aplikasi atau berinovasi dalam membuat sowftware mengikuti dan menyesuaikan kebutuhan client maupun pasar. Dan dapat pula menciptakan aplikasi-aplikasi baru untuk menunjang majunya perkembangan teknologi dibidang informasi

Sedangkan Programmer lebih merujuk pada profesi menciptakan suatu program dan software dengan rancangan yang sudah ada atau tanpa ada pengembangan atau inovasi dalam program yang mereka buat. Programmer biasanya lebih kedalam profesi karyawan tetap untuk hanya sekedar merancang program sesuai sistem yang berlaku pada organisasi atau perusahaannya.


(Shinta Amanda) #5

Sumber gambar

Perbedaan yang plaing mecolok adalah untuk programmer, bekerja secara individual (personal), sedangkan untuk software engineer, bekerja secara team.

Oleh karena itu, kemampuan yang dimiliki oleh seorang software engineer sangatlah kompleks. Beberapa area yang harus dipelajari sebagai seorang software engineer adalah :

  • Software Engineering
  • Project Management
  • Product Management
  • Team Management
  • Leadership

Untuk lebih detainya dapat dilihat pada gambar dibawah,