Apakah perbedaan antara dokter gigi dan bedah mulut?

Kedokteran gigi merupakan sebuah ilmu yang berisi tentang pencegahan sekaligus perawatan penyakit maupun kelainan pada gigi serta mulut. Tindakan yang diberikan bisa dengan atau tanpa adanya pembedahan dan dokter gigi adalah seseorang yang disebut sebagai yang melakukan praktik ilmu kedokteran gigi. Lalu, seperti apakah perbedaan antara dokter gigi dan bedah mulut? Apakah keduanya berbeda?

Dokter gigi secara umum berfokus pada pemberian tindakan promotif, kuratif, preventif, serta rehabilitatif pada keadaan gigi serta mulut pasiennya. Dokter gigi umum biasanya akan melakukan tindakan perawatan berupa pembersihan karang gigi, penambalan gigi yang berlubang, pencabutan gigi, serta pembuatan gigi palsu atau tiruan.

Dokter gigi pun sering menggunakan sinar-x ketika melakukan dan menentukan diagnosa. Tugas pokok seorang dokter gigi umum adalah memberikan pelayanan kesehatan gigi serta mulut agar berjalan dengan baik dan semestinya. Selain peran yang sudah disebutkan sebelumnya, dokter gigi juga mampu mengatasi atau merawat syaraf gigi pasien yang terganggu kesehatannya.

Dokter gigi umum jugalah yang akan melayani serta menerima beberapa kasus gigi darurat dan pada umumnya pun dokter gigi memberikan waktu bagi pasien untuk berkonsultasi. Itulah yang merupakan bagian dari pelayanan kesehatan gigi serta mulut. Namun, dokter gigi umum jugalah yang akan membuat rujukan pada pasien, khususnya yang memang Poliklinik tak bisa menanganinya.

Masyarakat memerlukan pendidikan dan penyulihan tentang kesehatan gigi di mana hal ini tentu meliputi bagaimana menjauhi dan mencegah sakit gigi dan merawat gigi secara umum. Dokter gigi umum jugalah yang memiliki peran ini. Dari sini jugalah masyarakat akan tahu apa saja penyebab sakit gigi itu, penyebab sakit gigi kambuh dengan mudah, bahaya gigi berlubang, serta cara jenis-jenis penyakit gigi dan mulut yang perlu diwaspadai.

Khusus pada spesialisasi bedah mulut, para dokternya lebih dikenal dengan sebutan tukang jagal karena berfokus lebih kepada membuang apa yang sudah dianggap tak berguna. Contohnya ambil saja dari kasus kecelakaan yang mana gigi sudah hampir copot dan dokter memutuskan mencabutnya meski sebetulnya masih bisa dipertahankan. Namun bila harus dipertahankan pun butuh biaya yang cukup besar.

Sumber: https://halosehat.com/review/dokter/perbedaan-dokter-gigi-dan-bedah-mulut