Apakah peranan quality assurance pada quality management plan?

Menurut ISO 9000, “Kualitas adalah sejauh mana seperangkat karakteristik yang melekat dan ada dari suatu objek memenuhi persyaratan.” Dinyatakan secara sederhana, produk akhir memenuhi persyaratan yang ditentukan pelanggan.

ISO 9000 mencatat “Manajemen Mutu” dapat mencakup penetapan kebijakan mutu dan sasaran mutu dan proses untuk mencapai sasaran mutu ini melalui perencanaan mutu, penjaminan mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan kualitas.

Lalu apakah peranan quality assurance pada quality management plan?

Quality Assurance (QA) mempunyai tugas dan tanggung jawab pokok terkait dengan peran jaminan kualitas. Meskipun sifat yang tepat dari pekerjaan jaminan kualitas akan berbeda berdasarkan pada industri tertentu, tugas utama dan kompetensi terkait dengan memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang diperlukan atau diberikan sesuai standar perusahaan.

Secara umum Quality Assurance (QA) bertanggung jawab untuk memastikan produk atau jasa memenuhi standar yang ditetapkan termasuk keandalan, kegunaan, kinerja dan standar kualitas umum yang ditetapkan oleh perusahaan.

Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Terperinci QA adalah :

  • Memiliki tugas pokok dalam perencanaan prosedur jaminan kualitas suatu produk atau jasa
  • Menafsirkan dan menerapkan standar jaminan kualitas
  • Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas
  • Merancang sampel prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
  • Meninjau pelaksanaan dan efisiensi kualitas dan inspeksi sistem agar berjalan sesuai rencana, melaksanakan dan memantau pengujian dan inspeksi bahan dan produk untuk memastikan kualitas produk jadi.

Sumber :