Apakah Penyebab Taeniasis?

Parasit adalah organisme yang menempelkan dirinya pada organisme lainnya untuk bertahan hidup. Apakah Penyebab Taeniasis?
image

aeniasis akan dimulai ketika seseorang menelan telur atau larva cacing pita. Jika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman terkontaminasi kotoran manusia atau hewan yang mengandung cacing pita, maka ia menelan telur cacing pita berukuran kecil. Setelah tertelan, telur akan berkembang menjadi larva di saluran pencernaan.
Manusia juga bisa menelan larva cacing pita yang tersembunyi pada daging hewan yang mentah atau dimasak tidak matang. Cacing pita dewasa bisa memanjang sampai 15 meter dan mampu bertahan hidup hingga 30 tahun dalam tubuh inangnya.

Beberapa jenis cacing pita yang bisa menginfeksi manusia adalah:

  • Cacing pita daging sapi dan daging babi. Larva cacing pita jenis ini bisa masuk ke dalam tubuh jika manusia mengonsumsi daging yang tidak matang.
  • Cacing pita ikan. Infeksi dari cacing pita ikan bisa terjadi apabila seseorang mengonsumsi daging ikan yang tidak dimasak dengan benar.
  • Cacing pita kerdil. Telur-telur dari cacing pita kerdil bisa berpindah dari satu orang ke orang lainnya jika tingkat kebersihan lingkungan rendah. Serangga seperti lalat dapat membawa telur cacing untuk ditularkan kepada manusia melalui makanan.
  • Cacing pita anjing. Kadang, manusia bisa terinfeksi cacing pita anjing yang biasa disebut penyakit hidatidosa.